Cityawesome.com – Grojogan Watu Purbo merupakan wisata air terjun yang berlokasi di Yogyakarta. Termasuk sebagai objek wisata viral, Grojogan Watu Purbo selalu ramai dan tidak pernah sepi dari kedatangan pengunjung. Menariknya dari Grojogan Watu Purbo adalah pemandangan asri sekaligus memiliki 6 tingkatan air terjun. Oleh karena itu tidak jarang pengunjung menyebutnya dengan miniatur Air Terjun Niagara.

Nah untuk kamu yang tertarik untuk mengunjungi Grojogan Watu Purbo, pada artikel kali ini akan di berikan beberapa ulasannya agar bisa di jadikan referensi.

wisata grojogan watu purbo

Lokasi, harga tiket, dan jam operasional

Grojogan Watu Purbo beralamatkan di Desa Bangunrejo, Merdikorejo, Tempel, Kabupaten Sleman, Yogyakarta, 5552. Tepatnya hanya berjarak sekitar 2,5 KM dari pusat kota Jogja. Sedangkan untuk harga tiket masuknya sendiri terbilang cukup terjangkau dan bervariasi. Adapun rincian tarif tiket berdasarkan kendaraan yang di gunakan :

  • Sepeda Rp 3 ribu
  • Sepeda Motor Rp 5 ribu
  • Mobil Rp 10 ribu
  • Bus kecil dengan kapasitas 30 orang Rp 30 ribu
  • Bus besar Rp 50 ribu

Jam operasional dari wisata Grojogan Watu Purbo di buka setiap hari mulai dari jam 06.00 sampai dengan 18.00 WIB.

wisata grojogan watu purbo

Daya tarik dan keindahan wisata Grojogan Watu Purbo

Berdasarkan sejarahnya, Grojogan Watu Purbo dulunya adalah sabo dam yang berada di aliran sungai Krasak. Di mana dam tersebut dibangun pertama kali pada tahun 1875 dan berfungsi untuk menahan lahar dingin yang berasal dari gunung Merapi.

Selain itu Grojogan Watu Purbo sempat menjadi tempat penambangan pasir. Namun aktifitas tersebut menyebabkan kerusakan tebing di sisi kanan dan kiri aliran sungai. Hingga pada tahun 1985, aktivitas penambangan pasir di hentikan dan beberapa tahun setelahnya lokasi tersebut di alih fungsikan sebagai destinasi tujuan wisata.

Baca Juga:  Wisata Bromo Transit Park, Harga Tiket Masuk Terjangkau !

Saat berkunjung kesana, kamu akan melihat sisa penambangan pasir yang berupa cekungan. Meskipun sempat tidak terurus pada tahun 2018, namun 2 tahun setelahnya yakni 2020, masyarakat sekitar berinisiatif untuk mengembangkan objek wisata ini hingga viral dan ramai pengunjung.

Ketinggian air terjun di Grojogan Watu Sewu memiliki ketinggian yang cukup bervariasi mulai dari 3 hingga 7 meter.

Jika tertarik dan penasaran ingin berkunjung kesana, pastikan untuk tidak datang saat musim hujan. Hal ini di karenakan jalan sekitar Grojogan Watu Sewu masih berupa tanah sehingga memungkinkan jalan menjadi licin.

wisata grojogan watu purbo

Fasilitas wisata Grojogan Watu Purbo

Tidak hanya menyediakan keindahan alam memukau, wisata Grojogan Watu Purbo di lengkapi dengan beragam fasilitas penunjang untuk membuat pengunjung menjadi betah berlama-lama di sana. Berikut ini beberapa fasilitas wisata Grojogan Watu Purbo :

  • Area parkir yang cukup luas
  • Toilet
  • Mushola
  • Jejeran gazebo
  • Pendopo
  • Penyewaan ban dan ATV
  • Taman bunga
  • Trekking sepeda

Jarak dari area air terjun dari tempat parkir kendaraan sekitar 200 meter. Namun kamu tidak perlu khawatir karena akses jalan di sana sudah cukup baik dan terdapat pengaman yang mengapit jalan berundak.

Demikian penjelasan mengenai ulasan Grojogan Watu Purbo yang sayang untuk dilewatkan. Objek wisata ini bisa menjadi salah satu rekomendasi terbaik untuk kamu yang bingung menghabiskan waktu kemana saat di Jogja.

Baca Juga :

***

Baca Juga:  Mengenal Upacara Ngaben : Bentuk Keikhlasan Keluarga Yang Ditinggal !