Info Lokasi, Daya Tarik, dan Keindahan Air Terjun Sedudo

Cityawesome.comWisata Air Terjun merupakan salah satu destinasi yang menyuguhkan keindahan alam. Terlebih lagi Indonesia sendiri memiliki banyak air terjun yang sangat mempesona seperti salah satunya adalah air terjun Sedudo. Berlokasi di Nganjuk, air terjun ini terbilang cukup populer dan selalu ramai pengunjung.

Selain itu di sana juga terdapat dinding terbing yang bahkan tingginya mencapai 105 meter. Di dinding inilah mengalir air terjun yang memukau. Bahkan setidaknya 1 kali dalam setahun, masyarakat sekitar mengadakan ritual budaya secara turun-temurun.

Pada artikel kali ini akan di jelaskan mengenai air terjun Sedudo untuk kamu yang tertarik datang.

Lokasi, harga tiket, dan jam operasional

Air terjun Sedudo beralamatkan di Jl. Raya Sedudo, Hutan, Sawahan, Nganjuk, Jawa Timur, Indonesia, 64475. Akses jalannya sendiri terbilang cukup baik walaupun masih di dominasi tanjakan curam.

Sedangkan untuk tarif tiket masuk wisata air terjun ini terbilang cukup bervariasi. Berikut adalah rinciannya :

  • Tiket masuk Anak Rp 8 ribu saat weekday dan Rp 12 ribu saat weekend
  • Tiket masuk Dewasa Rp 10 ribu saat weekday dan Rp 15 ribu saat weekend
  • Flying Fox Rp 10 ribu saat weekday dan Rp 15 ribu saat weekend

Selain itu tarif tersebut belum termasuk biaya parkir kendaraan sebesar Rp 2 ribu untuk motor, dan Rp 5 ribu untuk mobil.

Air terun Sedudo di buka setiap hari mulai dari jam 07.00 sampai dengan 16.00 WIB.

Daya tarik dan aktivitas Air Terjun Sedudo

Air terjun Sedudo berada di area pegunungan dengan ketinggian 1.439 Mdpl. Selain pemandangan yang menakjubkan, udara di sana juga terkesan cukup sejuk. Selain itu air terjun Sedudo juga tidak terlepas dari sejarah dan budaya. Di mana mitosnya adalah air di sana dipercaya bisa membuat awet muda. Oleh karena itu tidak heran jika wisata air terjun ini selalu ramai pengunjung setiap harinya.

Karena lokasi tebing memiliki ketinggian 105 meter, lokasi jatuhan dari air terjun ini tentu berada di dasar lembah. Sehingga untuk mencapai ke telaganya, kamu harus menuruni sejumlah anak tangga. Namun tidak perlu khawatir karena anak tangga di sana sudah di beri pagar sebagai pengaman.

Setelah melewati anak tangga sejauh 200 meter, kamu akan sampai ke area air terjun. Areanya juga sudah terbilang rapi karena di susun dengan paving block dan tidak licin. Selain itu antara telaga dan sungai juga di beri pembatas agar pengunjung bisa lebih aman saat bermain air.

Sejarah Air Terjun Sedudo

Berdasarkan sejarahnya, air terjun Sedudo sudah di kenal bahkan secak kerajaan Majapahit. Lokasi ini dulunya di jadikan sebagai tempat mencuci senjata pusaka raja. Bahkan air bekas mencuci senjata tersebut di percaya mampu mendatangkan berkah dan keselamatan.

Kemudian pada masa kejayaan Islam, air terjun ini di jadikan sebagai tempat Ki Ageng Ngaliman bertapa.

Oleh karena itu untuk menghormati jasa Ki Ageng Ngaliman, pemerintah Nganjuk sering mengadakan acara tahunan tepatnya pada tanggal 1 suro. Di mana acara tahunan tersebut diisi dengan mandi masal atau manis Sedudo. Tidak ketinggalan juga pertunjukan tarian adat dan iring-iringan yang di ikuti oleh Bupati Nganjuk.

Fasilitas wisata air terjun Sedudo

Air terjun yang satu ini dilengkapi dengan berbagai fasilitas sebagai penunjang. Dengan begitu pengunjung akan merasa nyaman dan betah berlama-lama disana. Adapun beberapa fasilitas diantaranya adalah :

  • Area parkir yang luas
  • Toilet
  • Mushola
  • Jejeran warung makan
  • Toko souvenir

Nah itulah ulasan tentang air terjun Sedudo yang sayang untuk dilewatkan. Jika kamu sedang berada di Nganjuk, pastikan agar tidak melewatkan objek wisata satu ini.

Baca Juga :

***