Cityawesome.com – Wisata Sentono Gentong. Sentono Gentong merupakan salah satu objek wisata yang cukup populer di wilayah Pacitan, Jawa Timur. Di mana objek wisata ini berupa dataran tinggi dengan keindahan alam yang cukup memukau. Saat berkunjung kesana nantinya kamu bisa melihat secara langsung kesibukan kota Pacitan beserta pantai Teleng Ria yang melengkapi keindahannya.

Selain itu wisata Sentono Gentong menyediakan wahana Paralayang yang seru dan menyenangkan. Namun meskipun terkenal akan keindahannya, objek wisata satu ini tidak luput dari cerita mistis yang cukup di percaya oleh masyarakat sekitar.

Menarik ingin mengunjungi wisata Sentono Gentong? Berikut ini beberapa informasinya untuk dijadikan referensi !

Lokasi, harga tiket, dan jam operasional

Objek wisata Sentono Gentong berlokasi di Desa Dadapan, Kecamatan Pringkuku, Pacitan, Jawa Timur. Di mana jaraknya sendiri hanya sekitar 13 KM dari kota Pacitan.

wisata sentono gentong

Berbicara mengenai harga tiket masuknya, objek wisata Sentono Gentong menerapkan tarif tiket yang cukup terjangkau yakni hanya sekitar Rp 10 ribu perorang. Sedangkan untuk jam operasionalnya, objek wisata yang satu ini di buka setiap hari selama 24 jam.

Dengan begitu kamu akan bisa bebas berkunjung kapanpun sesuai dengan keinginan.

Daya tarik dan aktifitas wisata Sentono Gentong

Sentono Gentong memiliki keindahan pemandangan yang bisa kamu saksikan dari atas ketinggian. Terlebih lagi pemandangan alam terbuka dari Pantai Teleng Ria bisa di saksikan dengan sangat jelas. Bahkan tidak hanya pantai Teleng Ria saja, berkunjung ke Sentono Gentong memungkikan kamu untuk bisa melihat pantai Pancer Dor yang berbentuk bulan sabit.

wisata sentono gentong

Kemudian di sisi lainnya, keindahan kota Pacitan terlihat dari banyaknya atap bangunan yang berwarna-warni. Selain itu jajaran pegunungan dan bukit juga akan membuat siapapun betah berlama-lama di sana.

Baca Juga:  Rekomendasi Wisata di Kawasan Dataran Tinggi Dieng

1. Aktifitas Paralayang

Jika bosan dengan hanya menikmati keindahan pemandangan yang ada. Kamu bisa melakukan berbagai aktifitas menarik seperti Paralayang. Terlebih lagi jika kamu belum memiliki pengalaman melakukan aktifitas Paralayang, di sana tersedia instruktur yang akan menemani kamu terbang untuk menikmati keindahan alam dari udara.

Tidak jarang juga Sentono Gentong ini di jadikan tempat untuk melangsungkan ajang Liga paralayang karena lokasinnya yang strategis.

wisata sentono gentong

2. Suasana di malam hari

Seperti pada penjelasan sebelumnya, objek wisata yang satu ini di buka setiap hari selama 24 jam. Itu artinya objek wisata Paralayang bisa kamu kunjungi di malam hari.

Selain itu keindahan wisata di malam hari juga tidak kalah indah di banding saat siang, di mana kamu bisa merasakan suasana yang hangat dan romantis. Terlebih saat sore hari kamu bisa menikmati keindahan sunset yang timbul dan terlihat dengan sangat jelas.

4. Dijadikan tempat ritual

Di karenakan Sentono Gentong masih dipercaya mengenai kisah mistisnya, tidak jarang wisata ini di jadikan sebagai tempat untuk melakukan ritual.

Disana terdapat sebuah komplek yang di keliling pagar dengan luas sekitar 4×4 meter. Di mana lantainya berupa keramik namun bangunannya masih berupa gubuk dengan atap berupa ijuk. Lokasinya sendiri berada di ujung tebing.

Di tempat itulah masyarakat percaya sering di lakukan ritual hingga terdapat tumbal yang mampu menopang keseimbangan Pulau Jawa. Selain itu masyarakat juga percaya bahwa komplek tersebut di jadikan sebagai tempat sarasehan roh suci.

Demikian informasi mengenai wisata Sentono Gentong yang menarik untuk dikunjungi. Meskipun murah, namun keindahan wisata yang ada tidak terkesan murahan.

Baca Juga :

Baca Juga:  Buton Backpacker Lodge Bandung : Sewa Kamar Hotel Termurah !

***