8 Rekomendasi Makanan Khas Trenggalek, Jangan Dilewatkan !

Cityawesome.com – Makanan khas Trenggalek. Trenggalek merupakan salah satu kota yang lokasinya berada di Pesisir Jawa Timur. Tidak sedikit wisatawan yang memilih Trenggalek sebagai tujuan destinasi wisata. Hal ini di karenakan Trenggalek terkenal dengan pantai berpasir putih. Terlebih lagi banyak makanan khas daerah dengan citarasa lezat dan membuat siapapun ketagihan.

Nah berbicara mengenai makanan khas, ada beragam makanan khas Trenggalek yang sayang untuk dilewatkan. Lalu apa saja? Berikut di antaranya !

1. Nasi Tiwul

Nasi Tiwul adalah salah satu makanan khas Trenggalek yang banyak di sukai. Berbeda dengan nasi pada umumnya yang terbuat dari biji padi, nasi tiwul sendiri terbuat dari ketela sehingga menciptakan citarasa yang khas.

Untuk penyajiannya, nasi tiwul biasanya di sajikan bersamaan dengan ayam lodho, ikan asin, sambal, dan rebusan sayur hijau.

2. Ayam Lodho

Rekomendasi makanan khas Trenggalek lainnya adalah ayam lodho. Di mana makanan ini lebih sering tersedia saat hari raya Idul Fitri.

Ayam Lodho sendiri terbuat dari ayam kampung yang dibakar dan sudah di bumbui. Kemudian ayam akan di masak menggunakan bumbu kuning dan rempah-rempah. Aroma dari makanan khas satu ini cukup menggugah selera terlebih jika di sajikan bersamaan dengan sayur urap dan nasi tiwul.

3. Nasi Goreng Anglo

Siapa yang tidak mengenal nasi goreng, di Trenggalek ada salah satu makanan khas yang cukup populer yakni nasi goreng anglo. Adapun masyarakat Trenggalek sendiri lebih mengenalnya dengan nasi goreng mawut. Sebenarnya tidak jauh berbeda dengan nasi goreng pada umumnya, namun yang membedakan yakni adanya tambahan sayur dan mie.

Selain itu menariknya lagi proses pembuatannya tidak menggunakan kompor melainkan menggunakan arang.

4. Rujak Cingur

Apakah kamu pernah mencicipi rujak cingur? Atau hanya sekedar mendengar namanya saja? Rujak Cingur merupakan salah satu makanan khas Trenggalek yang cukup populer di Indonesia. Sesuai dengan namanya, rujak cingur sendiri terbuat dari cingur sapi dengan campuran bumbu rujak yang lezat.

Menariknya kamu tidak hanya menemukan rujak cingur ini di Trenggalek saja. Sekarang rujak cingur sudah terjual di berbagai daerah di Indonesia bahkan dengan harga yang relatif terjangkau.

5. Sego Gegog Bendungan

Memiliki citarasa yang pedas dan gurih, sego gegog bendungan adalah salah datu rekomendasi makanan khas Trenggalek. Adapun proses pembuatannya adalah nasi biasa yang di bungkus dengan campuran teri lalu di kukus.

Selain itu biasanya sego gegog bendungan ini di sajikan dengan gorengan dan dinikmati bersama alam.

6. Sale Pisang

Trenggalek bisa di katakan memiliki banyak produksi pisang. Salah satunya di jadikan sebagai sale yang merupakan salah satu camilan yang terkenal. Sale pisang sendiri memiliki citarasa yang enak dan membuat siapapun ketagihan.

Terbuat dari pisang matang yang di jemur dan digoreng. Sale pisang banyak di jual tidak hanya di Trenggalek melainkan di berbagai kota lainnya.

7. Alen-Alen

Rekomendasi makanan khas Trenggalek lainnya yang sayang untuk dilewatkan adalah Alen-Alen. Sebenarnya Alen-Alen sendiri lebih ke cemilan khas Trenggalek. Memiliki citarasa gurih, Alen-Alen terbuat dari beberapa campuran bahan seperti tapioka, bawang putih, telur, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Seiring berjalannya waktu, camilan yang satu ini memiliki banyak variasi rasa mulai dari original, balado, bawang, bahkan hingga jagung bakar. Untuk mendapatkannya, alen-alen sering di jual di berbagai toko oleh-oleh.

8. Kripik Tempe

Tempe merupakan salah satu menu makanan yang terbuat dari kacang kedelai. Di Trenggalek, kamu bisa menemukan olahan tempe yang di jadikan sebagai keripik. Termasuk dalam salah satu makanan khas Trenggalek, keripik tempe bahkan sudah terkenal di Indonesia.

Meskipun banyak di jual di berbagai daerah, namun citarasa keripik tempe dari Trenggalek terbilang cukup berbeda dan membuat siapapun ketagihan.

Demikian beberapa rekomendasi makanan khas Trenggalek yang bisa menjadi opsi oleh-oleh saat kamu ingin menghabiskan waktu disana. Selamat berlibur !

Baca Juga :

***