Info lokasi, Daya Tarik, dan Aktivitas Wisata Air Terjun Dolo

Cityawesome.comDi Kediri, kamu bisa berkunjung ke Air Terjun Dolo yang terbilang cukup populer dan selalu ramai pengunjung setiap hari. Pesonanya yang masih alami, Air Terjun Dolo berada di tengah hutan dan lokasinya tepat di kaki gunung. Oleh karena itu jika berkunjung kesana maka kamu akan merasakan kesejukan udara sekitar yang membuat betah.

Ada apa saja di wisata Air Terjun Dolo? Nah untuk kamu yang penasaran, pada artikel kali ini akan di berikan penjelasan secara rinci mengenai daya tarik dan aktivitasnya.

Lokasi, harga tiket, dan jam operasional

Air Terjun Dolo beralamatkan di Dusun Besuki, Desa Jugo, Mojo, Kediri, Jawa Timur, Indonesia, 64162. Di mana untuk harga tiket masuknya terbilang sangat terjangkau yakni hanya Rp 8 ribu perorang. Hanya saja nantinya kamu akan di kenakan biaya parkir kendaraan sebesar Rp 2 ribu untuk motor dan Rp 5 ribu untuk mobil.

Jam operasional wisata Air Terjun Dolo di buka setiap hari mulai dari jam 07.00 sampai dengan 17.30 WIB. Selain itu meskipun kamu datang di siang hari namun cuaca di sekitarnya masih terkesan sejuk dan tidak panas.

Daya tarik dan aktivitas wisata Air Terjun Dolo

Memungkinkan kamu untuk melihat pesona keindahan air terjun sekaligus bermain air. Berikut adalah beberapa daya tarik dan aktivitas yang bisa di lakukan di Air Terjun Dolo :

1. Menikmati keindahan kabut putih

Air Terjun Dolo memiliki ketinggian sekitar 125 meter. Di mana dinding batunya berwarna hitam dengan tekstur yang rata. Selain itu bentuknya juga memiliki beberapa tingkatan. Hal ini di karenakan derasnya air terjun yang menghantam batuan di dasarnya.

Meskipun ketinggiannya 125 meter, namun air terjun ini di bagi menjadi beberapa tingkat. Untuk tingkatan pertama memiliki ketinggian 90 meter. Sedangkan pada tingkatan selanjutnya memiliki ketinggian yang bervariasi mulai dari 2 hingga 5 meter.

Suara gemuruh air terjun dengan pemandangan yang hutan asri, tidak jarang pengunjung menjadikan tempat wisata ini sebagai salah satu spot foto terbaik dan eksotis.

2. Trekking seru

Agar bisa mencapai wisata Air Terjun Dolo, maka pengunjung di haruskan untuk melakukan trekking dengan menuruni ratusan anak tangga. Selain itu jaraknya sendiri mencapai hingga 1 KM. Memungkinkan kamu untuk menuruni lembah hingga sampai ke air terjun, pastikan kamu menyiapkan fisik yang baik dan maksimal agar bisa melakukan trekking sampai pada tujuan.

Pijakan tangga yang ada terbuat dari batu sehingga tidak licin saat hujan turun. Selain itu pada sisi kanan kiri tangga juga di sediakan pegangan besi untuk memudahkan pengunjung.

Di tengah-tengah perjalanan, kamu bisa menemukan kawasan perkebunan yang bisa di petik dan tidak jauh dari lokasi. Adapun kebun buah yang bisa di kunjungi adalah Stroberi.

3. Berkemah

Jika menyukai aktivitas wisata alam, saat mengunjungi AirTerjun Dolo maka kamu bisa bermalam di sana dengan mendirikan tenda. Pihak pengelola sendiri memang menyediakan lokasi untuk perkemahan namun tidak dengan peralatannya. Oleh karena itu kamu di haruskan untuk menyiapkan alat perkemahan seperti tenda, kompor, dan lainnya.

Fasilitas wisata Air Terjun Dolo

Destinasi wisata alam yang mempesona ini di kelola oleh beberapa pihak untuk menjaga kelestarian dan keamanannya. Oleh karena itu tidak heran jika kamu menemukan beragam fasilitas penunjang yang bisa di gunakan oleh pengunjung.

Adapun beberapa fasilitas yang tersedia diantaranya adalah :

  • Area parkir yang luas
  • Kamar mandi
  • Mushola
  • Jejeran warung makan
  • Taman bermain anak
  • Penginapan
  • Jogging track

Nah itulah ulasan mengenai wisata AirTerjun Dolo yang menarik untuk dikunjungi. Jika penasaran untuk melihat pesona keindahan wisata ini, pastikan untuk tidak melewatkannya saat sedang berada di Kediri.

Baca Juga :

***