Harga Tiket Masuk dan Jalur Pendakian Gunung Tampomas

Pendakian Gunung Tampomas. Gunung Tampomas merupakan salah satu destinasi tujuan bagi kebanyakan pecinta alam. Selain itu ketinggian gunungnya juga terbilang cukup mudah di daki sehingga cocok untuk pemula. Menariknya lagi di sana tersedia banyak wana wisata alam yang sekaligus menjadi daya tarik.

Keindahan alam sekitarnyabahkan bisa di nikmati tanpa harus melakukan pendakian sekalipun.

Tertarik untuk berkunjung dan mendaki ke Gunung Tampomas? Simak ulasan di bawah ini mengenai referensi wisatanya !

Lokasi, harga tiket, dan jam operasional

Gunung Tampomas beralamatkan di Desa Cibeureum Wetan, Kecamatan Cimalaka, Kabupaten Sumedang. Tepatnya berjarak sekitar 15 KM dari pusat kota Sumedang dan membutuhkan waktu 30 menit untuk bisa sampai kesana.

Selain itu untuk tarif tiket masuk Gunung Tampomas ini cenderung cukup terjangkau yakni hanya Rp 5 ribu saja perorang.

Namun tarif tersebut belum termasuk biaya parkir kendaraan sebesar Rp 2 ribu dan Rp 10 ribu jika menginap.

Sedangkan jam operasional dari Gunung Tampomas di buka setiap hari selama 24 jam. Dengan begitu nantinya kamu bisa datang kapan saja sesuai keinginan.

Sejarah dan mitos Gunung Tampomas

Tepatnya berada di kaki Gunung Tampomas, pengunjung akan menemukan desa Puncak Manik yang bahkan hanya ada 14 kepala keluarga saja di sana. Selain itu tidak jarang juga warga mengatakan adanya hewan liar yang sering muncul di area hutan seperti babi.

Berdasarkan sejarah dan kepercayaan masyarakat, dulunya di desa ini terdapat batu berbentuk kerucut yang serupa dengan nasi tumpeng lengkap denngan telur di pucuknya.

Hal tersebutlah yang pada akhirnya menjadikan nama desa ini adalah Puncak Manik. Namun seiring berjalannya waktu, batu tersebut hilang dan tidak di ketahui keberadaannya karena di ambil oleh orang yang tidak di kenal.

Keindahan Gunung Tampomas

Gunung Tampomas memiliki ketinggian sekitar 1,684 Mdpl yang bisa di tempuh waktu pendakian selama 4 jam. Selain itu jalurnya tidak terlalu curam sehingga terkesan cocok untuk pemula.

Meskipun tidak terlalu tinggi, namun keindahan gunung ini cukup bisa di akui. Terlebih lagi gunung ini masuk dalam TWA atau Taman Wisata Alam. Beberapa objek wisata yang bisa kamu temui di sekitar Gunung Tampomas di antaranya adalah air terjun, hutan pinus, bahkan hingga pemandian air panas.

Kemudian kawasan gunungnya masing sangat asri dan menjadi habitat bagi beberapa hewan liar mulai dari babi hutan, monyet, ular, dan masih banyak lagi yang lainnya. Oleh karena itu, pendaki harus lebih berhati-hati agar tidak terjadi hal yang berbahaya di sana.

Setelah mencapai puncak, maka kamu akan melihat keindahan pemandangan matahari terbit yang indah dan membawa kehangatan. Tidak kalah saat sore, keindahan sunset juga cukup menghibur.

Pendakian Gunung Tampomas

Seperti pada penjelasan sebelumnya, kamu hanya membutuhkan setidaknya 4jam untuk bisa mencapai puncak Gunung Tampomas. Selain itu medan yang harus di lalui juga sangat landai dan aman untuk pemula.

Namun pendaki harus lebih berhati-hati jika mendaki saat hujan. Hal ini di karenakan banyak area jalur yang licin.

Sebenarnya ada beberapa jalur yang bisa di lalui untuk mendaki Gunung Tampomas ini. Namun salah satu jalur yang menjadi favorit adalah Narimbang. Di mana jalur ini terdapat objek wisata Ciputrawangi yang sekaligus menjadi basecamp bagi pendaki.

Ciputrawangi sendiri tidak lain adalah air terjun yang tergolong rendah yakni hanya sekitar 5 meter dengan aliran yang tidak terlalu deras.

Dengan airnya yang sejuk dan jernih, nantinya pengunjung bisa beristirahat sekaligus bermain air disana.

Demikian penjelasan tentang pendakian Gunung Tampomas untuk menambah informasi baru. Semoga informasi dibawah ini bisa membantu kamu mendapatkan referensi sebelum akhirnya berkunjung dan memulai pendakian.

Baca Juga :

***