Daya Tarik, Keindahan, dan Jalur Pendakian Gunung Artapela

Pendakian Gunung Artapela. Apakah kamu salah satu orang yang suka mendaki? Jika iya, maka tepat sekali karena sudah mampir pada artikel kali ini. Di Bandung terdapat Gunung Artapela yang bisa menjadi rekomendasi pendakian. Ketinggiannya mencapai 2.194 Mdpl dan di lengkapi dengan berbagai keindahan alam yang menakjubkan.

Menariknya lagi, gunung ini memiliki dataran yang luas sekaligus di penuhi dengan semak ilalang yang khas. Jalur pendakian di sana juga tergolong ramah sehingga cocok untuk pemula.

Nah jika kamu tertarik ingin mendaki di Gunung Artapela, berikut adalah ulasan yang bisa menjadi referensi.

Lokasi, harga tiket, dan jam operasional

Gunung Artapela beralamatkan di Desa Sukapura, Kertasari, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Indonesia, 40378. Di mana pendaki di haruskan untuk mendaftarkan Simaksi terlebih dahulu dengan tarif Rp 15 ribu. Selain itu jika membawa kendaraan pribadi, maka pendaki akan di kenakan biaya parkir kendaraan sebesar Rp 10 ribu.

Adapun jam operasional dari Gunung Artapela yakni di buka setiap hari selama 24 jam. Meskipun kamu bisa datang kapan saja sesuai keinginan, namun waktu ideal untuk berkunjung adalah saat pagi dan siang hari. Hal ini di karenakan pendakian saat malam cenderung lebih beresiko.

Daya tarik dan jalur pendakian Gunung Artapela

Sebenarnya gunung Artapela sendiri tidak begitu populer seperti gunung lainnya di Jawa Barat. Namun pesona keindahan gunung ini cukup menakjubkan dan banyak di tumbuhi oleh Bunga Edelweiss. Menariknya lagi jalur pendakian Gunung Artapela terbilang cukup baik di mana puncaknya tidak terlalu tinggi sehingga cocok untuk pemula.

Saat melakukan pendakian, maka kamu akan menemukan pada ilalang, perkebunan teh, sayur, bahkan hingga danau.

1. Pendakian dari Basecamp

Di awal pendakian, kamu akan memulainya dari basecamp yang berlokasi di Desa Sukapura. Pemandangannya khas kaki gunung di mana kamu akan bertemu warga yang lalu lalang. Selain itu hamparan perkebunan tertata sangat rapi dengan warna hijau yang mendominasi.

2. Jalur terbuka

Setelah melewati perkebunan warga, maka pendaki akan di sambut dengan jalur yang menanjak sehingga cukup menguras tenaga. Oleh karena itu di butuhkan kondisi fisik yang baik untuk bisa melewati jalur tersebut. Adapun jalur ini adalah jalur terbuka yang di dominasi oleh banyak rumput dan pohon tinggi.

3. Puncak gunung Artapela

Untuk bisa mencapai puncak, di butuhkan setidaknya 4 jam pendakian. Pepohonan diarea puncak terbilang cukup banyak dan lebih rindang. Selain itu rumput luas yang di tumbuhi ilalang juga menjadi pelengkap keindahan alam di sana.

4. Camping

Sangat di sayangkan jika melakukan pendakian di Gunung Artapela namun tidak bermalam di sana. Area puncak yang luas, bisa di manfaatkan untuk mendirikan tenda. Selain itu areanya sangat terbuka lengkap dengan pemandangan indah di malam hari berupa gemerlap lampu kota. Menjelang pagi dan sore hari, keindahan sunrise dan sunset terlihat begitu indah dan gagah. Memberikan pengalaman pendakian yang mempesona sehingga sulit untuk dilupakan.

Fasilitas wisata Gunung Artapela

Sebenarnya Gunung Artapela ini cenderung baru untuk dijadikan sebagai lokasi pendakian. Namun pengelola dari Gunung Artapela menyediakan beragam fasilitas penunjang yang terbilang cukup lengkap. Adapun beberapa fasilitas yang bisa ditemukan adalah :

  • Basecamp
  • Area parkir
  • Toilet dan kamar mandi
  • Mushola
  • Terminal listrik
  • Jejeran warung

Nah itulah beberapa informasi seputar pendakian Gunung Artapela yang menarik. Jika kamu ingin mendaki, maka pendaftaran bisa dilakukan secara online agar lebih memudahkan.

Baca Juga :

***