Daya Tarik dan Keindahan Wisata Gunung Batu Lembang

Cityawesome.com – Wisata Gunung Batu Lembang. Berbicara mengenai tempat wisata, Lembang menjadi salah satu daerah yang tidak pernah ketinggalan. Jika memilih untuk singgah ke Lembang, Gunung Batu di sana tentu tidak bisa di lewatkan begitu saja. Memiliki keindahan berupa bukit lengkap dengan udara sekitar yang sejuk. Pengunjung akan di buat takjub dengan keberadaan dinding yang terbuat dari batu raksasa.

Penasaran dengan keseruan berkunjung ke Gunung Batu Lembang? Simak ulasan berikut ini untuk menjadi sumber informasi tambahan.

Lokasi, harga tiket, dan jam operasional

Gunung Batu Lembang beralamatkan di Jl. Dago Giri No.134, Langensari, Lembang, Bandung Barat, Jawa Barat, Indonesia, 40391. Menariknya lagi, berkunjung kesana tidak akan di kenakan biaya tiket alias gratis 100 persen. Hanya saja jika membawa kendaraan, maka pengunjung akan di kenakan tarif parkir kendaraan sebesar Rp 5 ribu untuk motor.

Adapun jam operasional dari wisata ini di buka setiap hari selama 24 jam. Dengan begitu nantinya kamu bisa datang kapan saja sesuai keinginan.

Sebagai informasi tambahan, Gunung Batu Lembang terbilang tidak di kelola. Oleh karena itu jangan heran jika kamu tidak menemukan fasilitas apapun saat berkunjung kesana.

Daya tarik dan aktivitas wisata Gunung Batu Lembang

Gunung Batu Lembang memiliki daya tariknya tersendiri yang membuat banyak pengunjung datang untuk sekedar menghabiskan waktu. Bahkan jika di lihat dari jauh, gunung ini sudah terlihat tinggi dan menghadang. Serupa dengan tembok raksasa karena puncak gunung ini berbentuk tumpul.

Tidak main-main, ketinggian dari gunung batu Lembang ini mencapai 1228 Mdpl. Memungkinkan kamu untuk mendapatkan pengalaman mendaki karena sudah tersedia jalur trekking.

Sebenarnya di bandingkan gunung lain yang terkenal di Jawa Barat, Gunung Batu Lembang ini tidak begitu tinggi sehingga cocok untuk pendaki pemula.

1. Panjat Tebing

Tidak hanya mendaki, aktivitas lainnya yang bisa dil akukan di Gunung Batu Lembang ini adalah panjat tebing. Meskipun terbilang tidak begitu tinggi, namun medan untuk panjat tebing di sana cukup menantang sehingga seringkali di jadikan sebagai tempat latihan.

Jika kamu menyukai olahraga panjat tebing, maka Gunung Batu Lembang menjadi opsi terbaik untuk berlatih karena di sana terdapat beberapa spot yang memiliki dinding batu.

2. Makam Keramat

Gunung memang tidak ketinggalan dengan cerita mistis di dalamnya. Seperti di Gunung Batu Lembang ini, di sekitar gunung terdapat 2 makam keramat dengan nisan yang tertulis Kramat Embah Mangkunagara Gunung Batu, dan Kramat Embah Jambrong Gunung Batu.

Menurut cerita dari masyarakat, Embah Mangkunagara adalah pemilih kekuasaan gunung sedangkan Embah Jambrong tidak lain adalah wakilnya.

Selain itu lokasi makam keramat ini berada di dalam sebuah bangunan yang beratapkan asbes dan berdinding batu bata. Sedangkan untuk makamnya di bangun tembok berlapis keramik warna biru.

3. Keindahan Alam

Saat pagi hari, kamu bisaa menyaksikan keindahan matahari terbit yang akan membelah kabut. Oleh karena itu waktu terbaik untuk menuju puncak Gunung Batu Lembang adalah saat pagi hari. Selain itu biasanya saat pagi hari sering hadir kabut yang menyelimuti kawasan gunung sehingga memungkinkan kamu untuk merasa sedang berada di negeri atas awan.

Namun jika tertarik datang sore hari juga tidak akan rugi, karena keindahan matahari terbenam disana tidak kalah eksotis terlebih di tambah dengan gemerlap lampu rumah warga.

Nah itulah beberapa penjelasan tentang keindahan Gunung Batu Lembang yang bisa dikunjungi untuk sekedar menghabiskan waktu disana. Selamat berlibur !

Baca Juga :

***