Daya Tarik, Keindahan, dan Jalur Pendakian Gunung Cikuray

Cityawesome.com – Pendakian Gunung Cikuray. Menyukai aktivitas wisata alam membuatmu merasakan pengalaman yang seru dan berbeda. Salah satu aktivitas wisata alam yang banyak di sukai adalah mendaki gunung. Nah berbicara mengenai pendakian gunung, di Indonesia sendiri terbilang cukup banyak pilihan gunung yang bisa di daki.

Seperti salah satunya adalah Gunung Cikuray yang sudah di lengkapi dengan fasilitas sehingga aman untuk mendaki.

Bahkan tidak hanya pendaki Indonesia saja, banyak pendaki mancanegara yang tertarik untuk datang ke Gunung Cikuray. Penasaran untuk mendaki ke Gunung Cikuray? Simak ulasan di bawah ini untuk informasi lebih lengkap.

Lokasi, harga tiket, dan jam operasional

Gunung Cikuray beralamatkan di Desa Dawungsari, Cilawu, Garut, Jawa Barat, Indonesia, 44181. Di mana untuk tiket mendaki yakni wisatawan harus membayar biaya dengan tarif Rp 20 ribu dan mengisi simaksi agar pendaki bisa tercatat dengan baik.

Sedangkan untuk jam operasional wisata Gunung Cikuray di buka setiap hari selama 24 jam. Dengan begitu kamu bisa datang kapan saja sesuai dengan keinginan.

Keindahan Gunung Cikuray

Gunung Cikuray merupakan gunung dengan tipe stratovolkano dengan kawah yang masih aktif. Selain itu Gunung Cikuray menjadi gunung tertinggi ke 4 yang ada di Jawa Barat. Memiliki ketinggian sekitar 2.821 Mdpl, gunung ini memiliki iklim yang tergolong tropis basah.

Keindahan matahari terbit membuat pendaki tertarik untuk mencapai puncak Gunung Cikuray. Terlebih lagi bisa dikatakan matahari terbit dari Gunung Cikuray menjadi tempat paling indah di Jawa Barat.

Jalur pendakian Gunung Cikuray

Ada beberapa jalur pendakian Gunung Cikuray yang bisa kamu pilih untuk mencapai ke puncak. Adapun beberapa jalur tersebut di antaranya adalah :

  1. Jalur pendakian via Pemancar
    Merupakan jalur pendakian yang populer dan banyak di pilih oleh pendaki. Sesuai dengan namanya, jalur pendakian via pemancar sendiri tidak lain adalah pemancar stasiun TV. Memiliki akses yang cukup ramah, pendakian via Pemancar juga sangat mudah di akses oleh transportasi. Hanya saja jalur ini merupakan jalur terpanjang sehingga membutuhkan waktu sekitar 8 jam hingga bisa sampai ke puncak.
  2. Jalur pendakian via Tapak Geurot
    Merupakan jalur alternatif yang berada di Cigedug. Jalur pendakian via Tapak Geurot memiliki medan yang cukup mudah dan bisa di tempuh sekitar 4,5 jam untuk bisa sampai ke puncak.
  3. Pendakian via Olan/Cikajang/Carik
    Jalur pendakian satu ini tidak terlalu populer bagi pendaki. Oleh karena itu tidak heran jika pendakian via Olan/Cikajang/Carik masih terasa sepi. Namun jika ingin mendaki melalui jalur pendakian ini, maka kamu akan menemukan jalur sambung lainnya yakni jalur Kebonsatu dan Geurot.
  4. Jalur pendakian via Kebonsatu
    Kamu bisa melakukan pendakian Gunung Cikuray melalui jalur Kebonsatu. Selain itu jalur satu ini juga terbilang masih sangat sepi dan tidak banyak informasi mengenai jalur Kebonsatu. Oleh karena itu sebaiknya untuk pemula agar tidak menggunakan jalur ini.
  5. Pendakian via Bayongbong/Cintanagara/Pamalayan
    Merupakan salah satu pendakian yang terberat. Hal ini di karenakan treknya cukup curam dan sangat terjal. Meskipun begitu, jalur pendakian via Bayongbong menjadi jalur terpendek untuk menuju ke Puncak.

Pos pendakian Gunung Cikuray

Pada awal pendakian, nantinya pendaki akan menemukan lahan yang cukup landai. Namun jalanannya masih berupa batu namun tertata dengan rapih. Jika sampai ke pos 1, kamu bisa berhenti sejenak untuk mendaki ke jalur yang lebih menanjak dan mulai masuk ke kawasan hutan.

Nantinya untuk menuju pos 3, maka kamu akan melewati medan berupa tanah dengan trek yang menanjak. Lalu pada pos 4, jalan yang dilalui akan lebih sempir sengan trek berupa tangga terbuat dari tanah.

Pada pos 5, pengunjung bisa mendirikan tenda karena dengan tempat yang luas dan pemandangannya yang indah.

Kemudian pada pos 6 trek akan semakin sulit dan menanjak. Bahkan kamu akan menemukan akar pohon untuk melewati tanjakan. Nah setelah sampai ke pos 6, pendaki akan menemukan pos simpang yang sekaligus menjadi titik jalur Kiara Jenggol dengan jalur Pemancar.

Demikian informasi tentang Gunung Cikuray yang menarik untuk didaki.

Baca Juga :

***