8 Rekomendasi Makanan Khas Kupang yang Lezat dan Populer

Makanan khas Kupang. Kupang merupakan salah satu kota tepatnya menjadi ibukota dari provinsi Nusa Tenggara Timur. Terkenal akan budaya dan keindahan alamnya, tidak sedikit wisatawan yang tertarik untuk menghabiskan waktu berlibur di sana.

Nah jika kamu adalah salah satu wisatawan yang berkunjung ke Kupang, pastikan untuk tidak melewatkan beberapa rekomendasi makanan khas yang lezat dan unik.

Berbicara mengenai makanan khas, Kupang sebenarnya memiliki banyak sekali makanan khas yang terkenal enak. Namun dari sekian banyaknya, berikut adalah beberapa makanan khas Kupang yang populer dan menjadi favorit.

1. Jagung Bosa

Sesuai dengan namanya, makanan ini terbuat dari bahan dasar Jagung. Selain itu Jagung Bosa juga seringkali di gunakan sebagai pengganti nasi. Cara pengolahannya sendiri yakni jagung ptutih kemudian di lunakkan dan di campur dengan kacang merah serta santan.

Jagung Bosa memiliki citarasa yang gurih, biasanya di hidangkan bersamaan dengan tumis paria, tuna goreng, dan sambal.

2. Jagung Catemak

Berbicara tentang jagung, kuliner khas Kupang sering kali terbuat dari bahan dasar Jagung. Seperti salah satunya adalah Jagung Catemak ini. Termasuk sebagai salah satu makanan khas Kupang yang di jadikan sebagai makanan penutup.

Jagung Catemak memiliki citarasa yang gurih dan asing. Selain itu pembuatannya di campur dengan bahan labu lilin dan kacang hijau.

3. Jagung Titi

Jagung Titi adalah camilan olahan jagung yang memiliki tekstur renyah. Menjadi salah satu makanan khas Kupang, Jagung Titi sendiri di olah dengan bahan utama jagung yang di tumbuk hingga pipih. Menariknya lagi proses memasaknya cukup unik yakni dengan cara di goreng tanpa menggunakan minyak. Camilan satu ini seringkali di sajikan sebagai makanan tradisional untuk tamu.

4. Kena Kita

Menjadi salah satu kuliner khas Kupang yang tergolong cukup unik. Kena Kita adalah makanan dengan tekstur yang serupa dengan bubur. Terbuat dari olahan uni dan kacang, seringkali Kena Kita di hidangkan bersamaan dengan kelapa parut dan cabai.

Untuk tampilan tekstur dan rasanya sendiri terbilang cukup unik. Hal ini di karenakan ada campuran kacang dan cabai sebagai bahan pembuatannya.

5. Kolo

Makanan khas Kupang yang satu ini terbuat dari olahan beras dengan cara di masak menggunakan batang bambu. Di mana secara umum Kolo sendiri seringkali di sebut dengan nasi bakar atau nasi bambu.

Tidak jauh berbeda dengan nasi pada umumnya, Kolo biasanya di sajikan bersamaan dengan aneka lauk mulai dari ayam bahkan hingga babi. Selain itu Kolo lebih sering di sajikan saat ada makan bersama untuk acara adat menyambut musim panen.

6. Muku Loto

Dalam bahasa daerah Kupang, Muku Loto memiliki arti Pisang yang Hancur. Sehingga sesuai dengan namanya, Muku Loto terbuat dari bahan dasar pisang muda. Menariknya lagi cara pengolahannya yakni dengan cara di hancurkan untuk kemudian di masak bersamaan dengan daging.

Selain itu biasanya Muku Loto di jadikan sebagai menu sayur bagi kebanyakan masyarakat Kupang.

7. Sei Sapi

Rekomendasi makanan khas Kupang satu ini terbilang cukup populer. Sei sapi terbuat dari daging sapi yang diiris memanjang dan dimasak dengan cara diasap. Menariknya lagi, makanan Sei ini tidak hanya bisa menggunakan sapi saja melainkan juga bisa menggunakan babi dan ikan.

8. Ubi Nuabosi

Rekomendasi makanan khas Kupang lainnya yang sayang untuk dilewatkan adalah Ubi Nuabosi. Dimana makanan ini seringkali dijadikan sebagai pengganti nasi oleh kebanyakan masyarakat Kupang. Hal ini tidak lain dikarenakan bahan dasar yang dari uni memiliki kandungan tinggi karbo.

Sebagai informasi tambahan, Ubi Nuabosi cenderung berbeda dengan ubi pada umumnya. Memiliki tekstur yang lebih lembut, Ubi satu ini memiliki citarasa yang manis dan aromanya sangat harum. Seringkali Ubi Nuabosi disajikan bersamaan dengan ikan asin dan sambal.

Nah itulah beberapa rekomendasi kuliner khas Kupang yang menarik dan sayang untuk dilewatkan. Jika kamu sedang berlibur ke Kupang, pastikan agar mencicipi semua makanan khas yang sudah disebutkan diatas.

Baca Juga :

***