Info Lokasi, Harga Tiket, dan Daya Tarik Air Terjun Putuk Truno

Air Terjun Putuk Truno merupakan salah satu destinasi wisata yang berada di Pasuruan tepatnya kawasan Tretes. Berada tidak jauh dari kawasan kaki Gunung Arjuno-Welirang, daerah di sana memang terkenal sangat sejuk dan memiliki pemandangan alam menakjubkan. Jika tertarik mengunjung kawasan Trestes, maka Air Terjun Putuk Truno bisa menjadi pilihan berlabuh. Terlebih lagi air terjun ini tidak terlalu jauh dari keramaian kota sehingga mudah di jangkau.

Penasaran apa saja daya tarik yang ada di sana? Nah pada artikel kali ini akan di berikan beberapa ulasan mengenai Air Terjun PutukTruno yang bisa menjadi opsi kunjungan.

Lokasi, daya tarik dan jam operasional

Air Terjun PutukTruno beralamatkan di Jl. Putuk Truno, Prigen, Pasuruan, Jawa Timur, Indonesia, 67157. Di mana untuk tarif masuknya terbilang cukup terjangkau yakni hanya Rp 15 ribu perorang saat weekday dan Rp 20 ribu perorang saat weekend.

Adapun jam operasional wisata air terjun PutukTruno di buka setiap hari mulai dari jam 08.00 sampai dengan 17.00 WIB.

Daya tarik dan keindahan wisata air terjun Putuk Truno

Sebenarnya di Pasuruan sendiri ada banyak destinasi wisata menarik yang bisa di kunjungi. Namun Air Terjun Putuk Truno adalah salah satu yang di lengkapi dengan keindahan alam memukau. Selain itu untuk menuju kesana, akses jalan yang akan di lewati cenderung cukup mudah. Adapun air terjun PutukTruno memiliki ketinggian mencapai 45 meter dengan kesejukan udara yang cukup di akui. Bahkan mitos yang masih di percaya masyarakat sekitar adalah air terjun ini akan mendatangkan cinta yang lenggeng bagi pasangan.

Sebagai informasi tambahan, Air Terjun PutukTruno di kelilingi oleh hutan lebat. Meskipun begitu, pengunjung tidak akan mengikuti akses yang melelahkan. Selain itu menuju ke gerbang air terjun ini nantinya memungkinkan wisatawan melewati jalanan menanjak yang curam.

Legenda Air Terjun Putuk Truno

Menguak legenda tentang keberadaan air terjun PutukTruno. Di mana ini tentunya tidak terlepas dari mitos yang dipercaya oleh sebagian masyarakat sekitar. Putuk Truno sendiri konon adalah tempat bersatunya cinta antara Joko Taruno (pangeran dari Majapahit) dengan Putu Sri Gading Lestari (putri penguasa Madura). Joko Taruno sendiri tidak lain adalah putra dari Raja Hayam Wuruk dengan seorang selir.

Namun masalah terjadi saat Ayah dari Putri Sri Gading Lestari yakni Arya Wiraraja tidak menyetujui hubungan mereka. Hingga sang Putri pada akhirnya dibuang untuk melakukan pertapaan di Cobang Baung (air terjun yang berada di Purwodadi). Selain itu Joko Taruno juga bertapa di Putuk Truno agar mendapatkan kekuatan dan membebaskan sang Putri. Berkat kegigihan cintanya, Joko Taruno pun berhasil dan betemu dengan kekasih hatinya.

Fasilitas wisata air terjun Putuk Truno

Selain keindahan alam yang menakjubkan, pihak pengelola air terjun juga melengkapi beragam fasilitas yang bisa di manfaatkan oleh pengunjung. Dengan begitu nantinya pengunjung yang datang akan merasa betah saat berlama-lama di sana. Adapun beberapa fasilitas di antaranya adalah :

  • Area parkir yang luas
  • Toilet
  • Jejeran saung
  • Warung makan
  • Anjungan untuk foto

Nah itulah beberapa ulasan mengenai wisata air terjun PutukTruno yang menarik dan sayang untuk dilewatkan. Dapatkan keseruan bermain air bersama teman dan keluarga disana. Selamat berlibur !

Baca Juga :

***