Pura Luhur Batukaru: Lokasi, Sejarah, dan Daya Tarik Wisata !

Pura Luhur Batukaru merupakan salah satu destinasi wisata religi yang ada di Bali dan menjadi salah satu pura Sad Kahyangan atau tempat pemujaan bagi seluruh umat Hindu. Lokasinya sendiri berada di ketinggian 833 Mdpl yang di kelilingi oleh hutan lebat. Oleh karena itu tidak heran jika lingkungan di pura ini sangat sejuk dan khas udara pegunungan.

Nah untuk kamu yang sedang berlibur ke Bali, bisa banget nih mampir ke wisata menarik yang satu ini !

Lokasi, harga tiket, dan jam operasional

Pura Luhur Batukaru beralamatkan di Jl. Penatahan – Wongayagede, Wongaya Gede, Penebel, Tabanan, Bali, Indonesia, 85125. Tepatnya berjarak sekitar 45 KM dari pusat kota Denpasar. Selain itu harga tiket masuk yang harus di bayarkan juga relatif terjangkau yakni hanya Rp 15 ribu saja perorang.

Yang membuat pura satu ini menarik dan banyak di kunjungi adalah jam operasionalnya yang selalu buka 24 jam. Dengan begitu kamu bisa datang kapan saja sesuai keinginan.

Daya tarik dan aktivitas wisata Pura Luhur Batukaru

Pura Luhur Batukaru menjadi salah satu destinasi wisata yang selalu ramai pengunjung setiap harinya. Hal ini di karenakan daya tarik yang khas pegunungan sekaligus warga lokal yang terkenal ramah. Adapun beberapa daya tarik dan aktivitas wisata yang bisa di lakukan di sana antara lain adalah :

1. Berkeliling area pura

Sebagai informasi tambahan, Pura Luhur Batukaru di perkirakan sudah ada sejak abad ke 11 oleh Mpu Kuturan. Di mana bangunan ini sekaligus merupakan Pura Padma Bhuwana yakni salah satu dari 9 pura yang ada di 9 penjuru Bali. Adapun dari segi arsitektur, pura Luhur Batukaru bergaya Bali dengan menghadap ke Tenggara dengan luas sekitar 2600 meter.

2. Kesejukan Udara khas Pegunungan

Seperti pada penjelasan sebelumnya, Pura Luhur Batukaru berada pada ketinggian 833 Mdpl tepatnya di lereng Gunung Batukaru. Tidak jarang pura ini di selimuti oleh kabut khas pegunungan. Terlebih lagi di karenakan areanya yang di kelilingi oleh hutan lindung sehingga memberikan pengalaman berlibur yang mengesankan. Lanskap alam yang indah menjadi background kemegahan wisata sekitar Pura Luhur Batukaru.

3. Artefak Kuno

Saat berkunjung ke wisata pura Luhur Batukaru, kamu akan menemukan sejarahnya yang tertulis di sejumlah babad, lontar, bahkan hingga sumber sastra suci lainnya. Adapun berdasarkan beberapa penemuan, pembangunan pura ini di lakukan pada abad ke XI. Dimana dari kitab Babad Buleleng, tepatnya tahun 1605 terjadi pengrusakan oleh Ki Gusti Ngurah Panju Sakti yakni sebagai Raja Buleleng.

Kemudian pada 1959 dan 1977, pura ini mendapatkan perbaikan sehingga bentuknya menjadi seperti sekarang.

4. Wisata Religi

Menjadi tempat suci untuk bersembahyang bagi umat Hindu, oleh karena itu pengunjung di haruskan untuk menggunakan baju adat Bali. Selain itu bagi wanita hamil, wanita yang sedang haid, anak kecil juga tidak di perbolehkan memasuki area pura. Tidak jarang juga banyak orang melakukan meditasi di pura ini untuk mendapatkan kedamaian rohani dan keseimbangan hidup.

Fasilitas wisata Pura Luhur Batukaru

Mengenai fasilitasnya, pihak pengelola sendiri sudah menyiapkan beberapa fasilitas yang bisa dinikmati oleh semua pengunjung. Dimana beberapa fasilitas diantaranya adalah :

  • Area parkir yang luas
  • Toilet
  • Tempat istirahat
  • Toko souvenir
  • Penginapan
  • Tempat makan

Nah itulah beberapa ulasan mengenai wisata Luhur Batukaru yang menarik untuk dikunjungi. Dapatkan keseruan berlibur ke destinasi wisata religi ini bersama teman dan keluarga. Untuk informasi lainnya mengenai wisata, kamu bisa masuk ke situs Cityawesome.com.

Baca Juga :

***