Lokasi, Daya Tarik, dan Keindahan Wisata Penanjakan Bromo

Wisata Penanjakan Bromo – Penanjakan Bromo, juga disebut Penanjakan 1 Bromo, adalah salah satu tempat terbaik untuk melihat matahari terbit di Taman Nasional Bromo di Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur. Lokasi tertinggi di Penanjakan adalah sekitar 2.700 mdpl. Pendaki pasti bisa menikmati lanskap Bromo paling luas di tempat ini. Selain itu, lokasi wisata ini adalah tempat camping yang memiliki fasilitas yang lengkap dan nyaman.

Lokasi, Harga Tiket, dan Jam Operasional

Penanjakan Bromo Beralamatkan di Desa Wonokitri, Tosari, Pasuruan, Jawa Timur , Indonesia, 67177. Orang-orang yang ingin pergi ke Penanjakan Bromo di Taman Nasional Bromo tidak perlu membayar tiket masuk. Namun, tiket masuk ke jalur pendakian mulai dari 29 ribu rupiah per orang. Untuk paket tur atau sewa jeep, harganya mulai dari 160 ribu rupiah. Pengunjung dapat menyewa jeep dari pintu masuk Penanjakan Bromo, yang buka 24 jam sehari. Namun, bagi yang ingin melihat matahari terbit, sebaiknya mulai pendakian sejak dini hari.

Aktivitas wisata Penanjakan Bromo

Penanjakan Bromo adalah puncak Gunung Penanjakan di wilayah Pegunungan Tengger. Titik tertinggi di sekitar Gunung Bromo. Berada di ketinggian 2.700 mdpl sering menjadi tempat terbaik untuk melihat matahari terbit. Wisata ke Gunung Bromo adalah salah satu tempat liburan populer. Banyak orang ingin berada di alam Bromo yang indah. Mulai dari Lautan Pasir hingga pemandangan matahari terbit

Bromo menawarkan pemandangan yang unik dan istimewa saat sunrise. Jadi, ada banyak tempat unik di mana Anda dapat menikmati makanan ini. Turist pemburu sunrise paling sering mengunjungi Penanjakan Bromo atau Penanjakan 1.

1. Keindahan Sunrise

Wisatawan yang menunggu matahari terbit di tempat ini akan melihat lautan awan menjelang pagi karena temperatur yang berbeda menutupi kaki Gunung Bromo. Di sisi timur, dinding Kaldera Tengger menutup matahari. Pengunjung dapat melihat empat gunung—bukan hanya satu. Di hari yang cerah, pengunjung dapat melihat Gunung Bromo, Gunung Batok, dan Puncak Semeru yang menawan dari lokasi Penanjakan.

Sinar matahari yang perlahan akan mengubah langit dan permukaan gunung menjadi warna oranye. Hamparan awan putih yang lembut akan menyatu dengan pemandangan ini. Selain itu, asap dari kawah Bromo yang membumbung tinggi menambah keindahan sunrise ini.

2. Camping

Penanjakan Bromo adalah tempat yang sempurna untuk berkemah. Bagaimana tidak, wisatawan memiliki lahan datar yang cukup nyaman untuk membangun tenda dan memiliki fasilitas dasar untuk berkemah seperti toilet dan warung. Camping bisa menjadi pilihan yang bagus jika Anda tidak ingin repot-repot mendaki di pagi hari untuk melihat pemandangan matahari terbit.

3. Trekking menuju Puncak

Sebenarnya, mencapai Penanjakan Bromo tidak terlalu sulit. Wisatawan dapat memilih untuk berjalan kaki atau menggunakan jeep, tergantung pada selera dan kondisi fisik mereka. Berjalan kaki lebih cocok bagi pengunjung yang suka petualangan dan eksplorasi. Di sini ada banyak jalur ekstrem yang menantang untuk didaki, tetapi pendaki yang sanggup dapat menggunakan jalur ini untuk melihat pemandangan sunrise di Penanjakan.

Selain itu, pengelola Taman Nasional Bromo menyediakan penyewaan jeep, yang sangat cocok bagi mereka yang memiliki keterbatasan fisik. Wisatawan juga dapat menggunakan jeep ketika mereka tidak memiliki waktu yang cukup untuk mengejar sunrise.

Baca Juga :

***