oleh-oleh khas Bromo

Berlibur ke Gunung Bromo belum afdol kalau belum membeli oleh-oleh khas Bromo. Ada berbagai macam produk oleh-oleh yang bisa kamu beli untuk keluarga atau kerabat di rumah. Nah, oleh-oleh ini bisa kamu jadikan sebagai buah tangan. 

Jika kamu bingung menentukan jenis oleh-oleh yang tepat untuk keluarga di rumah, maka kamu bisa menggunakan rekomendasi kali ini. Berikut ini adalah rekomendasi oleh-oleh yang bisa kamu beli dari Gunung Bromo

Minuman Pokak

oleh-oleh minuman pokak khas Bromo

Jika kamu mencari oleh-oleh berupa minuman, maka minuman pokak menjadi salah satu oleh-oleh yang tepat. Minuman khas Bromo ini terbuat dari rempah-rempah andalan dari Probolinggo. 

Kamu bisa menikmati minuman khas ini kapan saja kamu menginginkannya. Lagipula, produk minuman ini juga sudah beredar luas dan menjadi minuman kemasan khas Bromo. Kamu pun juga bisa membeli produk minuman pokak saat liburan ke Bromo. 

Secara umum, ada dua macam varian rasa yang tersedia untuk minuman pokak. Varian rasa yang pertama adalah sirup pokak dengan campuran bahan gula, jahe, kayu manis, pandan, sereh, cengkeh, dan jeruk purut. 

Sementara itu,varian rasa minuman pokak yang kedua terbuat dari serbuk pokak. Lalu, ada juga campuran gula pasir, gula merah, jahe, cengkeh, keningar, kapulaga, sereh, dan daun jeruk purut. Seluruh campuran rempah ini tentu menyehatkan untuk tubuh. 

Oleh-oleh Sawut Kabut Khas Bromo

Sawut kabut

Salah satu oleh-oleh khas Bromo yang terkenal hingga mancanegara adalah saut kabut. Oleh-oleh ini memiliki cita rasa manis dan tekstur yang legit. Bahan utama pembuatan sawut kabut ini adalah sawut singkong yang berbentuk kerucut menyerupai gunung. 

Makanan khas Bromo ini bertabur dengan murbei hitam, mutiara merah, dan irisan daun pandan. Tak heran kalau makan ini memiliki rasa yang beraneka ragam dan aroma yang wangi dari daun pandan. 

Baca Juga:  Wisata Kuliner Bekasi : 7 Makanan Ini Tidak Boleh Tertinggal !

Oleh-oleh ini bisa kamu beli di sekitar daerah Probolinggo. Harganya pun terbilang murah dan cukup terjangkau untuk para wisatawan lokal. Bila kamu ingin membawa oleh-oleh khas dari tempat wisata BTS (Bromo, Tengger, Semeru), maka kamu bisa membeli oleh-oleh ini. 

Oleh-oleh Abon Kluwih Khas Bromo

oleh-oleh abon kluwih khas Bromo

Salah satu makanan yang menjadi ciri khas oleh-oleh dari Bromo adalah abon kluwih. Makanan berupa abon ini terbuat dari suwiran daging sapi yang memiliki bentuk menyerupai serabut atau kapas. 

Daging yang dipakai untuk membuat abon kluwih adalah daging sapi dan daging ayam. Jadi, oleh-oleh ini pasti terjamin aman, sehat, bergizi tinggi, dan halal. Meski begitu, ada juga abon kluwih yang terbuat dari ikan laut dan kluwih. Makanya oleh-oleh ini disebut dengan abon kluwih. 

Jenis ikan laut yang menjadi bahan dasar pembuatan abon ini adalah ikan tongkol dan ikan tuna. Sementara itu, abon kluwih terbuat dari bahan baku buah kluwih yang aman untuk kalangan vegetarian. Jadi, kalau kamu ingin membawa oleh-oleh khas Bromo yang aman dan menyehatkan, belilah abon kluwih.

Rekomendasi Oleh-Oleh Khas Thailand yang Halal dan Murah

Keripik Kentang Cap Macan 

Keripik kentang cap macan

Meskipun ada banyak merk keripik kentang yang beredar di pasaran, namun oleh-oleh Bromo ini patut masuk ke daftar belanjaan kamu. Keripik Kentang Cap Macan ini menjadi salah satu camilan yang memiliki rasa berbeda dari keripik kentang pada umumnya. 

Bahan dasar utama pembuatan keripik ini bukan terbuat dari kentang, melainkan dari bahan umbi-umbian. Jenis umbi yang dipakai untuk bahan produksi pun tidak boleh sembarangan, melainkan harus pakai jenis umbi gadung. 

Baca Juga :

Baca Juga:  Sudut Pandang Bandung : Info Lokasi, Harga Tiket, dan Aktivitas !

***