Daya Tarik dan Keindahan Wisata Pantai Karanggongso

Wisata Pantai Karanggongso – Pantai Karanggongso adalah tempat wisata populer di pesisir selatan Kabupaten Trenggalek, Jawa Timur. Nama lain pantai ini adalah “Pantai Pasir Putih Trenggalek”. Kondisi pantainya yang ideal untuk rekreasi orang dari segala usia membuatnya sangat populer. Pasirnya lembut, luas dan landai, dan ombak tenang dan aman untuk berenang.

Lokasi, Harga Tiket, dan Jam Operasional

Pantai Karanggongso beralamatkan di Desa Tasikmadu, Watulimo, Trenggalek, Jawa Timur, Indonesia, 66382. Tiket ke Pantai Karanggongso seharga 15 ribu rupiah per orang, dan rombongan besar biasanya mendapatkan diskon. Tiket ini agak mahal dibandingkan dengan pantai-pantai lain di sekitarnya. Namun, untuk memenuhi kebutuhan pengunjung, fasilitas pantai ini bisa dikatakan yang terbaik.

Pantai ini tersedia untuk umum 24 jam sehari, tetapi akhir pekan dan liburan besar seperti Lebaran biasanya memiliki jumlah wisatawan yang paling banyak. Jika Anda ingin menghindari keramaian, silakan datang ke pantai pada hari biasa.

Daya Tarik dan Aktivitas Wisata Pantai Karanggongso

Pantai Karanggongso juga disebut “Pantai Pasir Putih Trenggalek”, tetapi namanya tidak benar-benar berarti hamparan pasir putih. Pasir di Karanggongso berwarna kecokelatan, sama seperti pantai lainnya. Namun, pasirnya lembut dan tersebar luas di tanah pantai yang landai.

Pantai ini berada di Teluk Tasikmadu. Bisa dikatakan bahwa wilayah itu terlindung dari angin laut selatan yang ganas. Ada banyak pulau kecil dan pulau karang yang tersebar di laut dekat bibir pantai. Oleh karena itu, gulungan ombaknya biasanya tenang dan tidak terlalu berbahaya.

1. Berenang

Bermain pasir adalah kegiatan rekreasi paling populer di pantai ini, karena pasirnya lembut dan halus. Meskipun demikian, batu karang tersebar di beberapa bagian pantai yang harus diperhatikan. Sangat penting bagi mereka yang suka bermain ombak.

Ombak di pantai ini bisa tenang. Ini adalah alasan mengapa Karanggongso selalu penuh dengan pengunjung dari segala usia. Bermain ombak di sini aman bagi anak-anak dan orang dewasa. Anda juga dapat berenang, asalkan tidak terlalu jauh ke tengah lautan.

2. Banana Boat

Ternyata berlibur di Pantai Karanggongso tidak kalah menyenangkan seperti berlibur di pantai wisata populer lainnya. Banana boat adalah salah satu dari banyak wahana permainan air yang tersedia di pantai ini. Ombak Karanggongso yang tidak bergelombang memang cocok untuk permainan jenis ini.

Perahu berbentuk pisang ini akan menarik wisatawan. Petugas akan menggunakan speedboat untuk menarik perahu dengan kecepatan tinggi. Ketika ombak muncul, speedboat akan berbelok dengan tajam, membuat banana boat terjungkal. tentu saja bersama dengan penumpangnya. Permainan ini sangat cocok untuk dimainkan dalam kelompok. Maksimal sepuluh orang dapat diangkut. Untuk menikmati wahana ini, pengunjung tidak perlu mengeluarkan banyak uang. Wisatawan dapat menikmati sensasi menaiki banana boat dengan harga 35 ribu hingga 40 ribu rupiah.

Fasilitas wisata Pantai Karanggongso

Pantai Karanggongso memiliki area parkir, toilet umum, kamar mandi bilas, musala, dan restoran. Selain itu, ada banyak pilihan penginapan, penyewaan tikar, perahu, dan wahana banana boat di pantai ini. Dengan bantuan pemandu khusus, pengunjung juga dapat melakukan tur ke beberapa pulau kecil di sekitar pantai.

Baca Juga :

***