Daya Tarik dan Aktivitas Wisata Bukit Cinta Rawa Pening

Bukit Cinta Rawa Pening – Rencana liburan yang mewah tidak diperlukan untuk menghilangkan stres di akhir pekan. Wisata sederhana di Rawa Pening bisa menjadi aktivitas yang menyenangkan. Bahkan setelah dipulihkan, danau alami ini tetap menarik untuk dikunjungi.

Selain itu, danau berada di empat kecamatan yang terletak di Kabupaten Semarang, Jawa Tengah. Saking luasnya, ada beberapa lokasi wisata yang menarik di sekitarnya. Beberapa di antaranya adalah Kampoeng Rawa, Radesa, dan Bukit Cinta, yang masing-masing menawarkan pengalaman menikmati Rawa Pening yang beragam.

Lokasi, Harga Tiket, dan Jam Operasional

Bukit Cinta Rawa Pening beralamatkan di Desa Klurahan, Tuntang, Semarang, Jawa Tengah, Indonesia. Rawa Pening dapat dikunjungi dari berbagai tempat. Tiket masuknya cukup murah, hanya Rp15.000, dan biasanya tidak termasuk tiket wahana tambahan. Jam buka setiap tempat wisata berbeda, seperti harga tiket. Selain itu, tempat wisata ini dapat dikunjungi kapan saja. Musim hujan adalah saat terbaik untuk melihat keindahan danau. Selama musim kemarau, wilayah danau biasanya akan surut.

Keindahan dan Aktivitas Wisata Bukit Cinta Rawa Pening

Danau Rawa Pening terletak di cekungan terendah Gunung Merbabu di Kabupaten Semarang, Jawa Tengah. Terletak di empat kecamatan: Ambarawa, Bawen, Tuntang, dan Banyubiru.

Terutama, pemandangan alam adalah daya tarik tempat wisata ini. Selain Gunung Merbabu, pemandangan di sekitar danau juga menampilkan Gunung Ungaran dan Telomoyo. Luas danau 2.670 hektare melindungi legenda Baru Klinting. Jadi tidak mengherankan bahwa tempat wisata di sekitar danau ini sangat mahal.

Anda ingin menikmati suasana Rawa Pening yang lebih nyaman dan “kekinian”? Wisatawan dapat dengan mudah menemukan Bukit Cinta. Ini terletak di Desa Kebondowo, yang terletak di Kecamatan Banyubiru. Tidak ada dataran tinggi di sini, meskipun disebut “bukit”.

Bukit Cinta adalah taman buatan di tepian danau. Terdapat dek kayu yang luas dan nyaman di taman ini. Sekitar lokasi ada tempat duduk teduh dan gazebo yang cantik. Tempat lain yang menarik adalah “Gembok Cinta”. Kawasan Bukit Cinta adalah tempat yang ideal untuk menghabiskan akhir pekan. Selain harga tiket yang terjangkau, fasilitasnya lengkap dan nyaman. Wisatawan juga dapat mencoba berkeliling danau dengan perahu.

1. Dasar Danau sabana

Pada musim kemarau, Rawa Pening mungkin menyusut. Penyusutan ini tampaknya menghasilkan sabana yang luas dan indah. Padang rumput, atau sabana, adalah dasar danau. Tempat wisata “dadakan” ini hanya tersedia selama musim kering. Lokasi sabana adalah di Dusun Klurahan, Desa Tuntang, Kabupaten Semarang. Padang rumput ini menempati bagian utara danau. Saat berada di sabana, pengunjung dapat menikmati pemandangan sekitar dan udara yang bersahabat dengan danau. Padang rumput ini juga bagus untuk piknik keluarga dan foto-foto.

2. Menara Eiffel di Tepi Danau

Wisatawan dapat mengunjungi menara ini saat berada di Rawa Pening. Meskipun Menara Eiffel terbuat dari bambu, Radesa Wisata adalah tujuan wisata lain di salah satu sudut danau. Radesa lebih suka bambu daripada kayu di Bukit Cinta. Selain itu, lokasinya berada di Dusun Klurahan, Kecamatan Tuntang, dan tidak jauh dari sabana. Replika Menara Eiffel dari bambu yang tingginya 38 meter adalah ciri khas Radesa. Menara ini tidak hanya cantik, tetapi juga dapat dinaiki.

Pengunjung tidak hanya dapat berfoto di Menara Eiffel, tetapi mereka juga dapat menikmati jalan-jalan yang nyaman. Radesa memiliki dermaga dengan rumah apung bambu. Selain itu, ada wahana ban yang unik dengan bentuk seperti unicorn. Wisatawan juga dapat berperahu di daerah sekitar Radesa.

3. Rumah Apung

Berada sedikit ke barat dari Radesa, ada tempat menarik lainnya untuk dilihat. Kampoeng Rawa adalah tempat rekreasi yang ideal untuk keluarga. Wisatawan dapat menikmati berbagai wahana, memancing, dan makanan lezat.

Rumah makan terapung adalah simbol Kampoeng Rawa. Makanan utama di Rawa Pening adalah beragam ikan laut yang diternakkan. Ada juga wahana bermain seperti ATV, jetski, dan sepeda air. Selain itu, restoran ini memiliki aula dan pendopo yang dapat digunakan untuk acara besar, seperti pernikahan.

Fasilitas Bukit Cinta Rawa Pening

Kebanyakan tempat wisata di tepian Rawa Pening memiliki fasilitas yang lengkap kecuali sabana. Setiap tempat wisata memiliki banyak tempat parkir, toilet, dan mushola. Selain itu, Anda dapat menemukan berbagai wahana permainan. Pengunjung dapat mencoba berperahu di sekitar danau hampir di setiap tempat wisata.

Baca Juga :

***