Cagar Alam Pangandaran: Lokasi, Sejarah, dan Lokasi Wisata !

Cagar Alam Pangandaran – Pangandaran terkenal karena pantainya. Namun, jangan salah, ada juga tempat wisata alam di Pangandaran. Namanya adalah Taman Wisata Cagar Alam Pangandaran. TWA ini beroperasi sebagai bagian dari cagar alam sejak 1978. Selain keindahan alamnya, tempat ini memiliki sejarah dari zaman Hindu dan banyak tempat wisata menarik lainnya.

Lokasi, Harga Tiket, dan Jam Operasional

Cagar Alam Pangandaran beralamatkan di Pananjung, Pangandaran, Pangandaran, Jawa Barat, Indonesia. Harga tiket masuk ke Cagar Alam Pangandaran cukup murah, mulai dari Rp17.000 hingga Rp22.000. Sangat di sarankan untuk menggunakan jasa pemandu agar pengunjung dapat menikmati keindahan dan belajar tentang flora dan fauna di sana.

TWA Pangandaran tersedia untuk pengunjung setiap hari, tetapi pengunjung tidak dapat mengunjunginya pada malam hari; pengunjung hanya dapat mengunjungi kawasan pantai sekitarnya. Sementara Taman Wisata Pangandaran buka dari pukul 07.00 pagi hingga 05.00 sore.

Sejarah Cagar Alam Pangandaran

TWA Pangandaran didirikan di kawasan konservasi pada tahun 1922. Seorang Residen Priangan Belanda saat itu, Y. Eycken, menyarankan agar tanah yang awalnya berupa ladang di ubah menjadi tempat berburu. Kawasan ini berganti status menjadi cagar alam setelah sempat berubah menjadi suaka margasatwa.

Ini di dasarkan pada bunga Rafflesia patma yang ditemukan di daerah tersebut. Di lokasi ini, kelestarian berbagai jenis flora dan fauna di jamin. Pada tahun 2010, keputusan dibuat bahwa beberapa cagar alam akan diubah menjadi taman wisata alam. Cagar alam memiliki luas 454 hektar, sementara TWA hanya sekitar 34 hektar. Dengan kehadiran TWA ini, pilihan wisata Pangandaran menjadi lebih luas dan beragam.

Daya tarik dan aktivitas wisata Cagar Alam Pangandaran

Untuk waktu yang lama, Kabupaten Pangandaran terkenal karena pesona pantainya. Di hari libur, banyak orang yang datang ke sini untuk menikmati aktivitas pantai. Namun, tidak banyak orang yang tahu tentang destinasi wisata lain di sekitar sini.

Cagar Alam Pangandaran adalah salah satu potensinya. Taman Wisata Alam Pananjung Pangandaran, juga dikenal sebagai TWA Pangandaran, adalah sebagian kecil area cagar alam yang dirancang khusus untuk tujuan wisata. Di ujung selatan, TWA Pangandaran menawarkan beberapa pesona alam. Berbagai spesies flora dan fauna endemik dan dilindungi tinggal di wilayah ini. Selain itu, ada banyak jejak sejarah di tempat ini. Selain itu, ada pemandangan alam yang indah dan menarik untuk dilihat sebagai tempat wisata.

1. Viking Lagos

Mengakhiri perjalanan TWA Pangandaran, orang dapat melihat pantai di bagian barat, Pantai Pasir Putih, yang selalu dipenuhi orang. Tempat pantai ini lebih cocok untuk rekreasi. Jika Anda pergi ke sana, Anda juga akan melihat pemandangan yang mencolok.

Pandangan itu adalah bangkai kapal Viking yang terdampar di Lagos. Salah satu kapal ilegal yang tenggelam pada tahun 2016 adalah kapal tersebut. Bangkainya semakin besar dan mulai rusak. Pengunjung sering mengambil foto di sekitar kapal. Pengunjung dapat melihat kapal ini dari jarak dekat saat laut surut.

Fasilitas Cagar Alam Pangandaran

Taman wisata ini memiliki fasilitas seperti area parkir, toilet, dan musala. Selain itu, pengelola menyediakan layanan pemandu dan penyewaan perlengkapan penjelajahan. Terdapat banyak pilihan penginapan di luar kawasan TWA, termasuk villa, hotel, dan bungalow.

Baca Juga :

***