6 Rekomendasi Wisata Menarik dan Seru di Kulon Progo

Wisata Kulon Progo – Anda berencana untuk menghabiskan liburan di Yogyakarta? Jangan lupa untuk mengunjungi berbagai tempat wisata di Kulon Progo yang akan memanjakan mata Anda. Kulon Progo adalah salah satu kabupaten di Daerah Istimewa Yogyakarta yang memiliki banyak daya tarik wisata yang tak kalah menarik dengan kabupaten lainnya. Keindahannya yang memanjakan mata adalah daya tarik wisata Kulon Progo. Kabupaten ini memiliki banyak wisata alam, seperti air terjun, pantai, waduk, kebun teh, dan gua alami.

Baca Juga : Rekomendasi Tempat Wisata Seru di Sragen

Rekomendasi Tempat Wisata Kulon Progo

1. Air Terjun Kedung Pedut

Di Desa Jatimulyo, Kecamatan Girimulyo, Kulon Progo, terdapat air terjun Kedung Pedut, yang merupakan salah satu tempat wisata populer di Kulon Progo. Terletak di dalam hutan lindung. Air terjun dengan ketinggian sekitar sepuluh meter ini selalu penuh dengan pengunjung dari berbagai daerah setiap harinya. Air berwarna hijau tosca di Kulon Progo sering digunakan sebagai lokasi foto prewedding.

Ada lima kedung di sekitar air terjun yang dapat digunakan untuk berenang atau bermain air: Kedung Anyes, Kedung Lanang, Kedung Wedok, Kedung Merak, dan Kedung Merang. Kedalaman masing-masing kedung sekitar 2-5 meter. Harga tiket masuk Air Terjun Kedung Pedut hanya sekitar Rp 5.000 per orang, dan tersedia setiap hari dari pukul 08.00 hingga 15.30 WIB.

2. Bukit Wisata Pulepayung

Salah satu tempat wisata baru di Kulon Progo adalah Bukit Wisata Pulepayung. Terletak di Dusun Soropati, Desa Hargotirto, Kecamatan Kokap, Kulon Progo, dan memiliki ketinggian sekitar 500 meter persegi. Dari puncak bukit, Anda dapat melihat Waduk Sermo yang luas dan hijau. Gunung Merapi dan Gunung Merbabu juga terlihat di kejauhan.

Salah satu alasan Bukit Wisata Pulepayung menarik banyak pengunjung adalah lokasinya yang instagramable untuk foto. Ayun raksasa, gardu pandang, dan sepeda udara adalah beberapa lokasi foto populer di bukit. Tertarik untuk mengunjungi Bukit Wisata Pulepayung? Bisakah Anda pergi ke sana setiap hari mulai pukul 08.00 hingga 17.00 WIB? Untuk mendapatkan kesempatan untuk mengambil gambar dari puncak bukit ini, Anda perlu membayar sekitar Rp 10.000 untuk tiket.

3. Taman Sungai Mudal

Keindahannya dan udara sejuk pegunungan adalah salah satu daya tarik wisata Kulon Progo. Lokasi Taman Sungai Mudal berada di Desa Banyunganti di Kecamatan Girimulyo, sekitar 30 km dari pusat Kota Yogyakarta. Jika Anda berencana untuk menghabiskan liburan di Taman Sungai Mudal, Anda akan menemukan banyak fasilitas seperti kolam renang, air terjun, dan area camping. Namun, airnya yang jernih dan segar adalah daya tarik utama wisata Kulon Progo.

Selain itu, Taman Sungai Mudal memiliki pemandangan yang indah yang dikelilingi oleh pepohonan. Tiket masuk seharga sekitar Rp 10.000 per orang dan dapat diakses setiap hari antara pukul 08.00–16.00 WIB.

4. Kebun Teh Nglinggo

Kebun Teh Nglinggo adalah tempat wisata KulonProgo yang bagus untuk penyembuhan karena hamparan kebun teh hijau yang indah. Tempat wisata Kulon Progo ini memiliki pemandangan Gunung Merapi, Gunung Merbabu, dan Gunung Sindoro. Kebun Teh Nglinggo terletak di Desa Nglinggo, Kecamatan Pagerharjo, Kabupaten Kulon Progo, di ketinggian sekitar 700 hingga 1.000 meter di atas permukaan laut.

Kebersihan di Kebun Teh Nglinggo tidak mahal; tiket masuk seharga sekitar Rp 5.000 per orang. Tempat rekreasi ini di Kulon Progo buka setiap hari dari pukul 07.00 hingga 18.00 WIB.

5. Wisata Alam Kalibiru

Pemandangan alam yang indah dan menakjubkan tersedia di Wisata Alam Kalibiru. Di Desa Hargowilis, Kecamatan Kokap, Anda akan menemukan tempat wisata KulonProgo ini. Anda dapat melihat Gunung Merapi dari ketinggian sekitar 450 mdpl. Wisata Alam Kalibiru juga memiliki gardu pandang, wahana flying fox, dan area hutan pinus untuk dinikmati.

Destinasi wisata Kulon Progo juga memiliki banyak fasilitas untuk wisatawan, seperti toilet, restoran, dan tempat parkir. Wisata Alam Kalibiru buka setiap hari dari pukul 08.00-16.00 WIB, dan harga tiket berkisar antara Rp 10.000 hingga 20.000 per orang.

6. Air Terjun Kembang Soka

Salah satu atraksi utama di Kulon Progo adalah Air Terjun Kembang Soka. Wisatawan dari berbagai daerah, baik lokal maupun asing, sering berkunjung ke air terjun ini. Air Terjun Kembang Soka berada di Desa Jatimulyo, Kecamatan Girimulyo, Kabupaten Kulon Progo. Tersedia setiap hari mulai pukul 08.00 hingga 17.00 WIB. Tiket masuknya kira-kira Rp 10.000, dan Anda dapat menikmati udara segar dari air terjun atau bermain di kolam di bawahnya.