Site icon City Awesome

5 Makanan Khas Betawi Terenak yang Perlu Kamu Coba

makanan khas betawi

Kuliner Indonesia memang tak pernah ada matinya, setiap daerah memiliki makanan khasnya masing-masing. Butuh waktu bertahun-tahun lamanya untuk dapat mencicipi semua hidangan tersebut. salah satu hidangan terbaik yang bisa kamu cicipi adalah makanan khas betawi. Tak pernah ada makanan khas betawi yang mengecewakan, semuanya lezat dan sangat menggugah selera. Bagi kamu yang hendak berkuliner ria di Jakarta, kamu wajib menjajal rekomendasi makanan berikut ini.

1. Makanan Khas Betawi: Soto Betawi

Soto mungkin sudah sering kamu dengar. Yup, kuliner yang satu ini memang banyak di berbagai daerah, namun tentu saja setiap daerah memiliki khasnya masing-masing. Untuk soto betawi sendiri merupakan salah satu jenis soto Indonesia yang paling populer. di dalamnya terdapat daging sapi yang dipadu dengan herona ayam atau sapi. Belum lagi, kemudian disiram dengan kuah santan yang gurih. Dagingnya sendiri memiliki tekstur yang kenyah. Gak heran deh, kenapa kuliner betawi yang satu ini banyak orang sukai. Kamu juga cukup mudah menemukan tempat makan yang menjual soto betawi kok. Jangan lama-lama, langsung saja cicipin.

BACA JUGA: Kuliner Makassar Legendaris Penggugah Selera

2. Asinan Betawi

Siapa bilang jika asinan hanya ada di bogor? Betawi juga punya asinannya sendiri. hidangan yang satu ini akan sangat cocok untuk kamu yang senang makan sayur. Asinan ini sendiri memiliki cukup banyak isi, dari mulai sawi, kol, tauge hingga tahu putih. Supaya rasanya semakin nikmat, makanan tersebut bertabur kacang tanah yang menambah cita rasa. Belum berhenti di situ, makanan ini juga kemudian dicampur dengan kuah cuka serta cabai. Jangan lupa tambahkan kerupuk mie kuning untuk menambah tekstur. Makanan ini memiliki rasa yang segar serta asam. Cocok banget kamu konsumsi saat cuaca sedang terik.

3. Makanan Khas Betawi: Pecak Lele

Ikan lele memang menjadi jenis ikan yang banyak terdapat di Indonesia. Sehingga, tak aneh jika ikan tersebut memiliki berbagai macam hidangan yang menggoda, salah satunya adalah pecak lele. Jika bisanya lele hanya digoreng dan di tambah sambal, lain halnya dengan makanan khas betawi ini. pecak lele memiliki kuah pecak yang lezat. Bahan-bahan kuahnya sendiri terdiri dari, air asam jawa, saus kacang, hingga santan. Udah kebanyangkan betapa nikmatnya makanan tersebut?. Rasanya yang gurih pasti akan ngangenin, bisa-bisa kamu makan hidangan ini setiap hari, deh.

BACA JUGA: 4 Makanan Khas Korea yang Harus kamu Cicipi, Enak Banget!

4. Semur Jengkol

Siapa sih yang tak kenal dengan semur jengkol yang super duper enak ini. makanan yang satu ini cocok kamu santap dengan lauk apapun, semur jengkol nasi enak, semur jengkol, nasi, plus sayur atau lauk lain pun tambah enak. Meskipun, tidak semua orang menyukai jengkol, namun bagi para penikmat makanan ini tentu semur jengkol .

Meskipun aromanya menyengat, tapi semua itu akan terbayarkan setelah kamu mencoba makanan ini. selain dengan nasi putih, semur jengkol juga cocok kamu santap bersama dengan nasi uduk. Pasti tambah gurih banget!

5. Gado-gado

Dalam bahasa betawi, gado-gado memiliki arti campur aduk. Sesuai namanya, makanan ini memang terdiri dari berbagai macam sayuran dan bahan lainnya. gado-gado cocok untuk kamu yang ingin makan makanan sehat. Hidangan ini sendiri terdiri dari beberapa sayuran rebus serta, tahu, telur, temped an kentang lalu tambah dengan bumbu kacang. Jangan lupa untuk menambahkan kerupuk supaya rasanya lebih enak.

BACA JUGA: 4 Makanan Tradisional Amerika terbaik yang wajib kamu coba

Exit mobile version