Cityawesome.com – Liburan Murah Hemat Biaya. Biasanya liburan akan menjadi momen yang paling di tunggu – tunggu. Namun terkadang kendala keuangan bisa menjadi penghambat rencana liburan yang sudah di nantikan sejak lama.

Nah, mulai sekarang kamu akan bisa menghabiskan waktu liburan yang menyenangkan dengan mengikuti beberapa tips di bawah ini. Budget tentunya sudah tidak menjadi masalah untuk kamu lagi, karena di sini akan di jelaskan tips agar menghemat budget liburan.

tips liburan murah

So, berikut ini Cityawesome kasih rahasianya khsusus untuk kamu.

1. Melakukan Riset

Sebelum memutuskan untuk pergi berlibur ke suatu tempat. Anda bisa melakukan riset terlebih dahulu dan pastikan kamu menentukan tempat liburan yang sesuai dengan budget yang kamu miliki.

Kamu bisa mencari informasi mengenai biayanya melalui teman yang sudah berpengalaman atau sekedar mencarinya di internet.

2. Hindari Musim Liburan

Dengan pergi berlibur di hari biasa atau bukan di saat musim liburan, tentunya akan bisa mengehemat biaya pengeluaran kamu khususnya untuk pembelian tiket transportasi perjalanan.

Hal ini di karenakan biasanya pada musim – musim liburan, harga tiket perjalanan hingga penginapan akan cenderung mengalami kenaikan harga.

hindari musim liburan

Untuk menyiasatinya, kamu bisa pergi berlibur di waktu – waktu sibuk yang tidak banyak orang berlibur. Akan lebih baik lagi jika kamu tidak pergi berlibur di saat weekend.

3. Buatlah Rincian Biaya

Agar momen liburanmu menjadi menyenangkan meskipun minim budget. Langkah penting yang harus kamu lakukan adalah dengan membuat rincian biaya yang harus di keluarkan.

Pastikan untuk kamu bisa mengontrol pengeluaran yang tidak penting. Selain itu, dengan adanya rincian biaya yang tertulis, kamu jadi bisa mendapatkan batasan untuk pengeluaran yang tidak terduga.

Baca Juga:  Wisata Gunung Everest Puncak Tertinggi di Dunia

4. Hindari Penginapan Mahal

Langkah selanjutnya yang bisa kamu terapkan untuk menghemat biaya liburan adalah dengan menghindari penginapan yang mahal. Kamu bisa mencari alternatif lain dengan mencari penginapan yang murah, atau bahkan dengan mencari rumah warga yang bisa menyewakan kamar.

Selain itu, kamu bisa mencari tempat penginapan murah dengan mudah melalui situs tertentu di internet. Di karenakan biasanya situs khusus perjalanan akan memberikan kamu biaya hotel yang lebih murah di bandingkan kamu memesannya secara konvensional.

hindari penginapan mahal

5. Gunakan Jalur Darat

Jika memungkinkan, kamu bisa melakukan perjalanan menggunakan jalur darat. Hal ini tentunya akan menghemat biaya perjalananmu di bandingkan harus menggunakan jalur udara yang tiketnya sudah jelas mahal.

Meskipun akan membutuhkan waktu yang lebih lama dalam perjalanan, namun cara tersebut sangat efektif untuk kamu yang memiliki budget pas – pasan saat liburan.

6. Makan di Tempat Lokal

Mengatur tempat makan juga sangat penting untuk kamu yang berlibur dengan budget minim. Ada baiknya jika kamu menghindari makan di tempat mewah. Mengunjungi tempat makan lokal dan tradisional bisa menjadi alternatif kamu untuk menghemat biaya pengeluaran.

Tidak hanya untuk menghemat biaya pengeluaran, dengan mengunjungi tempat makan lokal dan tradisional akan membuat kamu mempelajari tentang kekayaan kuliner yang ada.

7. Mengunjungi Tempat Baru

Berkunjung ke tempat wisata baru bisa menjadi alternatif dalam menghemat biaya pengeluaran. Hal ini di karenakan biasanya tempat wisata yang baru di buka akan memberikan harga promo yang lebih murah.

liburan murah hemat biaya dengan mengunjungi tempat wisata baru

Tentunya sangat berbeda di bandingkan tempat wisata yang sudah terkenal karena mereka cenderung menaikan harga terutama di musim – musim liburan.

8. Lakukan Perjalanan Malam

Jika kamu ingin pergi berlibur di tempat yang jauh dan membutuhkan waktu berjam – jam di perjalanan. Kamu bisa menyiasati dengan melakukan perjalanan malam agar lebih menghemat biaya pengeluaran.

Baca Juga:  Tips Liburan Murah Di Luar Negeri Tapi Tetap Seru

Tentunya dengan melakukan perjalanan malam, kamu akan tertidur di transportasi sehingga kamu tidak perlu membayar biaya penginapan.

9. Selalu Membawa Botol Air Minum

Air minum tentunya menjadi sesuatu yang paling sering di butuhkan saat pelakukan perjalanan. Dengan membawa botol air minum dari rumah, kamu tidak perlu lagi membeli minuman dari luar.

Sehingga cara ini sangat efektif untuk kamu menghemat budget liburan yang terbatas. Selain itu, dengan selalu membawa air minum dari rumah, kamu akan mengurangi sampah plastik dunia sekaligus kamu tahu kualitas air yang kamu bawa di bandingkan membelinya diluar.

Nah, itulah beberapa tips liburan murah hemat biaya yang bisa kamu lakukan agar liburanmu dengan budget yang terbatas tetap menyenangkan.***