Cityawesome.com – Jenis mochi khas Jepang. Mochi merupakan salah satu makanan khas Jepang yang populer. Memiliki tekstur yang lembut, mochi memiliki rasa yang membuaat siapapun menjadi ketagihan.

Namun tahukah kamu jika mochi memiliki beragam jenis dengan rasa yang berbeda – beda. Untuk kamu pecinta makanan Jepang yang satu ini, pastikan kamu mengetahui beragam jenis mochi Jepang.

Satu – satunya persamaan yang ada pada mochi adalah teksturnya yang lembut. Untuk kamu yang penasaran, berikut ini beberapa jenis mochi khas Jepang untuk kamu ketahui.

1. Botamochi

Botamochi

Menjadi salah satu jenis mochi yang cukup populer di Jepang. Botamochi terdiri dari pasta kacang merah yang sudah di haluskan kemudian di bungkus dengan mochi.

Umumnya jenis mochi yang satu ini di sajikan saat hari raya Buddha yang berlangsung saat musim gugur dan musim semi. Di mana nantinya mereka akan memberikan penghormatan kepada leluhur dengan membuat persembahan.

Selain itu mochi yang satu ini biasanya akan di lapis dengan bubuk matcha, wijen, ataupun rumput laut.

2. Hanabira Mochi

2. Hanabira Mochi

Saat berkunjung ke Jepang, pastikan kamu tidak melewatkan salah satu jenis mochi yang satu ini. Hanabira menjadi salah satu jenis mochi yang cukup populer dan banyak di sukai.

Hanya saja jenis mochi yang satu ini terbilang sangat sulit di temukan. Hanabira sendiri berasal dari Kyoto yang memiliki arti kelopak bunga.

Pada umumnya jenis mochi yang satu ini berwarna merah dengan bentuk yang sangat khas.

3. Hishimochi

jenis mochi khas jepang Hishimochi

Menjadi salah satu jenis mochi yang memiliki tampilan unik dengan 3 warna yakni putih, hijau, dan juga pink. Sekilas mochi ini berbentuk sepeti wajik khas Indonesia.

Baca Juga:  7 Makanan Khas Lampung yang Populer dan Menggugah Selera

Selain itu Hishimochhi sendiri biasanya di hidangkan saar Hinamatsuri atau festival Hari Anak Perempuan di Jepang.

4. Ichigo Daifuku

jenis mochi khas jepang Ichigo Daifuku

Jenis mochi khas Jepang lainnya untuk kamu kketahui adalah Ichigo Daifuku. Sesuai dengan namanya, mochi yang satu ini terbuat dari kulit mochi yang kenyal dengan beragam isian di dalamnya.

Bahkan tidak jarang juga Ichigo Daifuku ini memiliki isian buah stroberry utuh di dalamnya. Biasanya jenis mochi yang satu ini di lapisi dengan pasta kacang merah, ataupun kacang putih.

5. Kinako Mochi

jenis mochi khas jepang Kinako Mochi

Jenis mochi yang satu ini termasuk dalam jenis mochi yang klasik. Terbuat dari kue beras dengan rasa yang kenyal, Kinako Mochi biasanya di lapisi juga dengan tepung kedelai yang sudah di sangrai.

Selain itu proses pembuatan jenis mochi yang satu ini juga terbilang sangat lama. Oleh karena itu kebanyakan orang memilih mochi yang sudah jadi dalam kemasan untuk kemudian di lapisi gula dan bubuk kedelai.

6. Sakura Mochi

jenis mochi khas jepang. Sakura Mochi

Jepang memang tidak pernah tertinggal dengan bunga Sakura. Hal tersebut juga rupanya ada dalam salah satu jenis mochinya. Mochi Sakura sendiri biasanya di sajikan saat musim semi dan banyak disukai oleh masyarakat Jepang.

Jenis mochi yang satu ini sangat direkomendasikan untuk kamu cicipi saat berlibur ke Jepang di musim semi.

7. Warabi Mochi

jenis mochi khas jepang Warabi Mochi

Merupakan salah satu jenis mochi yang sayang untuk dilewatkan. Warabi Mochi memiliki cita rasa yang manis dan terbilang sangat populer.

Memiliki warna yang bening dengan tekstur kenyal, makanan ini banyak disukai oleh masyarakat Jepang. Sesuai dengan namanya, jenis mochi yang satu ini terbuat dari pati tanaman warabi yang diberi taburan tepung kedelai.

Baca Juga:  7 Makanan Khas Bali Yang Terkenal Dengan Kelezatannya

Nah itulah beberapa jenis Mochi khas Jepang untuk kamu ketahui. Saat berkunjung ke negeri Sakura ini, pastikan kamu tidak ketinggalan untuk menikmati sajian mochi yang memiliki rasa nikmat luar biasa.***