Cityawesome.com – Fakta unik budaya Jepang yang populer. Jepang merupakan negara kepulauan yang berada di Asia Timur. Terletak di ujung barat Samudera Pasifik tepatnya di sebelah timur laut Jepang. Selain itu, negara ini juga bertetangga dengan China, Korea Selatan, dan juga Rusia.

Untuk pengetahuan kamu, Jepang memiliki banyak budaya yang terbilang unik dan menjadi salah satu daya tarik bagi para wisatawan asing.

Jepang juga menjadi negara maju baik secara ekonomi maupun teknologi. Yang tidak kalah menarik dari negara ini adalah kebudayaannya yang unik dan gak kalah populer di bandingkan dengan kemajuan teknologinya.

Lalu apa saja budaya Jepang yang populer di kancah internasional? Berikut ini Cityawesome sudah merangkumnya khusus untuk kamu.

1. Upacara minum teh

Negara ini memang terkenal dengan tehnya sehingga tidak salah jika negara ini memiliki upacara khusus minum teh. Selain itu, upacara minum teh menjadi salah satu yang sangat penting dalam kebudayaan Jepang.

Upacara ini sangat mengutamakan gerakan menyiapkan teh, dan menaruh perhatian pada proses persiapannya. penempatan peralatan juga sangat penting untuk diperhatikan.

upacara minum teh

Biasanya upacara minum teh selalu di kaitkan dengan Kyoto. Namun upacara ini bisa dengan mudah di temukan di berbagai kedai teh yang ada di sana.

Bahkan di Jepang juga terdapat rumah teh yang biasa di sebut dengan chashitsu. Di bangun oleh para biksu yang awalnya di gunakan sebagai tempat berkumpulnya upacara tersebut.

Saat kamu berkunjung ke chashitsu, nantinya kamu akan menemukan arsitektur yang menonjol berupa pintu kayu yang di geser, lantai tikar, hingga jendela shoji.

2. Gulat Sumo

Budaya Jepang lainnya yang cukup populer adalah gulat Sumo. Bahkan negara ini menjadi satu – satunya yang mempraktekkan budaya tersebut.

gulat sumo

Biasanya pegulat sumo akan di minta untuk tinggal di dalam kandang pelatihan. Selain itu nantinya pegulat sumo juga di haruskan untuk memakai kimono setiap kali mereka tampil di hadapan umum.

Baca Juga:  5 Tempat Wisata Di Osaka, Dari Pusat Perbelanjaan Hingga Istana

3. Kimono

Merupakan pakaian tradisional Jepang yang cukup populer. Bahkan kimono sudah menjadi salah satu trend fashion yang menarik banyak peminat.

Kimono sendiri memiliki beberapa variasi. Untuk wanita lajang biasanya menggunakan kimono denga lengan hingga ke lantai.

fakta unik budaya jepang kimono

Sedangkan wanita yang sudah menikah menggunakan kimono dengan lengan yang lebih pendek.

Selain itu, biasanya kimono di gunakan dengan mengikatkan selempang ke pinggang yang di ikatkan kebelakang. Pakaian tradisional ini juga masih di gunakan hingga kini baik oleh wanita maupun pria.

Paling sering di gunakan terutama untuk acara – acara khusus seperti pernikahan dan juga upacara minum teh.

4. Geisha Jepang

Salah satu kebudayaan Jepang yang gak kalah populer adalah Geisha. Geisha sendiri merupakan kumpulan wanita yang menghibur dengan berbagai kesenian seperti bernyanyi maupun menari.

fakta unik budaya jepang geisha

Biasanya geisha tinggal di rumah khusus yang di sebut okiya terutama saat pelatihan. Selain itu mereka juga akan menggunakan pakaian tradisional seperti kimono.

Geisha juga biasanya menggunakan geta yang merupakan sendal jepit yang terbuat dari kayu.

5. Seni Origami dan Kaligrafi

Jepang terkenal dengan kesenian origami dan juga kaligrafinya. Tentunya seni tersebut berbentuk tulisan artistik dari bahasa Jepang yang biasa di sebut shodo.

Selain itu, ada dua jenis simbol kaligrafi di Jepang yaitu Kana dan juga Kanji. Kana sendiri sebenarnya tidak memiliki arti khusus dan hanya sekedar untuk mewakili suku kata.

fakta unik budaya jepang kaligrafi

Sedangkan Kanji memiliki simbol kata – kata yang lebih kompleks dan berjumlah lebih dari 10ribu kata yang tentunya memiliki makna yang berbeda.

Untuk seni origami dari negara ini berupa kesenian melipat kertas dan menjadi sebuah keterampilan.

Itulah beberapa fakta unik budaya Jepang yang cukup populer dan penting untuk kamu ketahui.***