Cityaesome.com – Oleh – oleh khas Palangkaraya. Palangkaraya merupakan ibukota dari provinsi Kalimantan Tengah. Di mana kota ini memiliki keindahan destinasi wisata yang memanjakan para wisatawan.

Selain itu saat berkunjung kesana kamu akan bisa melihat berbagai hutan lindung yang masih rimbun. Sehingga kamu akan merasakan suasana yang asri saat berlibur.

Tidak hanya keindahan destinasi wisata di dalamnya, Palangkaraya juga terkenal dengan oleh – oleh khas yang sangat sayang untuk di lewatkan. Baik dari segi kuliner maupun kerajinan tangan, kamu bisa memilih beragam oleh – oleh khas untuk orang tersayang.

Berikut ini beberapa rekomendasi oleh – oleh khas Palangkaraya yang populer dan terfavorit.

1. Batik Benang Bintik

oleh oleh khas palangkaraya Batik Benang Bintik

Indonesia memang banyak kerajinan tangan yang populer salah satunya adalah Batik. Seperti halnya Palangkaraya yang juga menjadikan batik sebagai oleh – oleh khas.

Yang membuat berbeda dengan batik lainnya adalah, Batik Benang Bintik memiliki motif khas suku dayak dengan beragam filosofi di dalamnya.

2. Kerajinan Tangan Kulit Kayu

2. Kerajinan Tangan Kulit Kayu

Saat berkunjung ke Palangkaraya, kamu bisa menjadikan kerajinan tangan kulit kayu sebagai oleh – oleh khas yang bisa di bawa pulang. Di sana terdapat banyak pengerajin kayu nyamug yang di jadikan sebagai pernak – pernik seperti tas, topi, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Selain itu kerajinan tangan yang satu ini juga terbilang sangat awet sehingga bisa menjadi rekomendasi terbaik untuk kamu jadikan oleh – oleh.

3. Keripik Kelakai

oleh oleh khas palangkaraya Keripik Kelakai

Mungkin beberapa di antara kamu baru pertama kali mendengar istilah keripik Kelakai. Di mana oleh – oleh yang satu ini terbuat dari daun kelakai yang masih muda untuk kemudian di lumuri tepung bumbu dan di goreng hingga kering.

Baca Juga:  Biaya dan Destinasi Wisata Luar Angkasa

Selain kelezatan rasanya, keripik yang satu ini juga memiliki beragam khasiat hingga bisa menjaga kulit agar tetap awet muda.

Kamu bisa dengan mudah menemukan oleh – oleh yang satu ini di berbagai toko oleh – oleh sekitar.

4. Kue Gagatas

oleh oleh khas palangkaraya Kue Gagatas

Menjadi salah satu makanan khas yang juga cocok untuk dijadikan oleh – oleh khas Palangkaraya. Kue Gagatas terbuat dari campuran beras ketan dan parutan kelapa yang di balur dengan menggunakan tepung gula merah.

Kamu bisa dengan mudah menemukan kue yang satu ini di berbagai pasar tradisional yang ada di sekitar. Rasa dari kue Gagatas juga tidak perlu di ragukan lagi. Siapapun yang mencicipinya pasti akan merasa ketagihan.

5. Pernak – Pernik Khas Dayak

oleh oleh khas palangkaraya Pernak - Pernik Khas Dayak

Palangkaraya menjadi kota yang populer dengan suku Dayak. Oleh karenanya kamu mungkin akan melihat banyaknnya pernak – pernik yang bisa dijadikan oleh – oleh.

Selain itu biasanya pernak – pernik khas Dayak memiliki pola yang unik dan dari berbagai macam bentuk. Kamu bisa membeli gantungan kunci, dompet, kalung, dan pernak – pernik lainnya yang mengingatkanmu pada kota Palangkaraya.

6. Tahu Bakso Ijo Palangkaraya

oleh oleh khas palangkaraya Tahu Bakso Ijo Palangkaraya

Oleh – oleh khas Palayangkaraya yang satu ini terbilang cukup populer dan menjadi favorit bagi para wisatawan. Tahu Bakso Ijo Palangkaraya juga memiliki dua varian rasa yakni bakso sapi dan juga bakso ayam. Sehingga kamu bisa memilihnya sesuai selera.

Selain itu harga yang di banderol untuk makanan yang satu ini juga terbilang cukup terjangkau dan mudah di temukan di berbagai toko oleh – oleh.

7. Wadi Ikan Palangkaraya

7. Wadi Ikan Palangkaraya

Rekomendasi oleh – oleh khas Palangkaraya lainnya yang bisa kamu beli adalah Wadi Ikan. Di mana Wadi Ikan sendiri terbuat dari ikan patin yang di lakukan fermentasi menggunakan beras dan garam yang sudah di sangrai sebelumnya.

Baca Juga:  Rekomendasi Oleh-Oleh Khas Thailand yang Halal dan Murah

Kemudian Wadi Ikan tersebut di simpan selama sekitar satu minggi hingga menghasilkan rasa asam di dalamnya. Kamu bisa menikmatinya dengan cara di goreng kembali dan di nikmati bersamaan dengan nasi panas.

Itulah beberapa oleh – oleh khas Palangkaraya yang bisa kamu bawa pulang. Saat berkunjung kesana, pastikan kamu tidak lupa untuk membeli buah tangan yang bisa diberikan untuk orang tersayang.***