Cityawesome.com – Museum bawah laut di dunia. Berkunjung ke museum tentu akan memberikan pengalaman dan keseruan yang berbeda. Selain itu kamu juga nantinya akan mendapatkan ilmu baru mengenai sejarah yang ada di dalamnya.

Di Indonesia sendiri sangat banyak museum yang bisa kamu kunjungi. Namun berbeda dengan beberapa museum yang ada di beberapa negara.

Tidak berada di daratan yang bisa dengan mudah kamu kunjungi. Di beberapa negara terdapat museum bawah laut yang menawarkan keindahan yang berbeda.

Berikut ini beberapa museum bawah laut yang unik dari berbagai negara yang bisa kamu kunjungi.


1. Underwater Art, Australia

1. Underwater Art, Australia

Merupakan salah satu museum bawah laut yang bisa kamu kunjungi. Museum of Underwater Art berlokasi di Australia. Selain itu museum ini juga pernah masuk kedalam nominasi LCD Berlin Awards pada tahun 2021.

Tepatnya berada di daerah Great Barrier Reef, museum ini terkenal dengan keindahan ekosistem terumbu karang yang ada di dalamnya.

Oleh karena itu, museum of Underwater Art ini tidak pernah sepi dari wisatawan yang tertarik.

2. Shipwreck Trail, Florida

2. Shipwreck Trail, Florida

Museum bawah laut lainnya yang bisa kamu kunjungi adalah Museum Shipwreck Trail. Berlokasi di Florida, museum ini memiliki jejak kapal yang karam dan sekaligus di jadikan ikon yang cukup banyak di kenal.

Bahkan kapal karam yang ada di sana berjumah hingga 9 buah yang salah satunya adalah kapal milik San Pedro yang berlayar dari Kuba, Spanyol tepatnya pada tahun 1733.

3. Buddha Garden, Indonesia

3. Buddha Garden, Indonesia

Tidak hanya di luar negeri, nyatanya Indonesia juga memiliki museum bawah laut yang tidak kalah populer. Berlokasi di Bali, tepatnya di Nusa Ceningan. Kamu bisa berkunjung ke Museum bawah laut Buddha Garden.

Baca Juga:  7 Festival Terbesar dan Paling Meriah di Dunia

Di dalamnya kamu bisa melihat berbagi patung yang sengaja di tenggelamkan untuk menjaga kelestarian ekosistem bawah laut.

4. Underwater Archaeological Park of Baia, Italia

museum bawah laut di dunia Underwater Archaeological Park of Baia, Italia

Beralih ke Italia. Kamu bisa mampir ke Underwater Archaeological Park of Baia. Tepatnya berada di Via Laacullo, museum ini memberikan pengalaman berbeda di mana kamu akan melihat sisa reruntuhan resort yang terkenal pada masa kekaisaran romawi.

Resort kuno yang populer itu tenggelam yang di akibatkan oleh letusan gunung Vesuvius.

5. M.U.S.A. (Museo Subacuático de Arte), Mexico

museum bawah laut di dunia M.U.S.A. (Museo Subacuático de Arte), Mexico

Berlokasi di Meksiko, museum bawah laut ini menjadi yang terbesar di dunia. Selain itu Museo Subacuatico de Arte berada di kedalaman 9 meter laut daerah Cancun.

Berbagai koleksi patung karya seniman ternama dunia berbaris indah di dalamnya hingga berjumlah ratusan. Selain itu museum ini juga mengusung konsep untuk melestarikan lingkungan laut.

6.  Atlantico Lanzarote, Spanyol

museum bawah laut di dunia Atlantico Lanzarote, Spanyol

Menjadi salah satu museum bawah laut pertama yang ada di Eropa. Kamu bisa mengunjungi museum Atlantico Lanzarote yang berada di Spanyol.

Tepatnya berada di daerah perairan samudera Atlantik yakni Cagar Biosfer Unesco Lanzarote. Museum ini memiliki ratusan karya dari seniman ternama yang berasal dari United Kingdom yakni Jason deCaires Taylor.

Selain itu koleksi yang ada di dalamnya juga terbuat dari beton yang ramah lingkungan untuk sekaligus di jadikan ekosistem baru di bawah laut.

7. Underwater military aqaba, Yordania

museum bawah laut di dunia Underwater military aqaba, Yordania

Kamu bisa mengunjungi museum bawah laut Underwater Military Museum Aqaba yang berlokasi di Yordania. Di mana museum ini merupakan museum militer yang di bangun oleh pemerintah Yordania.

Di dalamnya kamu akan menemukan beberapa kendaraan militer yang sebelumnya sengaja ditenggelamkan. Bahkan kendaraan yang ada didalamnya juga disusun dengan rapih hingga serupa dengan formasi pertempuran.

Baca Juga:  7 Kastil Terbesar Di Dunia Untuk Kamu Jelajahi

8. Parthenon of Underwater, Yunani

museum bawah laut di dunia Parthenon of Underwater, Yunani

Yunani memiliki museum bawah laut yang populer yakni Parthenon of Underwater Museum. Selain itu museum ini juga menjadi museum bawah laut pertama yang ada disana. Saat berkunjung nantinya kamu akan melihat banyak barang bersejarah yang ada dimasa lalu.

Selain itu kamu juga bisa menemukan bangkai kapal yang penuh dengan amphorae yang sudah ada sejak abad ke 5.

Hanya saja museum ini berlaku untuk penyelam yang sudah profesional dan bersertifikat.

Nah itulah beberapa museum bawah laut yang populer dan penuh sejarah di dunia. Berlibur ke museum bawah laut tentunya akan memberikan pengalaman berbeda saat berwisata.***