Daya Tarik dan Aktivitas Wisata Sanggaluri Park Purbalingga

Sanggaluri Park Purbalingga – Sanggar Luru Ilmu Sanggaluri Park adalah taman hiburan yang terletak di Purbalingga yang berfungsi sebagai wisata edukasi flora dan fauna. Ini di bangun di atas lahan seluas 3,5 hektar. Taman rekreasi yang menawarkan wahana yang kombinasi rekreasi alam dan pendidikan. Wisata Sanggaluri Park sebelumnya di kenal sebagai Taman Reptil Purbalingga. Taman ini adalah bagian dari grup Owabong, yang juga memiliki Owabong Waterpark.

Lokasi, Harga Tiket, dan Jam Operasional

Sanggaluri Park beralamatkan di Jalan Raya Taman Reptile, Dusun II, Kutasari, Purbalingga, Jawa Tengah, Indonesia, 53361. Harga tiket ke taman reptil ini cukup murah. Pengunjung hanya perlu membayar Rp18.000–Rp23.000 untuk berkeliling dan menikmati taman. Taman rekreasi buka setiap hari, minggu dan akhir pekan, dari pukul 8:00 pagi hingga 4:00 sore.

Daya Tarik dan Wahana Sanggaluri Park Purbalingga

Tempat rekreasi ini menawarkan banyak aktivitas menarik bagi pengunjung, seperti melihat keragaman reptil, museum uang, dan museum wayang, antara lain. Berikut ini adalah beberapa wahana dan aktivitas yang dapat Anda lakukan.

1. Taman Reptil dan Isek

Tempat ini menampilkan berbagai jenis reptil yang masih hidup, baik yang berasal dari Indonesia maupun dari luar negeri. Tentu saja, reptil-reptil ini aman dan jinak, dan pawang yang bertugas menjaga mereka. Pengunjung di izinkan untuk berinteraksi dan mengambil foto dengan reptil langsung selain melihatnya dari dalam kandang. Kumbang dan kupu-kupu berwarna-warni juga di simpan dalam lemari kaca. Ada yang menghiasi peta Indonesia juga. Ini bertujuan untuk menunjukkan di mana kupu-kupu berasal.

Selain itu, kelompok kumbang memiliki berbagai bentuk yang menarik. Spesimen-spesimen di letakkan tegak di dinding dan lemari, sehingga mudah bagi pengunjung untuk melihatnya dan berfoto dengannya.

2. Museum Wayang dan Artefak

Sanggaluri Park tidak hanya ingin belajar, tetapi juga ingin mempertahankan kearifan lokal. Di sini, pengunjung dapat melihat bentuk bangunan yang megah dan mengagumkan. Di dalamnya terdapat sejumlah wayang, alat pengiring pertunjukan, dan berbagai pakaian tradisional Purbalingga.

3. Taman Burung

Wisatawan dapat berjalan santai di Taman Burung dan melihat berbagai jenis burung yang ada di Indonesia.

4. Museum Uang

Museum ini memiliki banyak mata uang dari banyak negara. Uang Won Korea, Euro, dan sebagainya di tampilkan di lemari kaca. Uang logam dan kertas ada juga. Koleksi uang yang berlaku di Indonesia berlangsung dari jaman kerajaan hingga masa penjajahan Belanda dan Jepang.

5. Labirin Kaca

Wisatawan di sini di ajak bermain telusur jejak, mencari jalan keluar melalui labirin kaca cermin. Mereka di buat bingung dengan pantulan bayangannya sendiri di setiap cermin di depan, belakang, dan kiri kanan.

6. Kereta Mini

Kekuatan kereta api mini terdiri dari satu gerbong dan empat lokomotif. Setiap gerbong rangkaian membawa empat anak, dengan dua anak di lokomotif. Wahana ini menjadi favorit anak-anak sejak di luncurkan.

7. Taman Bermain Anak

Taman ini memiliki banyak aktivitas permainan yang dapat di lakukan, seperti berinteraksi dengan ular dan belajar menjinakkan ular. Wisatawan juga dapat menikmati gigitan ikan yang lembut pada kaki mereka. Selain itu, ada Taman Lalu Lintas, Istana Balon, Kuda Tunggang, Arena Trampolin, Kuda Berkuda, Arena Trampolin, Flying Fox, Corousel, Gasebo Semar, Herbal Garden, Rumah Dongeng, Wahana Profesi, Rumah Kaca, Tempat Bermain Anak-Anak, Taman Buah, Lapangan Permainan, Pet Barn, Jet Coaster, Puri Misteri, dan Rumah Boneka.

Selain itu, Sanggaruri Park menawarkan berbagai paket edukasi kegiatan luar ruangan. Beberapa di antaranya adalah pengawetan serangga, anatomi dan pembuatan, dan klasifikasi antropodha dan reptilia.

Fasilitas Wisata Sanggaluri Park Purbalingga

Wisatawan memiliki semua fasilitas yang diperlukan. Ada beberapa gazebo di mana pengunjung dapat bersantai dan bersantai sambil melihat Gunung Slamet dari kejauhan jika cuaca cerah.

Baca Juga :

***