Cityawesome.com – Fakta unik kepulauan Nusa Penida. Indonesia merupakan negara kepulauan dengan keindahan yang menakjubkan. Oleh karenanya tidak jarang wisatawan asing banyak yang datang kesini. Selain itu Indonesia juga terkenal dengan penduduknya yang ramah.

Namun berbicara mengenai pulau. Di sini kita akan membahas tentang Nusa Penida, yang termasuk pulau di wilayah Bali dan menjadi destinasi pilihan yang banyak di kunjungi. Saat berkunjung kesana nantinya kamu akan di manjakan dengan keindahan ekosistem bawah laut yang membuat siapapun menjadi betah saat berlibur kesana.

Berikut ini beberapa fakta unik mengenai pulau Nusa Penida untuk kamu ketahui. dan kunjungi setidaknya sekali semumur hidup.

1. Memiliki keindahan ekosistem bawah laut yang menawan

Memiliki keindahan alam yang memukau, tentu saja hal tersebut beriringan dengan keindahan pesona bawah laut di dalamnya. Di mana saat berkunjung kesana kamu akan menikmati keindahan di berbagai spot foro yang cukup populer seperti Manta Bay, Christa Bay, Buddha Bay.

2. Sangat aman dari tindak kejahatan

Untuk kamu yang belum tahu, Nusa Penida merupakan pulau kecil yang masih berada di wilayah Bali. Namun yang membuat pulau ini menjadi spesial adalah tingkat kriminalitas di sana terbilang cukup rendah atau bahkan tidak ada sama sekali.

Selain itu sebagian besar penduduk Nusa Penida sangat memiliki kesadaran dalam menjaga keindahan dan kenyamanan bagi para wisatawan. Dengan begitu, tempat ini sangat cocok untuk kamu kunjungi tanpa khawatir hal buruk akan terjadi.

3. Menjadi penghasil Bio Energi PLTA

fakta unik nusa penida

Selain menjadi pusat keindahan alam yang memukau. Nyatanya Nusa Penida sendiri merupakan penghasil Bio Energi untuk diubah menjadi aliran listrik tegangan tinggi yaitu Pembangkit Listrik Tenaga Angin.

Baca Juga:  6 Daftar Negara Makmur Yang Menetapkan Bebas Pajak

Dengan begitu Nusa Penida sendiri di harapkan bisa memasok tenaga listrik di berbagai wilayah Nusa Penida.

4. Menjadi pulau yang menghasilkan rumput laut langka

Fakta unik lainnya yang ada pada pulau kecil satu ini adalah di mana Nusa Penida menjadi salah satu penghasil laut yakni rumput laut. Bahkan di kabarkan juga bahwa mereka menjual rumput laut yang sangat langka yakni Spinosum dengan harga tinggi.

Untuk kamu ketahui, terdapat berbagai faktor yang memberikan dampak harga tinggi dan kualitas import lebih di sukai.

5. Lokasi yang strategis sehingga aman dari banjir maupun tsunami

fakta unik nusa penida

Fakta unik lainnya yang ada pada pulau Nusa Penida adalah wilayahnya yang cukup aman dari bencana alam banjir hingga tsunami. Hal tersebut di karenakan Nusa Penida sendiri terbentuk dari endapan kapur yang kokoh.

Selain itu Nusa Penida juga memiliki daerah yang berbukit – bukit sehingga jarang terjadi bencana alam seperti banjir dan juga tsunami.

6. Menjadi incaran para investor asing

Menjadi tempat yang populer dengann keindahann alamnya. Tidak jarang pulau ini menjaadi incaran bagi para investor asing. Hal tersebut di karenakan pulau ini masih belum tersedia hotel yang justru menjadi peluang yang bagus bagi para investor.

Oleh karenanya Nusa Penida di harapkan bisa menjadi aset wisata milik Indonesia yang lengkap dengan berbagai fasilitas seperti hotel, restaurant, hingga alat transportasi agar bisa lebih memudahkan para wisatawan yang ingin berkunjung.

Nah itulah beberapa fakta unik dari pulau Nusa Penida untuk kamu ketahui. Pastikan kamu berkunjung kesana dan menikati keindahan alam yang memukau di salah satu pulau kecil terindah di Indonesia ini yaitu Nusa Penida.***