Wisata gunung merapi

Mau liburan ke wisata Gunung Merapi tapi nggak tahu info apapun? Coba kamu cek informasi tentang harga tiket, rute perjalanan, serta wahana wisata yang ada di Gunung Merapi berikut ini. Dengan memakai panduan informasi ini akan membantu kamu menyusun rencana untuk liburan ke wisata Merapi. 

Harga Tiket Masuk (HTM) ke Gunung Merapi

Tiket masuk wisata gunung merapi

Sudah sejak lama aturan untuk masuk ke kawasan Gunung Merapi harus menggunakan tiket masuk. Sejak Gunung Merapi berubah statusnya menjadi kawasan wisata, maka pemberlakuan harga tiket masuk pun berlaku buat para wisatawan yang mau berkunjung. 

Harga tiket masuk ke kawasan gunung aktif yang ada di Jawa Tengah ini mulai dari 350 ribu rupiah per orang. Dengan mengantongi tiket masuk, kamu bebas menikmati wahana-wahana yang tersedia di gunung ini. Sedangkan untuk anak kecil yang mau memasuki kawasan wisata Merapi nggak akan terkena biaya masuk. 

Pengunjung atau wisatawan yang mau masuk ke kawasan Gunung Merapi harus mengantri sejak pukul 04.30 WIB. Jika kamu datang lebih awal, kamu harus menunggu beberapa waktu hingga jam operasionalnya buka. 

Rute Perjalanan ke Wisata Gunung Merapi

Karena wisata Gunung Merapi ini terletak di daerah Jawa Tengah, maka opsi rute perjalanan yang bisa kamu lewati adalah dari jalur ini. Kamu bisa memilih lewat jalur Jawa Tengah, Sleman, atau Yogyakarta. 

Untuk menuju lokasi wisata ini, kamu bisa mengaksesnya dengan kendaraan pribadi atau kendaraan khusus pariwisata. Sebab, jalur yang terbuka untuk kendaraan-kendaraan besar cukup untuk dilewati hingga ke kawasan kaki gunung Merapi. 

Wahana Wisata di Sekitar Merapi

Wahana sekitar merapi

Rencanakan liburan kamu ke wisata Gunung Merapi mulai dari sekarang. Sebab, di kawasan gunung tertinggi di Jawa Tengah ini memang seru dan berkesan. Kamu bisa menikmati pemandangan alam yang ada di gunung ini. 

Baca Juga:  6 Suku Adat Indonesia : Dengan Budaya Yang Kental Dan Mendunia

Kalau bosan, kamu juga bisa menikmati wahana wisata yang ada di sekitarnya. Mulai dari wisata tour jeep, pemandangan batu alien, Bunker Kaliadem, Museum Sisa Hartaku, dan The Lost World Castle. 

1. Tour Jeep

Suka liburan yang ekstrim? Maka kamu harus mencoba wisata tour jeep yang ada di wahana sekitar Gunung Merapi. Naiklah ke atas jeep, lalu lewati medan jalanan yang berkelok-kelok dengan kerikil yang berada dengan roda ban jeep. 

Wisata Lembah Indah Gunung Kawi yang Hits di Malang

Selama tour jeep, kamu nggak boleh menyetir sendiri karena medannya cukup ekstrim. Masing-masing wisatawan akan mendapatkan satu guide untuk menyetir selama bermain di arena menuju Gunung Merapi yang berliku. 

2. Batu Alien

Beberapa destinasi wisata unik yang ada di sekitar Merapi adalah Batu Alien. Pemandangan batu raksasa ini menjadi saksi dari dampak bencana erupsi Gunung Merapi beberapa tahun silam. 

Pemberian nama alien untuk batu ini berasal dari bentuk batunya yang berlekuk-lekuk hingga menyerupai wajah alien. Karena bentuknya yang aneh inilah, batu ini kemudian dijuluki sebagai batu alien. 

3. Museum Sisa Hartaku

Bila kamu ingin mengenang sejarah erupsi Gunung Merapi yang dahsyat, kamu bisa berkunjung ke wahana Museum Sisa Hartaku. Di museum ini terdapat barang-barang bekas peninggalan semasa terjadi erupsi Merapi beberapa tahun lalu. 

Selama berkunjung ke museum ini, kamu bisa mengambil nilai-nilai moral yang cukup banyak. Kamu akan belajar arti bersyukur dan memaknai waktu dengan baik. Sebab, efek erupsi Merapi ini memang telah mengambil banyak hal, mulai dari harta benda hingga nyawa manusia. 

4. The Lost Castle World 

Nah, kalau wahana wisata yang satu ini cocok buat anak-anak kecil. Kamu yang punya anak kecil tapi ingin berlibur ke Gunung Merapi wajib mampir ke wahana wisata The Lost Castle World. 

Baca Juga:  Liburan Murah Akhir Tahun Ada Di 7 Kota Ini, Jangan Ketinggalan!

Di tempat wisata ini kamu bisa mengajak anak-anak untuk bermain sebebasnya. Selain itu, kamu juga bisa mengambil dan mengoleksi banyak foto untuk menjadi kenang-kenangan selama berlibur ke Merapi.