Pasar Terapung Banjarmasin

Tahukah kamu, di Indonesia ada lokasi pasar unik bernama Pasar Terapung Banjarmasin. Berbeda dari jenis pasar yang lainnya, pasar apung ini terletak di atas permukaan air laut yang tenang. Para pedagang yang berjualan pun menjajakan dagangan mereka dari atas perahu berukuran medium. 

Penasaran dengan lokasi dan keunikan pasar apung ini? Kamu bisa pergi ke Banjarmasin untuk berbelanja di pasar apung. Namun, sebelum kamu mendatangi lokasi pasarnya, lakukan tips berikut ini saat berencana belanja ke pasar apung. 

Bangun Sejak Dini Hari

Menurut jam operasionalnya, pasar terapung ini buka setiap hari sekitar pukul 6 pagi sampai dengan pukul 8 pagi. Karena pasar ini buka di pagi hari, maka usahakan untuk datang ke lokasi sebelum jam operasionalnya buka. 

Kamu bisa bangun mulai sejak dini hari untuk bersiap-siap. Selain itu, kamu juga harus mempertimbangkan estimasi waktu tempuh agar tiba di lokasi pasar dalam waktu yang masih pagi. Biasanya, rata-rata waktu tempuh perjalanan menuju pasar terapung ini adalah sekitar 1 jam. 

Namun, jika kamu bangun terlalu siang, kamu tetap bisa datang dan berbelanja di pasar ini kok. Sebab, ada pasar terapung yang buka mulai sejak siang hari. Sayangnya, pasar terapung di siang hari ini khusus buka untuk akhir pekan saja. 

Naik Kapal ke Pasar Terapung Banjarmasin

Naik perahu ke Pasar Terapung Banjarmasin

Untuk sampai di Pasar Terapung Banjarmasin, moda transportasi yang kamu gunakan tidak boleh sembarangan. Kamu tidak bisa mengendarai kendaraan roda empat atau roda dua untuk tiba di lokasi pasar. 

Setidaknya, pakailah moda transportasi berupa kapal untuk mengantarkan kamu sampai di lokasi tujuan. Karena pasar ini terletak di permukaan air, maka jenis transportasi yang kamu pakai juga harus menyesuaikan dengan karakteristik pasarnya. 

Baca Juga:  6 Villa Terbaik di Batu Malang dengan Fasilitas Private Pool

Waktu estimasi yang kamu butuhkan untuk sampai di lokasi pasar dengan menaiki kapal adalah sekitar 40 menit saja. Satu unit kapal biasanya bisa membawa penumpang maksimal sebanyak 20 orang. 

Selalu Sedia Uang Kecil

Berbelanja di pasar terapung bukan cuma unik, tapi juga lengkap. Bayangkan saja, di atas perahu para berukuran medium, kamu bisa membeli berbagai macam kebutuhan pangan dari pedagang yang berjualan. 

Jenis-jenis kebutuhan pangan yang dijual di pasar ini mulai dari sayur-sayuran, kue, mainan, buah, dan lain sebagainya. Harga jualnya pun cukup terjangkau dan ramah untuk isi dompet kamu. Karena itu, sediakan uang recehan untuk bertransaksi di pasar apung ini.  

Jajal Naik Perahu di Pasar Terapung Banjarmasin

Belanja di pasar apung

Salah satu hal unik yang bisa kamu lakukan saat belanja di Pasar Terapung Banjarmasin adalah ikut naik ke atas perahu. Bahkan, kamu juga bisa ikut menjajakan dagangan para pedagang dan ikut berkeliling di atas perahu. 

Sayangnya, aktivitas seru ini cuma bisa dilakukan oleh satu orang. Sebab, spot yang tersisa di atas perahu biasanya hanya muat untuk menampung satu orang saja. Posisi duduknya pun harus berada di ujung kapal jika kamu mau benar-benar ikut. 

Keseruan Berburu Barang Antik di Pasar Triwindu Solo

Ambil Foto Sebanyak-banyaknya

Karena keunikannya, tentu kamu harus mengabadikan momen berharga seperti ini dengan mengambil foto sebanyak-banyaknya. Momen naik perahu di pasar apung bisa menjadi momen unik yang tidak bisa kamu temukan di daerah manapun. 

Karena itu, abadikan momen selama kamu berbelanja di pasar apung ini dengan memotret foto sebanyak-banyaknya. Berfori di pasar apung ini bisa menimbulkan kesan estetik yang unik. Setelah itu, unggah foto tersebut di postingan media sosial kamu. 

Baca Juga:  5 Tempat Wisata di Kepulauan Seribu yang Populer : Wajib di Kunjungi !

Baca Juga :

***