Cityawesome.com – 7 Makanan khas Banjarmasin yang lezat dan populer. Banjarmasin menjadi kota dengan julukan seribu sungai. Selain itu kota ini juga berdiri dengan sejarah kerajaan yang cukup melegenda dan populer.

Selain banyak sungai yang bisa kamu temui di sana, ada beragam makanan khas yang juga tidak tertinggal dengan budaya Banjar.

Kamu yang ingin berkunjung kesana, pastikan tidak ketinggalan untuk mencicipi aneka hidangan favorit yang khas dengan rasa yang bisa di ajak bersaing.

Nah untuk kamu yang penasaran, berikut ini 7 makanan khas Banjarmasin yang sangat sayang untuk dilewatkan.

1. Bingka

1. Bingka

Termasuk dalam camilan yang sekaligus bisa di jadikan oleh – oleh khas Banjarmasin. Bingka memiliki rasa yang manis dan lembut. Hanya saja teksturnya yang sedikit berlemak. Terbuat dari adonan tepung terigu, dan santan, makanan ini tidak boleh terlewat dari list makanan khas Banjarmasin yang ingin kamu cicipi.

2. Ketupat Kandangan

2. Ketupat Kandangan

Menjadi salah satu kuliner khas sekaligus terfavorit di Banjar. Ketupan Kandangan bisa kamu cicipi dengan campuran potongan ikan haruan yang di asap. Kelezatan makanan yang satu ini juga tentunya membuat siapapun yang mencicipinya menjadi ketagihan.

Tidak hanya ikan haruan, variasi lain dari campuran ketupat kandangan adalah berupa ikan patin maupun ikan gurame yang sudah di asap.

3. Manday

3. Manday

Makanan lainnya yang patut untuk dinikmati adalah Manday. Menjadi makanan khas Banjarmasin yang terbuat dari kulit cempedak. Di mana kulit tersebut sudah di awetkan dalam waktu yang cukup lama dengan di campur garam dan di biarkan dalam wadah tertutup.

4. Nasi Itik Gambut

4. Nasi Itik Gambut

Kuliner khas Banjarmasin lainnya yang tidak boleh di tinggalkan adalah Nasi Itik Gambut. Menjadi makanan dengan citarasa yang gurih dan nagih. Kamu akan menikmati olehan itik yang di masak dengan bumbu khas Banjar hingga menghasilkan daging yang sama sekali tidak keras.

Baca Juga:  Review Tempat Nongkrong Waroeng Sumringah di Pasuruan

Selain itu, citarasa bumbu kuliner yang satu ini juga nampaknya tidak di buat asal – asalan. Hal tersebut di karenakan rasa daging yang menyerap bumbu hingga menghasilkan rasa yang sulit untuk di lupakan.

5. Sambal Acan

7 makanan khas banjarmasin Sambal Acan

Untuk kamu yang pecinta makanan pedas, pastikan untuk tidak ketinggalan dengan makanan khas Banjarmasin yang satu ini. Sambal acan menjadi menu pelengkap untuk menambah kenikmatan rangkaian kuliner khas kota Banjar.

Biasanya Sambal Acan di buat dengan mencampurkan buah – buahan di dalamnya untuk meningkatkan citarasa yang tidak kalah nikmat seperti mangga asam, gandaria, bahkan hingga binjai.

Kamu juga bisa menikmati sambal Acan dalam bentuk botolan untuk dijadikan oleh – oleh saat berkunjung ke kota yang satu ini.

Biasanya manday di olah dengan cara di goreng. Selain itu, semakin lama kulit cempedak di awetkan, maka akan semakin lezat juga rasa yang di hasilkan.

6. Sop Mutiara

7 makanan khas banjarmasin Sop Mutiara

Menjadi salah satu makanan khas Bannjarmasin yang juga sayang untuk dilewatkan. Sop Mutiara sangat direkomendasikan untuk dinikmati terutama saat musim hujan tiba. Selain itu, sop mutiara ini terbuat dari olahan daging ayam yang di giling menyerupai bakso.

Namun tidak sepeti sop pada umumnya, sop mutiara menggunakan kuah yang terbuat dari susu dan menghaasilkan rasa yang gurih dan lezat.

7. Soto Banjar

7 makanan khas banjarmasin Soto Banjar

Berbicara soal kota Banjarmasin, sangat aneh rasanya jika tidak menyebutkan Soto Banjar sebagai salah satu makanan khasnya. Soto yang menggunakan olahan daging ayam sebagai bahan utamanya ini memiliki cita rasa yang sangat nikmat dari yang di bayangkan.

Selain itu biasanya soto Banjar juga di lengkapi dengan perkedel dan teelur sebagai pelengkap kenikmatan makanan khas yang satu ini.

Baca Juga:  8 Minuman Khas Kalimantan Selatan Yang Unik dan Populer

Itulah beberapa makanan khas Banjarmasin yang harus di nikmati saat berkunjung kesana. Pastikan kamau tidak melewatkannya saat sedang berkunjung kesana.***