Cityawesome.com – Persyaratan naik kereta api. Kereta api menjadi salah satu akomodasi terfavorit bagi kebanayakan penumpang. Di bandingkan bus dan akomodasi darat lainnya, Kereta Api memiliki akses jalan khusus sehingga kamu tidak akan terjebak macet selama perjalanan.

Sejak masa pandemi Covid19, aturan naik kereta api sudah tidak sama seperti sebelumnya. Ada beberapa aturan yang wajib kamu penuhi untuk bisa naik kereta api.

persyaratan naik kereta api

Pada artikel kali ini akan di bahas mengenai update terbaru naik kereta api KAI untuk kamu ketahui. Selain itu update terbaru ini di dapatkan dari informasi resmi PT. KAI Persero pada Agustus 2022 hingga kedepannya.


Tips dan persayaratan terbaru naik kereta api KAI

PT. KAI merupakan singkatan dari Kereta Api Indonesia. Mengharuskan semua penumpang untuk mematuhi semua aturan yang ada untuk bisa menikmati perjalanan menggunakan kereta api. Berikut beberapa aturannya :

persyaratan naik kereta api

1. Vaksinasi

Untuk melakukan perjalanan domestik, penumpang di haruskan untuk menunjukkan sertifikat vaksin minimal dosis 3. Sehingga penumpang yang belum melakukan vaksin dosis ketiga tidak di perkenankan untuk melakukan perjalanan menggunakan kereta api.

Namun khusus penumpang yang mengidap penyakit komorbid sehingga tidak bisa menerima vaksin, maka di haruskan untuk menyertakan surat keterangan dokter.

Nantinya apabila penumpang sudah menunjukkan seritifikat vaksin hingga dosis ke 3 maka sudah tidak perlu lagi untuk menunjukkan rapid antigen maupun PCR negatif covid.

Selain itu pihak PT. KAI juga menyediakan layanan rapid tes antigen dan PCR untuk penumpang yang ingin melakukan perjalanan jauh. Bahkan lebih dari itu, PT. KAI juga menyediakan gerai vaksinasi ke 3 di beberapa stasiun.

2. Kesehatan penumpang

Penumpang yang ingin melakukan perjalanan menggunakan kereta api harus dalam keadaan sehat. Selain itu sedang tidak menderita flu, batuk, dan demam. Nantinya suhu tubuh juga akan di lakukan pemeriksaan sehingga tidak boleh lebih dari 37,3 derajat celcius.

Baca Juga:  Staycation Seru Hemat Budget Dengan Mengikuti Tips Dibawah Ini !

Selain itu semua penumpang di wajibkan untuk menggunakan masker selama perjalanan. Dan sebaiknya untuk menggunakan jaket atau pakaian lengan panjang.

3. Penumpang anak

Untuk penumpang anak yang berusia dibawah 6 tahun tetap di perbolehkan naik kereta api dengan dampingan orang tua. Selain itu anak juga harus memenuhi syarat vaksinasi ataupun hasil tes negatif Covid.


Larangan saat naik kereta api

Dalam aturan PT. KAI, ada beberapa hal yang tidak di perbolehkan selama melakukan perjalanan menggunakan kereta api. Yang pertama adalah tidak di perkenankan untuk berbicara dan mengobrol baik melalui telepon atau secara dua arah selama perjalanan.

persyaratan naik kereta api

Larangan yang kedua adalah penumpang tidak di perkenankan untuk makan atau minum pada perjalanan kereta api dekat atau kurnag dari 2 jam. Hanya saja larangan ini di kecualikan untuk penumpang yang harus mengkonsumsi obat-obatan tertentu.


Nah itulah beberapa tips dan persyaratan terbaru untuk naik kereta api. Sebelum memilih kereta api untuk akomodasi perjalanan darat, pastikan kamu sudah memenuhi syarat yang diberikan. Selain itu usahakan untuk datang lebih awal ke stasiun paling tidak 1 hingga 2 jam sebelum keberangkatan.

Hal ini dikarenakan petugas akan melakukan verifikasi data terlebih dahulu sebelum semua penumpang masuk dalam kereta api.

Baca Juga :

***

Baca Juga:  7 Cara Menentukan Tujuan Liburan Anda