Cityawesome.comWisata Tangkuban Perahu merupakan salah satu objek wisata yang cukup populer dan selalu di kunjungi oleh banyak wisatawan. Berlokasi di Jawa Barat, Tangkuban Perahu menyimpan daya tariknya tersendiri sehingga menjadi alasan banyak orang untuk datang.

Tangkuban Perahu sendiri sebenarnya adalah gunung dengan ketinggian 1.084 Mdpl. Di mana gunung ini terkenal akan legenda Sangkuriang yang jatuh cinta kepada ibunya sendiri yakni Dayang Sumbi.

wisata tangkuban perahu

Menurut legenda tersebut mengisahkan bahwa Tangkuban Perahu tidak lain adalah perahu yang terbalik akibat Sangkuriang marah karena tidak bisa memenuhi syarat yang di berikan oleh Dayang Sumbi untuk bisa menikahinya.

Jika kamu sudah mengenal akan legenda dari Tangkuban Perahu itu sendiri, selanjutnya akan di berikan informasi mengenai daya tarik wisata Tangkuban Perahu serta harga tiket terbarunya. Dengan begitu Tangkuban Perahu bisa menjadi referensi untuk kamu yang bingung mencari objek wisata menarik.


Daya tarik wisata Tangkuban Perahu

Gunung Tangkuban Perahu berlokasi di Provinsi Jawa Barat tepatnya sekitar 20 KM dari utaranya kota Bandung. Jika di lihat dari segi administratifnya, gunung ini berada di 2 wilayah sekaligus yakni Kabupaten Bandung Barat dan Subang.

wisata tangkuban perahu

Keindahan pemandangan alam sekitar menjadi daya tarik bagi semua wisatawan. Oleh karenanya jangan kaget jika kamu melihat banyak turis yang penasaran dan tertarik berkunjung ke wisata gunung Tangkuban Perahu ini.

Jika kamu menyukai aktifitas wisata alam, Gunung Tangkuban Perahu juga menyediakan Outbond untuk bisa kamu ikuti bersama teman dan keluarga.


Harga tiket terbaru objek wisata Gunung Tangkuban Perahu

Jika kamu tertarik untuk mengunjungi objek wisata ini, tentunya ada tarif tiket yang harus di bayarkan. Selain itu harga tiket juga cenderung bervariasi tergantung pada wisatawan dan jam operasional apakah hari biasa atau hari libur. Adapun rincian harga tiket wisata Tangkuban Perahu adalah :

Baca Juga:  Panduan Masuk Pinisi Resto & Glamping Lakeside¬†
KategoriWeekdayWeekend
Wisatawan Lokal / orangRp 20 ribuRp 30 ribu
Wisatawan Asing / orangRp 200 ribuRp 300 ribu
Kendaraan roda 2 (Motor) / unitRp 12 ribuRp 17 ribu
Kendaraan roda 4 (Mobil) / unitRp 25 ribuRp 35 ribu
Kendaraan Roda 6 (Bus) / unitRp 110 ribuRp 150 ribu
Sepeda / unitRp 7 ribuRp 10 ribu

Selain itu kamu juga akan bisa memanfaatkan jasa angkutan ontang-anting atau shettle bus dengan tarif sebesar Rp 7 ribu perorang. Wisata Tangkuban Perahu di buka setiap hari mulai pukul 08.00 sampai dengan 17.00 WIB.


Keindahan kawah Tangkuban Perahu

Kawah menjadi pusat dari semua daya tarik yang ada di Tangkuban Perahu. Selain itu gunung yang satu ini memiliki beberapa kawah yang menarik untuk dikunjungi yakni :

wisata tangkuban perahu

1. Kawah Ratu

Menjadi kawah utama yang ada di wisata Tangkuban Perahu. Kawah Ratu memiliki ukuran yang sangat luas dengan kedalaman sekitar 500 meter. Selain itu Kawah Ratu sendiri meletus pertama kali pada tahun 2019.

Namun yang membuatnya menarik adalah di mana kamu bisa langsung memarkirkan kendaraan di bibir kawah. Dengan begitu kamu tidak perlu bersusah payah jalan kaki menuju kawah.

2. Kawah Upas

Merupakan kawah yang memiliki keindahan mengagumkan. Di mana terdapat hamparan pasir putih yang indah dengan air jernih kebiruan.

Untuk bisa menuju Kawah Upas di sarankan untuk kamu menggunakan jalan di area Kanan. Selain itu pengunjung juga dilarang untuk turun ke kawah karena di anggap berbahaya.

3. Kawah Domas

Rekomendasi kawah lainnya yang bisa di jadikan pilihan adalah Kawah Domas. Di mana kawah ini memiliki beberapa kolam air panas alami yang mengandung belerang. Nantinya kamu bisa berendam baik di lumpur atau di beberapa kolama yang tersedia.

Baca Juga:  Harga Tiket Terbaru dan Wahana Waterpark Mulia Wisata Kudus

Baca Juga :

***