Cityawesome.com – Wisata Gunung Kidul. Yogyakarta menjadi salaah satu daerah tujuan wisata favorit di Indonesia. Hal ini di karenakan banyaknya objek wisata menarik yang sangat saya untuk di lewatkan. Tidak hanya Malioboro yang populer, wisata Gunung Kidul juga tidak kalah populer dan selalu ramai oleh kedatangan wisatawan.

Lokasi Gunung Sendiri berada di bagian tenggara Yogyakarta. Keindahan alam sekitarnya tentu akan membuat siapapun terpukau.

Nah untuk kamu yang penasaran dan ingin berkunjung ke Gunung Kidul. Berikut ini beberapa rekomendasi wisatanya yang bisa kamu jadikan pilihan.

1. Air Terjun Sri Gethuk

Serupa dengan air terjun pada umumnya. Air Terjun Sri Gethuk yang berada di Gunung Kidul tentu akan sayang untuk dilewatkan. Di mana terdapat 3 sumber mata air yang berkumpul jadi 1 hingga menjadi air terjun yang mempesona.

1. Air Terjun Sri Gethuk

Selain itu banyak juga aktifitas yang bisa kamu lakukan mulai dari lompat tebing. menyewa rakit, atau hanya sekedar berenang. Harga tiket yang di tetapkan pada wisata air terjun ini adalah Rp 15 ribuan perorang.

2. Bukit Pengilon

Kamu bisa memilih Bukit Pengilon untuk menghabiskan waktu berlibur di Gunung Kidul. Selain itu Bukit Pengilon sendiri tidak lain adalah pantai yang muaranya adalah sebuah bukit. Bahkan lebih dari itu, bukit yang ada juga di lengkapi dengan hamparan rumput yang luas.

2. Bukit Pengilon

Saat berada di puncak Bukit Pengilon, nantinya kamu akan bisa menikmati keindahan pantai yang membuat siapapun menjadi betah. Bahkan kamu juga bisa berkemah di sana dengan membayar uang keamanan sebesar Rp 20 ribuan pertenda.

3. Gua Jomblang

Merupakan gua vertikal yang akan membawamu memacu adrenalin. Bagaimana tidak untuk bisa masuk ke gua Jomblang, kamu di haruskan untuk bisa turun ke bawah dengan perjalananan yang cukup ekstrim. Meskipun begitu, kamu tidak perlu khawatir karena akan ada alat pengaman yang di pakaikan dalam tubuh.

3. Gua Jomblang

Saat berada di dalam Gua, kamu akan merasakan suasana yang unik dan berbeda serta dengan keadaan gua yang subur. Namun untuk masuk dalam gua dengan pengaman dan pendamping, kamu harus membayar tiket sekitar Rp 450 ribuan hingga Rp 1 jutaan perorang.

Baca Juga:  Liburan Akhir Tahun Yang Aman Di Tengah Pandemi, Jangan Lupakan Ini!

4. Gunung Api Purba Nglanggeran

Gunung yang satu ini bahkan sudah ada sejak 60 hingga 70 juta tahun yang lalu. Kamu bisa menjadikan gunung api purba Nglanggeran sebagai rekomendasi wisata sekitar Gunung Kidul. Selain itu gunung ini juga sudah tidak aktif lagi sehingga kamu akan bisa mendaki dengan aman.

4. Gunung Api Purba Nglanggeran

Untuk masuk ke daerah Gunung Api Purba Nglanggeran nantinya kamu akan di kenakan biaya sekitar Rp 20 ribuan saat malam dan Rp 15 ribuan saat siang.

5. HeHa Sky View

Rekomendasi wisata Gunung Kidul lainnya yang menarik untuk dikunjungi adalah HeHa Sky View. Merupakan objek wisata yang di lengkapi dengan spot foto kekinian sehingga banyak di buru oleh kaum Milenial.

wisata gunung kidul HeHa Sky View

Tidak hanya itu saja, HeHa Sky View juga menyediakan resto untuk kamu sekedar bersantai. Selain itu di sana juga terdapat beberapa spot foto berbayar yang berkisar mulai dari Rp 10 ribu hingga Rp 30 ribuan per orang. Namun harga tersebut sudah termasuk dengan fotografer.

6. Hutan Pinus Pengger

Merupakan salah satu wisata hutan pinus yang terbilang cukup populer. Wisata ini di lengkapi dengan berbagai spot foto menarik dan kekinian seperti rotan raksasa, jembatan kayu, rumah pohon, dan masih banyak lagi yang lainnya.

wisata gunung kidul. Hutan Pinus Pengger

Sangking banyaknya spot foto yang tersedia di sana, nantinya kamu tidak akan bingung untuk memilih spot foto terbaik yang bisa di gunakan. Untuk harga tiket masuk hutan ini, kamu hanya perlu merogoh kocek sekitar Rp 2500 perorang.

7. Pantai Watu Lawang

Wisata Gunung Kidul terkenal akan keindahan alam pantainya. Selain itu sebenarnya ada banyak wisata pantai yang bisa kamu kunjungi. Seperti salah satunya adalah pantai Watu Lawang.

wisata gunung kidul Pantai Watu Lawang

Berlokasi di Desa Tepus, Kabupaten Gunung Kidul. Kamu bisa mengunjungi pantai ini menggunakan kendaraan pribadi dari pusat kota Yogyakarta. Hanya dengan menempuh perjalanan 2 jam. Kamu sudah bisa menikmati keindahan alam sekitar pantai. Selain itu harga tiket masuknya juga cenderung murah yakni hanya sekitar Rp 10 ribuan.

Baca Juga:  7 Rekomendasi Pantai Terbaik dan Populer di Kalianda

8. Taman Bunga Nawari

Merupakan salah satu objek wisata yang menawarkan keindahan berbeda. Taman Bunga Nawari berdiri diatas lahan seluas 5000 meter persegi dimana terdapat bunga matahari yang di budidaya oleh warga setempat.

wisata gunung kidul. Taman Bunga Nawari

Untuk bisa menikmati keindahan bunga Matahari disana, kamu hanya perlu membayar tiket sebesar Rp 6 ribuan perorang. Selain itu kamu bisa membeli bibit bunga matahari dengan harga sekitar Rp 35 ribuan.

Nah itulah beberapa rekomendasi wisata sekitar Gunung Kidul yang sayang untuk dilewatkan. Dari beberapa yang telah disebutkan, manakah yang paling membuat kamu penasaran?

Baca Juga :

***