Cityawesome.com – Kampung pelangi Semarang. Belakangan ini banyak tempat wisata menarik dan unik di Indonesia yang bisa di kunjungi. Seperti salah satunya ada di Semarang, terdapat kampung pelangi yang viral bahkan tidak hanya di Indonesia saja melainkan juga viral hingga media internasional.

Kampung pelangi yang ada di Semarang ini menjadi salah satu desa wisata yang terbilang cukup ramai. Jika tertarik untuk berkunjung, berikut ini informasinya untuk menjadi media referensi.

Kampung pelangi Semarang

Kampung pelangi ini bernama kampung Kalisari. Di mana tidak berbeda dengan kampung pada umumnya yang lengkap dengan pemukiman padat penduduk. Bahkan sebelumnya kampung pelangi Kalisari ini dulunya bernama Wonosari dan terkenal sebagai kampung yang kumuh.

kampung pelangi semarang

Namun di karenakan kreatifitas warga sekitar hingga mampu mengubah kampung yang dulunya kumuh menjadi viral dengan di lakukannya berbagai renovasi.

Kampung Kalisari pertama kali di lakukan pengecatan pada tahun 2017 yang di hadiri oleh Walikota Semarang yakni Hendrar Prihadi. Di dalamnya terdapat sekitar 3000 rumah yang dicat dengan kombinasi warna cerah sehingga membuat kampung ini banyak di kunjungi.

Lokasi, harga tiket, dan jam operasional

Jika kamu tertarik untuk berkunjung ke kampung pelangi Kalisari, lokasinya berada di Jl. DR. Sutomo No.89, Randusari, Kec. Semarang Sel., Kota Semarang, Jawa Tengah 50244.

Selain itu untuk harga tiketnya sendiri terbilang cukup terjangkau yakni hanya sekitar Rp 3 ribu perorang. Namun kamu juga nantinya akan di kenakan tarif parkir yakni sebesar Rp 2 ribu untuk motor dan Rp 5 ribu untuk mobil.

Mengenai jam operasional, kampung pelangi yang satu ini di buka setiap hari selama 24 jam.

Daya tarik kampung pelangi Semarang

Ada berbagai daya tarik dari kampung pelangi Semarang yang menjadikannya viral dan tidak pernah sepi dari kedatangan pengunjung.

kampung pelangi semarang

1. Gembok Cinta

Kampung pelangi yang ada di Semarang ini memiliki salah satu daya tariknya yakni gembok cinta. Di mana nantinya kamu bisa membeli gembok dan menuliskan nama kamu bersama pasangan lalu menggantungkan gembok tersebut di jembatan.

Baca Juga:  Daya Tarik Wisata Kampung Sabin yang Sayang untuk Dilewatkan

Menurut mitosnya, siapapun yang menuliskan nama beserta pasangannya di gembok untuk kemudian di gantungkan ke jembatan akan membuat cinta di antara kedua insan tersebut menjadi abadi.

2. Taman Kasmaran

Saat berkunjung ke kampung pelangi Kalisari ini nantinya kamu akan bisa menemukan taman Kasmaran. Di mana taman ini memiliki 2 lantai sekalisgus yakni pada lantai pertama sebagai tempat untuk berwisata kuliner.

Kemudian pada lantai keduanya terdapat taman dengan nuansa yang sejuk dan pemandangan yang masih sangat asri.

kampung pelangi semarang

3. Suasana artistik

Sesuai dengan namanya yakni kampung pelangi, kamu akan bisa melihat keindahan suasana yang begitu artistik. Terlebih lagi kamu juga akan menemukan berbagai lukisan dan tokoh pewayangan jawa yang terpajang.

Menariknya lagi, di kampung ini terdapat berbagai pernak-pernik yang terbuat dari bahan sampah. Namun kamu juga tidak perlu khawatir karena sampah yang di gunakan sudah mengalami pengolahan sehingga lebih aman.

Fasilitas yang tersedia di kampung pelangi Semarang

Ada beragam fasilitas penunjang untuk bisa di manfaatkan oleh semua pengunjung yang datang di kampung ini. Terlebih jika kamu menyukai aktifitas foto, di sana terdapat spot foto menarik hingga 3 dimensi yang bisa menghasilkan gambar kekinian. Selain itu ada juga beberapa fasilitas lainnya seperti sentra oleh-oleh, tempat sampah yang tersebar, bahkan hingga taman.

Demikian informasi mengenai kampung pelangi Semarang yang memungkinkan kamu untuk mendapatkan pengalaman berbeda saat berkunjung kesana.

Baca Juga :

***

Baca Juga:  9 Perlengkapan Penting untuk Mendaki Gunung