Cityawesome.com – Candi Gedong Songo. Jika berbicara mengenai sejarah, di Indonesia sendiri banyak objek bersejarah yang menyimpan keindahan di dalamnya. Seperti halnya Candi Gedong Songo yang berada di Semarang. Candi ini merupakan peninggalan agama Hindu yang saat ini menjadi salah satu objek wisata bersejarah dan bisa kamu kunjungi. Langsung saja pada inti dari pembahasan, pada artikel kali ini akan di berikan penjelasan mengenai sejarah Candi Gedong Songo untuk bisa menjadi pengetahuan baru.

Sejarah Candi Gedong Songo

Berada di ketinggian 1200 Mdpl, Candi Gedong Songo tepatnya berada di kaki Gunung Ungaran. Saat kamu berkunjung kesana maka akan merasakan kesejukan alami yang ada di area ini. Hingga kini belum di ketahui kapan candi Gedong Songo di bangun bahkan candi ini juga sering di jadikan tempat penelitian oleh para arkeolog untuk mengetahui kapan pembangunannya. Namun berdasarkan bentuk dan reliefnya, banyak yang berpendapat bahwa candi ini di bangun pada masa pemerintahan Dinasti Sanjaya Hindu tepatnya pada abad ke 8. Komplek Candi Gedong Songo ini terdiri dari beberapa candi yang di dalamnya memiliki sejarah dan karakteristiknya masing-masing.

sejarah candi gedong songo

Pada tahun 1740 untuk pertama kalinya Candi Gedong Songo masuk dalam sejarah Nusantara oleh Sir Thomas Stamford Raffles. Di mana ia yang pertama kali menemukan 7 bangunan berupa candi. Kemudian pada tahun1908 seorang arkeolog asal Belanda yakni Van Stein Callenfels menemukan 2 candi lainnya diarea Candi Gedong Songo ini. Hingga pada tahun 1928 di lakukan pemugaran oleh pemerintah Indonesia untuk candi Gedong I dan II. Dan pada tahun 1972 di lakukan pemugaran untuk semua candi yang ada.

Misteri Candi Gedong Songo

Bukan tempat bersejarah jika tidak meninggalkan misteri di dalamnya yang beredar luas dan di percaya oleh masyarakat. Candi Gedong Songo sendiri di percaya menjadi tempat Hanoman untuk menimbun Dasamuka atau Rahwana saat perang memperebutkan Dewi Sinta. Hal ini berkaitan dengan kisah Ramayana di mana terjadi perang saat Dasamuka menculik Dewi Sinta dari suaminya yakni Rama. Kemudian untuk mengambil Dewi Sinta kembali di situlah terjadi perang.

sejarah candi gedong songo

Lalu Dasamuka tidak mati bahkan walaupun di rajam oleh Rama. Oleh karenanya Hanoman berfikir untuk mengangkat gunung besar dan di timpakan ke tubuh Dasamuka di mana gunung tersebut adalah gunung Ungaran. Sehingga masyarakat percaya Dasamuka tertimbun hidup-hidup di gunung Ungaran tersebut dan seringkali terdengar rintihan Dasamuka yang sekaligus di jadikan tempat pemandian air panas bahkan hingga saat ini.

Baca Juga:  8 Tradisi Unik Saat Ramadan di Maroko

Dasamuka sendiri di gambarkan sebagai raksasa yang suka dengan minuman keras. Oleh karena itu jika ada pengunjung yang membawa minuman keras di pemandian air panas tersebut akan membuat Dasamuka terbangun yang di tandai dengan airnya semakin panas.

Lokasi Candi Gedong Songo

sejarah candi gedong songo

Untuk kamu yang tertarik datang ke Candi Gedong Songo ini terletak di Krajan, Bandungan, Semarang, Jawa Tengah. Dengan membayar biaya retribusi sebesar Rp 6 ribu nantinya kamu bisa berkunjung ke candi ini yang di buka setiap hari mulai pukul 06.30 – 18.00 WIB. Selain itu akses jalan menuju kesana juga terbilang cukup baik dan memungkinkan kamu untuk bisa melihat keindahan sunset saat sore.

Nah itulah penjelasan mengenai sejarah Candi Gedong Songo untuk kamu ketahui. Saat berkunjung ke Semarang, pastikan untuk tidak kelewatan berkunjung ke Candi Gedong Songo yang begitu fenomenal.

Baca juga :

***