Cityawesome.com – Wisata Sejarah Peninggalan Kerajaan Kutai. Kerajaan Kutai merupakan salah satu kerajaan peninggalan di Indonesia yang berasal dari Kalimantan. Kutai Kartanegara terbilang cukup kaya akan keindahan alam, budaya bahkan hingga sejarah yang hingga kini masih di kenal oleh banyak orang.

Menariknya lagi, ada banyak wisata peninggalan kerajaan Kutai yang tidak luput dari perhatian wisatawan. Nah untuk kamu yang berminat berkunjung ke Kutai Kartanegara, berikut ini beberapa rekomendasi wisata peninggalan kerajaan Kutai yang sayang untuk dilewatkan.

1. Desa Brubus

Kamu bisa berkunjung ke desa Brubus untuk sekedar mengenal wisata sejarah mengenai Kutai Kartanegara. Lokasinya berada di Mura Kaman dan berjarak sekitar 48 mil dari kota Tenggarong.

1. Desa Brubus

Nah sebagai informasi tambahan, Mura Kaman sendiri tidak lain merupakan wisata bekas pusat pemerintahan Kerajaan Kutai tepatnya pada masa Raja Mulawarman. Saat berkunjung kesana nantinya kamu akan bisa menemukan sisa peninggalan kerajaan Hindu tertua yang ada di Indonesia.

2. Goa Batu Gelap

Berlokasi di Desa Sukamaju, Kecamatan Tenggarong Seberang, Kutai Kartanegara. Goa Batu Gelap bisa menjadi rekomendasi wisata unggulan yang menarik untuk dikunjungi. Terlebih lagi Goa yang satu ini tidak luput dari legenda rakyat yang masih di percaya oleh penduduk lokal.

2. Goa Batu Gelap

Di mana pada zaman dahulu saat pesta panen, penduduk desa menabuhkan genderang dengan menggunakan ekor ikan pari. Hal tersebutlah yang menyebabkan seluruh pesta panen di kutuk dan menyebabkan bebatuan didalam Goa Batu Gelap sehingga berbentuk kursi, meja, dan manusia.

3. Kutai Lama

Kamu akan membutuhkan waktu sekitar 2 jam untuk bisa sampai di Kutai Lama dari Tenggarong. Wisata yang satu ini menjadi lokasi wisata religi, budaya sekaligus sejarah Kutai. Bagaimana tidak, selain menikmati keindahan wisata, nantinya pengunjung akan bisa melakukan ziarah ke makam Sultan Aji Dilanggar dan Sultan Aji Raja Mahkota.

3. Kutai Lama

Kemudian tidak jauh dari makam 2 sultan tersebut, kamu akan menemukan makam Habib Hasim Bin Musaiyah yang membawa agama islam pertama kali ke Kerajaan Kutai.

Baca Juga:  Info Lokasi dan Tarif Masuk Wisata Lereng Kelir Semarang

4. Lamin Mancong

Lamin Mancong merupakan salah satu wisata Kutai Kartanegara yang sayang untuk dilewatkan. Di mana Lamin sendiri tidak lain adalah rumah adat khas suku Dayak yang berada di Desa Mancong. Namun seiring berjalannya waktu, rumah adat yang satu ini sudah pernah mengalami proses pemugaran oleh EHIF atau Equatorial Heritage International Foundation.

4. Lamin Mancong

Jika tertarik berkunjung ke Lamin Mancong, lokasinya berada di Kampung Mancong, Kecamatan Jempang, Kabupaten Kutai Barat, Kalimantan Timur.

5. Monumen Pancasila

Wisata peninggalan kerajaan Kutai lainnya yang sayang untuk dilewatkan adalah Monumen Pancasila. Monumen tersebut tidak lain merupakan lambang dari keberhasilan Kabupaten Kutai oleh Presiden RI dalam melaksanakan pembangunan daerah.

wisata sejarah kerajaan kutai Monumen Pancasila

Selain itu yang membuatnya menarik adalah monumen Pancasila ini dilengkapi dengan relief yang menggambarkan sejarah panjang perjalanan dari kerajaan Kutai bahkan hingga era pembangunan. Untuk lokasinya berada di pusat kota Tenggarong tepatnya di depan Keraton Sultan Kutai.

6. Museum Mulawarman

Merupakan tempat wisata peninggalan kerajaan Kutai yang paling populer. Museum Mulawarman memiliki setidaknya 5.373 koleksi benda bersejarah di dalamnya. Saat berkunjung kesana kamu akan bisa menemukan barang kuno mulai dari patung, kamar tudur, perabotan dan masih banyak lagi yang lainnya.

wisata sejarah kerajaan kutai Museum Mulawarman

Lokasinya sendiri berada di Jalan Tepian Pandan, Panji, Tenggarong. Di mana untuk harga tiketnya juga masih cukup terjangkau yakni sekitar Rp 2.500 untuk orang dewasa dan Rp 1.000 untuk anak-anak.

7. Pulau Kumala

Rekomendasi wisata peninggalan kerajaan Kutai lainnya yang bisa kamu kunjungi adalah Pulau Kumala. Keindahannya wisata ini terkesan mampu membuat siapapun menjadi betah. Selain itu saat berkunjung ke Pulau Kumala memungkinkan kamu untuk melihat rumah dayak.

wisata sejarah kerajaan kutai Pulau Kumala

Mengenai fasilitas wisata, Pulau yang satu ini menyediakan fasilitas dan wahana kekinian yang akan menjadikan liburanmu menjadi lebih menyenangkan. Pulau Kumala berlokasi di Timbau, Kecamatan Tenggarong, Kutai Kartanegara.

Baca Juga:  Daftar Gunung Terseram di Indonesia¬†

Demikian beberapa rekomendasi wisata sejarah peninggalan kerajaan Kutai Kartanegara yang bisa kamu kunjungi. Selain mengeksplor keindahan wisata yang ada, nantinya kamu juga akan bisa belajar mengenai sejarah zaman kerajaan.

Baca Juga :

***