Cityawesome.com – Wisata Candi Tikus. Wisata Sejarah tidak hanya memberikan objek keindahan di masa lalu saja. Namun kamu bisa belajar berbagai hal dengan berkunjung ke wisata sejarah.

Nah berbicara mengenai wisata sejarah, terdapat salah satu wisata di Mojokerto yang menyimpan sejarah tersendiri sehingga menarik untuk dikunjungi. Candi Tikus merupakan salah satu spot peninggalan masa lalu yang cukup artistik. Bahkan usianya sendiri sudah mencapai ratusan tahun yang lalu.

Nah untuk kamu yang tertarik datang ke candi Tikus ini, berikut penjelasan singkat mengenaik daya tarik, lokasi, dan harga tiket yang harus kamu ketahui.

Lokasi, harga tiket, dan jam operasional

Wisata Candi Tikus berlokasai di Jalan Raya Trowulan, Jatirejo, Temon, Kecamatan Trowulan, Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur. Kamu hanya membutuhkan waktu sekitar 30 menit saja untuk sampai ke lokasi dari pusat kota Mojokerto.

wisata candi tikus

Mengenai harga tiket masuk yang di kenakan, kamu hanya perlu membayar sekitar Rp 3 ribu saja perorang untuk bisa menikmati keistimewaan candi yang menyimpan banyak sejarah di masa lalu ini.

Candi Tikus beropersional setiap hari mulai pukul 08.00 sampai dengan 16.00 WIB.

Sejarah dan Daya tarik wisata Candi Tikus

Candi Tikus pertama kali di temukan secara tidak sengaja pada tahun 1914 oleh masyarakat sekitar. Di mana awalnya candi ini berada di bawah tanah dengan kedalaman sekitar 3,5 meter. Struktur yang ada pada candi ini meliputi bagian tubuh dan kaki candi di mana pada bagian kakinya memiliki tinggi sekitar 1,5 meter dengan panjang 7,5 meter.

Selain itu candi Tikus ini berbentuk persegi yang pada bagian timur dan utara candi kamu akan menemukan menara semu dengan jumlah 5 buah. Kemudian pada bagian atas candi terdapat 4 buah menara dengan ketinggian yang mencapai 3 meter.

wisata candi tikus

Lalu pada bagian kakinya terdapat saluran air yang tertutup dengan lebar sekitar 17 CM dengan kedalaman sekitar 54 CM.

Baca Juga:  6 Rekomendasi Tempat Skydiving Terbaik Didunia

Daya tarik yang ada pada candi Tikus ini terbilang cukup berbeda dengan candi lainnya yang ada di Indonesia. Banyak ahli pakar yang berpendapat bahwa candi ini di gunakan sebagai penampungan air kolam.

Namun beberapa pakar lainnya juga berpendapat bahwa candi Tikus ini awalnya di gunakan sebagai area pemandian putri kerajaan Majapahit.

Aktifitas wisata Candi Tikus

Saat berkunjung kesana nantinya ada beberapa aktifitas wisata yang bisa kamu lakukan. Dengan begitu kamu tidak akan merasakan bosan terlebih udara yang ada di sekitar candi terbilang cukup sejuk. Berikut ini beberapa aktifitas menarik yang bisa kamu lakukan :

wisata candi tikus
  • Menikmati keindahan alam sekitar yang sejuk dan masih sangat asri.
  • Melakukan swafoto kekinian dan instagramable untuk menambah koleksi gambar.
  • Mengamati keunikan dari bentuk Candi Tikus yang estetik.

Fasilitas wisata Candi Tikus

Meskipun harga tiket masuk yang dipatok cukup murah, namun objek wisata sejarah yang satu ini hadir bukanlah tanpa fasilitas. Kamu tidak perlu khawatir saat ingin menghabiskan waktu di wisata Candi Tikus. Hal ini dikarenakan fasilitas penunjang yang ada terbilang cukup lengkap.

Pihak pengelola candi Tikus menyediakan area parkir yang cukup luas untuk berbagai kendaraan. Selain itu terdapat pusat informasi di loket masuk dan tempat ibadah.

Kamu juga nantinya bisa mampir ke rumah makan yang ada disekitar dan membeli aneka cindera mata yang ada ditoko oleh-oleh disana.

Demikian informasi mengenai wisata sejarah Candi Tikus untuk kamu ketahui. Berkunjung ke wisata sejarah tentu akan memberikan pengalaman berlibur yang berbeda dan jauh lebih menyenangkan.

Baca Juga :

Baca Juga:  Pesona dan Fakta Menarik Wisata Sejarah Candi Plaosan

***