Cityawesome.com – Wisata Monumen Bajra Sandhi. Bali hingga kini masih menjadi salah satu tujuan wisata yang populer bahkan tidak hanya di Indonesia saja melainkan juga dunia. Hal ini di karenakan Bali merupakan daerah yang kaya akan wisata baik pantai, gunung, air terjun, bahkan hingga budayanya.

Nah berbicara mengenai kebudayaan, ada salah satu objek sejarah yang tidak boleh terlupakan. Monumen Bajra Sandhi memiliki sejarah wisata yang menarik untuk digali.

Pada artikel kali ini akan di berikan informasi mengenai daya tarik sekaligus keindahan Monumen Bajra Sandhi untuk kamu ketahui !

Lokasi, harga tiket, dan jam operasional

Monumen Bajra Sandhi berlokasi di Jalan Raya Puputan No. 142 Pajer, Denpasar, Bali. Lebih tepatnya hanya berjarak sekitar 45 menit dari bandara internasional Ngurah Rai.

wisata monumen bajra sandhi

Sedangkan untuk harga tiketnya sendiri, wisata Monumen Bajra Sandhi menetapkan tarif tiket yang sangat terjangkau yakni hanya Rp 25 ribu untuk dewasa, Rp 10 ribu untuk anak-anak, Rp 2 ribu untuk pelajar, dan Rp 5 ribu untuk mahasiswa.

Wisata Monumen Bajra Sandhi di buka setiap hari mulai jam 08.00 sampai dengan 18.00 WIB.

Daya tarik Monumen Bajra Sandhi

Salah satu hal yang menjadi daya tarik dari wisata Monumen Bajra Sandhi ini adalah mengenai sejarahnya. Bagaimana tidak, Monumen ini di gunakan sebagai tugu peringatan yang di bangun untuk mengenang dan menghargai perjuangan rakyat Bali.

wisata monumen bajra sandhi

Selain itu nama Bajra Sandhi sendiri memiliki arti Genta dan Suci. Oleh karenanya bentuk monumen ini serupa dengan Genta Suci yang di gunakan oleh pendeta Hindu untuk mengucapkan mantra saat upacara persembahyangan.

Monumen Bajra Sandhi sendiri di bangun dengan mengusung makna dari filosofi Hindu. Terdapat 5 elemen Hindu yang ada di Monumen Bajra Sandhi ini meliputi :

  • Guci Amertha pada bagian atas monumen.
  • Ekor Naga Basuki dekat dengan Swamba dan Kepala pada Kori Agung.
  • Badan Bedawang Akupa pada landasan monumen dan kepala pada Kori Agung.
  • Gunung Mandara Giri pada landasan monumen yang menjulang tinggi.
  • Ksirarnawa pada kolam yang mengelilingi monumen.
Baca Juga:  Sejarah dan Fakta Menarik Komplek Candi Arjuna Dieng

Sebagai informasai tambahan, Monumen Bajra Sandhi di bangun pertama kali pada tahun 1981 di atas lahan seluas 13,8 hektare. Sedangkan untuk luas bangunannya sendiri mencapai 49.000 meter persegi. Namun pembangunan sempat terhenti beberapa saat hingga kemudian di lanjutkan lagi pada tahun 1987 dan di resmikan pada tahun 2013.

Fasilitas Monumen Bajra Sandhi

Monumen yang satu ini tidak hanya kaya akan budaya dan sejarah saja. Melainkan fasilitas wisata di sana terkesan cukup lengkap. Nantinya saat berkunjung ke Monumen Bajra Sandhi maka kamu akan menemukan perpustakaan, pusat informasi, pusat kerajinan tangan, panggung budaya, kolam, toilet, bahkan hingga area kendaraan yang luas.

wisata monumen bajra sandhi

Lebih dari itu area spot foto kekinian juga tidak tertinggal untuk kamu yang menyukai aktifitas swafoto. Kemudian pada lantai 2 terdapat sejarah yang menggambarkan perjuangan rakyat Bali. Terakkhir pada lantai 3, kamu akan menemukan ruangan luas dengan jendela kaca. Di sanalah kamu akan bisa melihat keindahan kota denpasar dari ketinggian.

Demikian penjelasan mengenai Monumen Bajra Sandhi yang bisa di jadikan sebagai ilmu tambahan. Dapatkan pengalaman sejarah yang berbeda dengan berkunjung ke Monumen Bajra Sandhi.

Baca Juga :

***