Cityawesome.com – Wisata Lumpur Lapindo yang mempesona. Wisata lumpur lapindo nampaknya cukup menarik perhatian wisatawan. Lokasinya berada di desa Ketapang, Kecamatan Tanggulangin, Sidoarjo, Jawa Timur. Objek wisata ini bisa di katakan tidak pernah sepi dari kedatangan pengunjung.

Bagaimana tidak keindahan wisata sekitar mampu memberikan kenangan dan pengalaman berbeda bagi wisatawan yang datang. Lumpur Lapindo pertama kali terkenal saat terjadinya bencana yang berupa semburan lumpur panas dari sebuah perusahaan. Saat itu berita mengenai Lumpur Lapindo tidak hanya masuk berita lokal saja bahkan hingga internasional.

Nah untuk kamu yang penasaran berkunjung ke Wisata Lumpur Lapindo, berikut ini uraiannya !

Lokasi, harga tiket, dan jam operasional

Sesuai pada penjelasan sebelumnya, objek Lumpur Lapindo berlokasi di desa Ketapang, Kecamatan Tanggulangin, Kebupaten Sidoarjo, Jawa Timur. Namun untuk harga tiketnya sendiri, objek Lumpur Lapindo menerapkan harga tiket yang sebenarnya tidak resmi.

Pengunjung akan di kenakan biaya sebesar Rp 5 ribu baik saat weekday maupun weekend. Jam operasional pada objek Lumpur Lapindo di buka setiap hari mulai jam 08.00 sampai dengan 17.00 WIB.

Daya Tarik wisata Lumpur Lapindo

Mengingat tentang sejarahnya, objek Lumpur Lapindo pertama kali mengeluarkann semburan lumpur panas dari lokasi pengeboran milik Lapindo Brantas Inc tepatnya pada 29 Mei 2006. Kemudian sejak itulah Porong menjadi kota mati karena semua aktifitas menjadi lumpuh. Lebih dari itu, tidak sedikit rumah warga yang tergenang dan menyebabkan lalu lintas menjadi terhambat di karenakan lumpur meluber hingga ke jalan raya dan memutus jalan tol.

wisata lumpur lapindo

Sejak bencana itulah kawasan Lumpur Lapindo menjadi wisata tidak resmi. Terlebih lagi berita mengenai Lumpur Lapindo tidak hanya tersebar di seluruh Indonesia saja melainkan juga dunia. Banyak wisatawan yang tertarik berkunjung dan melihat secara langsung mengenai keadaan sebenarnya.

Baca Juga:  Batang Tabik Waterpark : Lokasi, Harga Tiket, dan Wahana Terbaru

Fasilitas wisata Lumpur Lapindo

Ada beberapa fasilitas penunjang objek yang bisa kamu manfaatkan saat berlibur dan menghabiskan waktu di objek Lumpur Lapindo. Hal ini di lakukan oleh pihak pengelola agar objek alam yang satu ini semakin banyak digemari oleh para wisatawan baik dari lokal maupun asing. Adapun beberapa fasilitas penunjang objek Lumpur Lapindo di Sidoarjo yakni :

wisata lumpur lapindo
  • Area Parkir kendaraan yang luas
  • Mushola
  • Kamar Mandi
  • Deretan Rumah makan
  • Dan masih banyak lagi yang lainnya

Tips berkunjung ke objek Lumpur Lapindo

Ada beberapa tips yang harus kamu ketahui sebelum berkunjung ke objek Lumpur Lapindo. Terlebih jika kamu datang bersama anak, maka sebaiknya untuk menjaga anak dengan ekstra dan pastikan selalu dalam pengawasan.

Selain itu jangan lupa juga untuk membawa kamera, dan camilan jika tidak ingin membelinya di sana. Di sarankan agar datang mulai pagi hari agar terhindar dari keramaian. Untuk meminimalisir penyebaran Covid, jangan lupa untuk menggunakan masker dan menjaga jarak antar sesama pengunjung.

Kebanyakan wisatawan berkunjung ke objek Lumpur Lapindo tidak lain adalah untuk mengambbil gambar dan menikmati kesejukan alam sekaligus belajar mengenai sejarah bencananya.

Demikian informasi mengenai objek Lumpur Lapindo yang bisa di jadikan referensi saat berkunjung. Pastikan kamu mempersiapkan semua persiapan sebelum berkunjung baik bersama teman maupun keluarga.

Baca Juga :

***

Baca Juga:  7 Rekomendasi Wisata Kota Bawah Tanah Terbaik Dunia