Cityawesome.com – Ranu Gumbolo Tulungagung. Pernahkah kamu mendengar wisata Ranu Gumbolo? Merupakan wisata danau alami yang berlokasi di Desa Mulyosari Tulungagung. Sebenarnya kemungkinkan Ranu Gumbolo yang pernah kamu dengar adalah jalur pendakian di Gunung Semeru. Namun Ranu Gumbolo kali ini cukup berbeda.

Ranu Gumbolo terkenal dengan keindahan air yang berwarna hijau dengan hamparan hutan pinus yang luas membuat siapapun akan merasa takjub saat berkunjung.

Jika penasaran untuk datang ke Ranu Gumbolo, simak ulasan berikut ini untuk bisa di jadikan referensi.

ranu gumbolo tulungagung

Lokasi, harga tiket, dan jam operasional

Wisata Ranu Gumbolo beralamatkan di Bantengan, Mulyosari, Pagerwojo, Tulungagung, Jawa Timur, Indonesia, 66291. Di mana jaraknya sendiri sekitar 25 KM dari pusat kota Tulung Agung. Untuk harga tiket masuk wisata Ranu Gumbolo juga terbilang cukup terjangkau yakni hanya Rp 6 ribu saat weekday, dan Rp 8 ribu saat weekend. Namun yang harus di ketahui adalah biaya tiket masuk belum termasuk dengan tarif parkir kendaraan.

Jam operasional dari wisata Ranu Gumbolo di buka setiap hari mulai dari jam 06.00 sampai dengan 17.00 WIB. Di sarankan untuk semua pengunjung datang hanya saat cuaca sedang cerah saja. Hal ini di karenakan jalur trek menuju kesana cukup licin dan terjal.

ranu gumbolo tulungagung

Daya tarik dan keindahan wisata Ranu Gumbolo

Bukan tanpa alasan kenapa Ranu Gumbolo menjadi salah satu objek wisata yang menarik untuk dikunjungi. Saat pertama kali datang, kamu akan di sambut dengan keindahan danau dengan air yang berwarna hijau. Selain itu hutan pinus yang ada membuat wisata ini menjadi lebih terkesan asri dan menenangkan.

Menariknya lagi ada beragam aktivitas menyenangkan yang bisa di lakukan di sana mulai dari naik perahu, sepeda air, camping, memancing, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Baca Juga:  Harga Tiket Wisata Seru Paralayang di Batu Malang

Berikut ini beberapa wahana menarik yang ada di wisata Ranu Gumbolo :

1. Wahana air

Memungkinkan kamu untuk menyusuri perairan dengan berbagai wahana yang di sediakan seperti sepeda air dan perahu bambu. Dengan memanfaatkan wahana air, nantinya kamu akan berkeliling dan menuju area tengah danau.

2. Hutan Pinus

Hutan Pinus menjadi salah satu spot favorit kebanyakan wisatawan yang datang. Bahkan tidak jarang juga dari mereka yang menggelar tikar untuk sekedar bersantai. Selain itu di area Hutan Pinus tersedia penyewaan hammock dengan biaya yang terjangkau. Bahkan juga tidak ada batasan waktu untuk menyewa hammock di sana.

3. Flying Fox

Wahana lainnya yang ada di wisata di Ranu Gumbolo adalah Flying Fox. Merupakan aktivitas yang cukup menantang namun tetap seru di lakukan. Terlebih lagi Flying Fox di Ranu Gumbolo terbilang cukup memacu adrenalin karena mengharuskan kamu untuk melintas di atas danau.

4. Gardu Pandang

Saat berkunjung ke Ranu Gumbolo nantinya kamu akan bisa melihat keindahan pemandangan danau secara lebih luas. Pengunjung nantinya akan bisa naik keatas gardu pandang yang berada di area hutan pinus. Di atas gardu pandanng inilah kamu bisa mengambil gambar dengan latar belakang danau yang indah.

ranu gumbolo tulungagung

Fasilitas wisata Ranu Gumbolo

Ranu Gumbolo merupakan salah satu objek wisata yang memiliki fasilitas memadai dan terbilang cukup lengkap. Dengan begitu nantinya kamu bisa berkunjung dengan nyaman. Adapun beberapa fasilitas wisata yang ada di Ranu Gumbolo yakni :

  • Area parkir yang cukup luas
  • Toilet
  • Gazebo
  • Jejeran warung kuliner
  • Mushola

Demikian ulasan mengenai wisata Ranu Gumbolo, kamu bisa mengajak teman maupun keluarga untuk menghabiskan waktu liburan bersama di sana.

Baca Juga:  5 Desa Wisata Di Indonesia Yang Populer Dan Mendunia

Baca Juga :

***