Lokasi, Daya Tarik, dan Keindahan Desa Wisata Tempur Jepara

Cityawesome.com – Desa Wisata Tempur. Di Jepara, Jawa Tengah, terdapat salah satu desa wisata yang layak untuk dikunjuni. Pasalnya berada di area perbukitan sehingga suasananya masih sangat asri dan jauh dari polusi. Datang kesana tentu mampu membuatmu refresh dari padatnya pekerjaan.

Keindahan alamnya menunjukkan panorama bukit yang eksotis lengkap dengan sawah dan kebun warga dan terhampar dengan luas.

Bahkan lebih dari itu, kamu akan menemukan sungai dengan air yang bersih dan bangunan candi bersejarah.

Penasaran dengan Desa Wisata Tempur? Nah pada artikel kali ini akan di berikan ulasannya agar bisa menjadi referensi liburan. Simak ulasan berikut !

Lokasi, harga tiket, dan jam operasional

Desa Wisata Tempur berlokasi di Desa Tempur, Kecamatan Keling, Jepara, Jawa Tengah, Indonesia, 59456. Tepatnya berjarak sekitar 50 KM dari pusat kota Jepara dan membutuhkan waktu 2 jam untuk bisa sampai kesana.

Sedangkan untuk harga tiket masuknya terbilang cukup terjangkau dan di bedakan dengan spot yang tersedia. Berikut adalah rinciannya :

  • Candi Angin dan Candi Bubrah Rp 5 ribu
  • Puncak Gajah Mungkur Rp 5 ribu
  • Bukit Bejangan Rp 5 ribu
  • Sumur Batu Rp 2 ribu

Adapun jam operasional Desa Wisata Tempur di buka setiap hari selama 24 jam. Dengan begitu kamu bisa datang kapan saja sesuai dengan keinginan. Selain itu untuk waktu ramainya desa ini saat weekend dan di siang hari.

Daya tarik dan keindahan Desa Wisata Tempur

Keindahan Desa Wisata Tempur tersebar di beberapa tempat. Kamu bisa memulai perjalanan dan mengenal sejarah di masa lalu. Terlebih lagi suasana khas pedesaan masih sangat kental di sana.

Sangat cocok untuk kamu yang ingin refresing dari padatnya aktivitas di kota, kamu bisa memilih untuk mengurangi penggunaan gadget di sana.

1. Desa yang asri

Seperti pada penjelasan sebelumnya, desa wisata Tempur merupakan desa yang asri. Memungkinkan pengunjung melihat keindahan hamparan sawah hijau lengkap dengan bukit menjulang di belakangnya. Selain itu terdapat juga aliran sungai yang airnya sangat jernih dan segar.

2. Bukit Bejangan

Salah satu spot yang tidak bisa di lewatkan adalah Bukit Bejangan. Nantinya dari atas bukit ini kamu bisa melihat panorama keindahan desa dan wilayah sekitarnya. Selain itu di bukit Bejangan ini terdapat beberapa spot foto kekinian, gardu pandang, dan rumah pohon.

3. Candi Angin dan Candi Bubrah

Belajar mengenai wisata sejarah bisa di lakukan di sana. Bagaimana tidak, Desa Wisata Tempur memiliki candi peninggalan sejarah yakni candi Angin dan candi Bubrah. Bahkan banyak yang mengatakan bahwa candi ini di bangun jauh sebelum ada Candi Borobudur.

4. Puncak Gajah Mungkur

Daya tarik lainnya yang ada di desa Tempur adalah Puncak Gajah Mungkur. Di mana dulunya puncak ini di beri nama Puncak Punuk Sapi. Hal ini di karenakan bentuknya yang sekilas mirip punuk sapi. Selain itu puncak ini memiliki ketinggian 1000 Mdpl dan cocok untuk pemula yang ingin merasakan mendaki.

5. Sungai alami

Di desa Tempur, kamu akan menemukan sungai alami yang cukup menarik perhatian. Pasalnya air sungai di sana sangat jernih dan segar. Selain itu air yang tersedia juga berasal dari mata air Gunung Muria secara langsung. Menariknya lagi di sana wisatawan bisa menjadi atau sekedar membasuh tubuh.

Fasilitas Desa Wisata Tempur

Fasilitas yang tersedia di Desa Tempur terbilang cukup lengkap dan memadai. Hal ini di lakukan oleh masyarakan desa agar semua pengunjung yang datang merasa betah berlama-lama di sana. Berikut ini beberapa fasilitasnya :

  • Area parkir yang luas
  • Toilet
  • Kamar Mandi
  • Mushola
  • Camping Ground
  • Kafe dan warung makan

Nah itulah beberapa ulasan mengenai wisata Desa Wisata Tempur yang menarik untuk dikunjungi. Terlebih jika sedang berada di Jepara, pastikan untuk tidak melewatkan wisata satu ini.

Baca Juga :

***