Cityawesome.comDesa Wisata Kementul merupakan kawasan yang terbilang masih asri dengan banyak area sawah di sekitarnya. Selain itu Desa Wisata Kementul sendiri sudah berdiri sejak tahun 2011 dan menjadi salah satu rekomendasi tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi.

Ada beragam daya tarik dari Desa Kementul ini sehingga keindahannya cukup banyak di nikmati oleh semua pengunjung yang datang. Di sana terdapat gardu pandang dan jejeran gazebo untuk sekedar bersantai bersama teman dan keluarga.

Nah untuk kamu yang penasaran berkunjung ke Desa Wisata Kementul, pada artikel kali ini akan di berikan beberapa ulasan mengenai aktivitas apa saja yang bisa di lakukan di sana. Simak ulasan berikut !

desa wisata kementul

Lokasi, harga tiket, dan jam operasional

Desa Wisata Kementul beralamatkan di Dusun Krajan, Desa Kemetul, Susukan, Semarang, Jawa Tengah, Indonesia, 50777. Tepatnya berjarak sekitar 60 KM dari simpang lima Semarang dan membutuhkan waktu sekitar 1 jam untuk bisa sampai kesana.

Untuk harga tiket masuk wisata Desa Kementul ini terbilang cukup terjangkau yakni hanya sekitar Rp 5 ribu saja. Namun untuk menikmati keindahan desa melalui gardu pandang, maka kamu akan di kenakan biaya tiket tambahan sebesar Rp 5 ribu. Selain itu harga tiket belum termasuk biaya parkir sebesar Rp 5 ribu untuk mobil dan Rp 2 ribu untuk motor.

Jam operasional wisata Desa Wisata Kementul di buka setiap hari selama 24 jam. Namun untuk penjual kuliner di sana hanya tersedia saat pagi hingga sore hari saja.

desa wisata kementul

Daya tarik dan aktivitas wisata Desa Wisata Kementul

Sebagai informasi tambahan, sebenarnya Wisata Kementul ini bisa di katakan tidak terlalu luas. Hanya saja keindahan alam di sana tidak kalah jika di bandingkan dengan objek wisata lain disekitarnya. Saat berkunjung kesana nantinya kamu akan menemukan pemandangan alam berupa persawahan yang membentang di pinggir jalan.

Baca Juga:  Pantai Klayar Pacitan : Daya Tarik, Keindahan, dan Harga Tiket

Berikut ini beberapa daya tarik sekaligus aktivitas yang bisa kamu lakukan di sana :

1. Menikmati keindahan sawah nan hijau

Seperti pada penjelasan sebelumnya, Desa Wisata Kementul terkenal akan suasana alam yang masih asri. Hal ini di karenakan sebagian lahan di sana masih berupa sawah dan pepohonan hijau. Saat cuacanya sedang mendukung kamu akan menikmati keindahan sawah di sertai dengan birunya langit.

2. Gardu Pandang

Pada area tengah persawahan, kamu bisa menikmati keindahan di atas gardu pandang. Bangunannya sendiri terbuat dari bambu yang di desain dengan ketinggian tertentu. Jika di daerah perkotaan ada istilah gedung pencakar langit, gardu pandang ini merupakan pencakar langit yang ada di Wisata Kementul.

Gardu Pandangnya sendiri memiliki 2 tingkatan dengan ukuran yang berbeda. Di mana pada tingkatan pertama memiliki ukuran yang lebih luas.

3. Jembatan Bambu

Tidak hanya gardu pandang, Wisata Kementul ini di lengkapi dengan jembatan bambu yang bisa di lewati. Bentuknya sendiri terbilang cukup unik dengan ujung yang berbentuk bintang. Spot jembatan bambu berada di tengah persawahaan dan mampu menampung hingga 10 orang pengunjung.

4. Spot foto Instagramable

Ada beragam spot foto menarik yang bisa di manfaatkan untuk mendapatkan gambar kekinian. Adapun beberapa spot foto yang terbilang cukup populer di antaranya adalah patung kepala naga, wanita dengan pakaian kebaya dan topi camping, hingga spot love yang berukuran besar dan terbuat dari jerami kering.

desa wisata kementul

Fasilitas penunjang wisata

Wisata Kementul saat ini sudah di lengkapi dengan beragam fasilitas penunjang yang akan membuat nyaman wisatawan yang datang. Adapun beberapa fasilitas penunjang di antaranya adalah :

  • Area parkir yang cukup luas
  • Toilet
  • Taman bermain
  • Jejeran warung makanan
Baca Juga:  6 Spot Sunrise Terbaik dan Populer di Malang

Note : Hanya saja Desa Wisata Kementul hingga kini belum di lengkapi mushola. Namun pengunjung bisa menjalankan ibadah menggunakan mushola yang ada di pemukiman penduduk. Terlebih jaraknya juga tidak terlalu jauh.

Nah itulah beberapa informasi mengenai Desa Wisata Kementul yang sayang untuk dilewatkan. Jika kamu berada di Semarang, pastikan untuk mampir dan menikmati keindahan asri khas pedesaan di objek wisata satu ini.

Baca Juga :

***