Cityawesome.com – Keindahan wisata Telaga Menjer. Wisata Telaga Menjer merupakan salah satu objek keindahan alam yang cukup populer di wilayah dataran tinggi Dieng. Di mana Telaga Menjer sendiri tidak lain adalah danau alami terluas di Dieng dan berada di ketinggian 1.300 Mdpl dengan kedalaman sekitar 45 meter.

Menariknya lagi lokasi Telaga Menjer berada di area hutan dengan luas sekitar 70 Ha. Dengan begitu saat datang kesana kamu akan menikmati 2 keindahan sekaligus yakni Telaga Menjer dan wisata alam sekitarnya.

Jika tertarik untuk berkunjung dan menghabiskan waktu di Telaga Menjer, pada artikel kali ini akan di berikan beberapa informasinya untuk kamu ketahui.

Lokasi, harga tiket, dan jam operasional

Telaga Menjer terbentuk secara alami yang di akibatkkan oleh letusan Gunung Pakujawa. Di mana pada awalnya telaga ini hanya sebuah mata air yang kecil hingga terjadinya letusan gunung dan mengubah mata air menjadi cekungan yang dalam.

Wisata Telaga Menjer berlokasi di Desa Maron, Kecamatan Garung, Kabupaten Wonosobo, Provinsi Jawa Tengah. Tepatnya hanya berjarak sekitar 12 KM saja dari pusat kota Wonosobo.

wisata telaga menjer

Untuk harga tiketnya, wisata Menjer menetapkan tarif tiket yang cukup terjangkau yakni hanya Rp 5 ribu perorang. Selain itu nantinya pengunjung juga bisa menyewa perahu untuk berkeliling danau dengan tarif Rp 15 ribu untuk orang dewasa dan Rp 10 ribu untuk anak-anak.

Namun jika ingin menyewa perahu besar sekaligus yang bisa menampung keluarga, tersedia penyewaan dengan tarif Rp 100 ribu dengan kapasitas perahu 10 orang.

Harga tiket yang tertera belum termasuk biaya parkir kendaraan sebesar Rp 3 ribu untuk motor, dann Rp 5 ribu untuk mobil. Jam operasional Telaga Menjer di buka setiap hari mulai pukul 08.00 sampai dengan 17.00 WIB.

Baca Juga:  Ayanaz Gedong Songo, Harga Tiket Terbaru dan Daya Tarik Wisata

Daya Tarik wisata Telaga Menjer

Beragam daya tarik menjadikan alasan banyak pengunjung datang berbondong-bondong ke Telaga Menjer. Di mana panorama keindahan alam di sana mampu memanjakan mata dan membuat siapapun betah berlama-lama.

wisata telaga menjer

Nantinya saat sampai di lokasi Telaga Menjer, kamu akan di sambut dengan background alam Gunung Sindoro-Sumbing. Selain itu akan terhampar luas sebuah danau yang di kelilingi bukit hijau dan jejeran pohon pinus.

Terlebih lagi kesejukan udara dan keheningan suasana mampu menghilangkan penat dan stress. Kamu akan mendengar suasana alam bernyanyi riang dengan jutaan daun yang terhempas angin. Daya tarik lainnya yang bisa di rasakan oleh pengunjung adalah di mana kamu bisa merasakan keseruan berkeliling Telaga Menjer dengan menyewa perahu.

Fasilitas umum Telaga Menjer

Nah untuk fasilitas wisata, sepertinya Telaga Menjer masih terbilang tertinggal jauh di bandingkan dengan objek wisata lainnya di sekitar Dieng. Hal ini di karenakan lokasinya yang memang masih tersembunyi sehingga menyulitkan pengunjung untuk bisa merasakan berbagai fasilitas penunjang.

wisata telaga menjer

Untuk itu jika kamu berkunjung kesana, sebaiknya membawa perlengkapan bekal agar tidak kesulitan mencari makanan di sana.

Meskipun masih minim fasilitas, wisata Telaga Menjer ini masih cukup menarik minat pengunjung karena keindahan wisata sekitar yang memukau.

Demikian informasi mengenai wisata Telaga Menjer yang harus kamu ketahui. Nikmati pengalaman berwisata ke surga tersembunyi Telaga Menjer bersama teman dan keluarga.

Baca Juga :

***

Baca Juga:  Wisata di Swiss Eropa Buat Liburan Berkesan