Daya Tarik dan Spot Terbaik Wisata Gunung Purba Nglanggeran

Cityawesome.comDi Yogyakarta, terdapat salah satu destinasi wisata berupa Gunung Api Purba Nglanggeran. Tepatnya di Gunung Kidul, jarak tempuh dari pusat kota terbilang tidak begitu jauh. Bahkan untuk pendakian menuju puncak, kamu membutuhkan waktu sekitar 50 menit saja.

Apa yang membuat Gunung Nglanggeran ini menarik dan banyak di kunjungi? Nah pada artikel kali ini akan di berikan penjelasan mengenai daya tarik dan aktivitas yang bisa kamu lakukan di sana.

Lokasi, Harga tiket, dan jam operasional

Gunung Api Purba Nglanggeran berlokasi di Desa Nglanggeran, Kecamatan Patuk, kabupaten Gunung Kidul, Daerah istimewa Yogyakarta. Tepatnya hanya berjarak sekitar 27 KM dari pusat kota dan membutuhkan waktu sekitar 1 jam untuk bisa sampai kesana.

Sedangkan untuk harga tiket masuknya di bagi menjadi 2 golongan dengan rincian sebagai berikut :

  • Wisatawan Domestik Rp 15 ribu untuk siang hari dan Rp 20 ribu untuk malam hari
  • Wisatawan Asing Rp 30 ribu baik untuk siang atau malam hari

Harga tiket tersebut belum termasuk biaya parkir kendaraan sebesar Rp 2 ribu untuk motor dan Rp 5 ribu untuk mobil.

Daya tarik dan aktivitas wisata Gunung Api Purba Nglanggeran

Ada beberapa daya tarik dan aktivitas yang bisa di lakukan oleh pengunjung saat datang ke Gunung Api Purba Nglanggeran. Dengan begitu kamu tidak akan merasa bosan dan bisa menjadi pengalaman berlibur yang mengesankan.

1. Mendaki

Gunung satu ini berada di ketinggian sekitar 700 Mdpl, di mana dari ketinggiannya sangat cocok untuk didaki oleh pemula. Selain itu waktu tempuh hingga mencapai puncak juga cukup singkat dan tidak terlalu susah. Nantinya di awal pendakian, kamu akan menemukan jalan setapak yang serupa dengan lorong. Kemudian di puncak tersedia setidaknya 3 gardu pandang yang cocok untuk dijadikan sebagai spot foto kekinian.

2. Berkemah

Nah jika kamu menyukai aktivitas wisata alam, berkemah bisa menjadi pilihan terbaik untuk kamu menghabiskan waktu di sana. Ada 2 lokasi yang bisa di jadikan camping area oleh pengunjung yakni di tengah dan sebelum puncak. Bahkan lokasinya juga masih terbilang luas sehingga tidak sedikit pendaki yang mendirikan tenda di sana.

3. Outbond

Pengunjung bisa melakukan aktivitas outbond di Gunung Api Purba Nglanggeran. Hanya saja pastikan untuk tetap mengutamakan faktor keamanan. Selain itu kamu bisa mengatur akomodasi dan kegiatan dengan pihak pengelola Gunung.

4. Panjat Tebing

Daya tarik dan aktivitas lainnya yang sayang untuk dilewatkan adalah panjat tebing. Hal ini karena di sana kamu akan menemukan bongkahan batu yang menjulang tinggi dengan tingkat kesulitan yang beragam. Setidaknya ada sekitar 28 jalur pemanjatan yang sudah terbentuk dan bisa di pilih sesuai dengan kemampuan. Selain itu kamu juga di haruskan untuk membawa semua perlengkapannya sendiri.

Fasilitas wisata Gunung Api Purba Nglanggeran

Objek wisata satu ini bisa di katakan memiliki fasilitas yang cukup lengkap. Hal ini di lakukan oleh pihak pengelola agar pengunjung bisa dengan nyaman datang tanpa kekurangan suatu apapun. Berikut ini beberapa fasilitas penunjang yang ada di Gunung Nglanggeran :

  • Area parkir
  • Gardu pandang
  • Pemandu
  • Jalur pendakian berupa tangga
  • Toilet
  • Mushola
  • Camping area
  • Pusat informasi

Nah itulah daya tarik yang ada di wisata Gunung Api Purba Nglanggeran. Jika kamu memilih Jogja sebagai tempat berlibur, pastikan untuk tidak melewatkan destinasi satu ini.

Baca Juga :

***