Daya Tarik dan Keindahan Pulau Sirandah di Padang

Cityawesome.com – Keindahan Pulau Sirandah. Indonesia memiliki banyak destinasi wisata dengan keindahan alam yang menawan. Seperti salah satunya kota Padang, tidak hanya terkenal akan kelezatan makanan. Kamu bisa menjelajahi Padang untuk mendapatkan pengalaman berlibur yang sulit di lupakan.

Nah jika sedang di Padang, pastikan untuk tidak melewatkan Pulau Sirandah. Di mana keindahannya sering di klaim serupa dengan Maldives. Pulau Sirandah sendiri berada di perairan Padang sekaligus menjadi pulau yang tidak berpenghuni.

Penasaran ingin berkunjung kesana? Berikut adalah ulasannya untuk menjadi referensi kunjungan !

Lokasi, harga tiket, dan jam operasional

Pulau Sirandah beralamatkan di Kecamatan Bungus. Tepatnya berjarak sekitar 2 jam perjalanan jika di tempuh dari pusat kota Padang. Selain itu untuk bisa mencapai Pulau ini, maka kamu harus menaiki Speedboat atau kapal terlebih dahulu. Setidaknya ada 3 titik penyebrangan yang bisa di pilih yakni melalui Pantai Pulau Pisang, Pantai Bungus, atau Muara Padang.

Sedangkan untuk harga tiket masuk Pulau Sirandah sendiri gratis atau tidak di kenakan biaya sepeserpun. Hanya saja nantinya pengunjung akan di kenakan biaya kapal menuju pulau, penyewaan olahraga air, dan sewa penginapan jika ingin bermalam.

Adapun jam operasional wisata Pulau Sirandah di buka setiap hari selama 24 jam. Sehingga memungkinkan pengunjung untuk datang kapan saja sesuai keinginan. Namun biasanya kapal atau speedboat di sana hanya beroperasi dari pagi sampai sore saja.

Daya tarik wisata Pulau Sirandah

Sebagai informasi tambahan, nama Sirandah sendiri berasal dari bahasa Minang tepatnya pada kata randah yang berarti rendah. Di mana sesuai dengan namanya, pulau ini memiliki kontur tanah yang terbilang rata bahkan tanpa ada bukit satupun.

Meskipun begitu, keindahan Pulau Sirandah terbilang cukup memukau dan selalu ramai pengunjung setiap harinya.

Air laut sekitar pulau sangat biru dan jernih. Terlebih ombaknya juga kecil dan tenang sehingga menjadi tempat yang pas untuk berenang dan bermain air. Saking jernihnya air, nantinya pengunjung bisa melihat ikan kecil yang berenang dalam laut. Bahkan jika beruntung maka kamu akan bertemu dengan hiu kecil tropis yang sering singgah.

Kemudian di setiap sudut pantai, kamu juga bisa berswafoto karena banyak tempat instagramable lengkap dengan hammock yang tersedia.

1. Berenang

Jika menyukai aktivitas air, berenang tentu tidak ketinggalan untuk dilakukan di Pantai Sirandah. Di sana terdapat dermaga kayu yang berdiri dari pantai dan menjorok ke laut. Di sanalah banyak wisatawan yang melompat langsung ke air. Selain itu menariknya adalah, tersedia seluncuran yang serupa dengan waterpark. Seluncuran tersebut mengarah langsung ke laut yang akan memberikan keseruan berbeda.

2. Watersport

Ada beberapa fasilitas watersport yang bisa di sewa mulai dari jetski, banana boat, dan donat boat. Namun untuk banana boat dan donat boat, penumpang yang naik untuk sekali jalan minimal 5 orang. Jika kamu datang kurang dari 5 orang, maka kamu bisa bergabung dengan rombongan lain.

3. Snorkeling

Snorkeling merupakan salah satu aktivitas yang bisa dilakukan disana. Memungkinkan kamu untuk melihat keindahan alam bawah laut hingga beberapa meter. Selain itu tidak perlu khawatir jika kamu belum punya pengalaman. Hal ini dikarenakan ada pendamping yang akan mengajarimu sekaligus membantu untuk mengambil gambar.

Fasilitas Pulau Sirandah

Mengenai fasilitas penunjang, meskipun Pulau Sirandah tidak berpenghuni namun fasilitas yang tersedia terbilang cukup lengkap. Terlebih lagi disana terdapat banyak penginapan yang menghadap langsung ke laut. Namun jika ingin biaya yang lebih murah, maka kamu bisa menyewa tenda yang tersedia dengan tarif sekitar 150 ribu permalam.

Selain itu beberapa fasilitas lainnya yang bisa ditemukan adalah toilet, kamar mandi umum, mushola, jejeran kafe dan resto, beberapa wahana permainan seperti watersport, seluncuran, dan dermaga kayu.

Itulah sekilas informasi mengenai Pulau Sirandah yang menarik untuk dikunjungi. Dapatkan pengalaman seru dengan berkunjung ke pulau ini bersama teman dan keluarga.

Baca Juga :

***