Pulau Kalimantung

Pulau Kalimantung sempat viral di media sosial beberapa waktu lalu. Pulau yang mulanya tak berpenghuni dan tersembunyi ini kini menjadi incaran bagi para wisatawan lokal maupun mancanegara. 

Karena itu, jika kamu tidak tahu tujuan wisatamu di akhir pekan, kamu bisa memasukkan pulau ini ke list liburan kamu. Gunakan ulasan ini sebagai panduan wisatamu saat berlibur ke pulau terpencil ini. 

Rute Perjalanan ke Pulau Kalimantung

Rute ke Pulau Kalimantung

Bagi para wisatawan yang ingin berlibur ke pulau ini, biasanya akan melewati jalur Kota Sibolga. Rute ini merupakan yang paling dekat dan paling sering menjadi jalur masuk dan pergi para wisatawan untuk berwisata. 

Waktu tempuh menuju tempat wisata ini cukup memakan waktu sekitar 2 jam. Sebab, rute perjalanan yang harus kamu lewati adalah ke lokasi pelabuhan yang ada di Tapanuli Tengah. Dari pelabuhan tersebut, kamu diharuskan untuk menyeberang. 

Makanya, kamu perlu menyewa transportasi laut untuk menyeberang ke pulau ini. Untuk bisa sampai ke pulau ini, kamu bisa menyewa layanan trip yang cukup terjangkau. Tarif trip perorangan biasanya berkisar di harga 200 ribu sampai 300 ribu rupiah. 

Harga Tiket Masuk (HTM) ke Pulau Kalimantung

Harga tiket Pulau Kalimantung

Jika kamu tertarik liburan di Pulau Kalimantung, maka ada sejumlah biaya yang harus kamu bayar agar bisa masuk ke dalamnya. Biaya tersebut tidak mencakup tiket masuk karena harga tiketnya gratis. 

Biaya yang harus kamu keluarkan untuk berwisata di tempat ini hanyalah biaya membayar sewa kapal. Rentang harga sewa kapal yang perlu kamu bayarkan adalah mulai dari angka 200 ribu sampai 350 ribu rupiah. Tergantung dari jumlah kuota dan durasinya. 

Daya Tarik Pulau Kalimantung

Daya tarik wisata

Pulau Kalimantung memang memiliki daya tarik wisata yang mengagumkan. Keindahan alam yang ada di pulau ini adalah salah satu daya tariknya. Jika kamu mencari tempat wisata yang menawarkan pemandangan alam luar biasa, maka kamu patut mempertimbangkan daya tariknya seperti berikut: 

Baca Juga:  Wisata Dusun Bambu Lembang : Harga Tiket dan Jam Operasional

1. Pulau di Tengah Pantai

Salah satu daya tarik yang cukup unik dari tempat wisata ini adalah lokasinya yang berada di tengah pantai. Bila kamu melihat dari atas, kamu bisa melihat dengan jelas bahwa pulau ini berada di tengah-tengah lautan yang luas. 

Pemandangan yang akan kamu dapatkan di sekitar pulau ini tak jauh-jauh dari hamparan air dan pasir pantai. Pantai yang ada di sekeliling pulau ini juga termasuk dangkal dan arus ombaknya tidak deras. Jadi, sangat aman untuk arena bermain air bersama keluarga. 

2. Air Laut yang Jernih

Kondisi air yang ada di pulau ini masih sangat jernih dan bening. Kamu bisa melihat kualitasnya dari air pantainya yang jernih. Saking jernihnya, kamu bisa melihat pemandangan bawah laut tanpa menggunakan bantuan alat atau kacamata renang. 

6 Fakta Unik Kepulauan Nusa Penida

Air pantainya yang jernih pasti membuat kamu tergiur untuk segera berenang. Nah, kamu bisa memanfaatkan kondisi air pantai seperti ini untuk aktivitas menyelam atau snorkeling. Nikmatilah keindahan habitat laut dan hewan-hewan lautnya. 

3. Tempat yang Asri dan Bersih

Karena lokasi wisata ini merupakan pulau tak berpenghuni, maka hal yang wajar bila tempatnya bersih dan masih asri. Kamu tidak akan menemukan hamparan sampah yang berserakan di pulau ini. 

Selain faktor tidak ada penghuni yang tinggal di pulau ini, para wisatawan yang berkunjung juga tidak boleh membuang sampah sembarangan. Maka dari itu, tak heran bila lingkungan di pulau ini masih terjaga kebersihannya. 

Baca Juga :

Baca Juga:  5 Tempat River Tubing Seru dan Menantang di Indonesia

***