Daya Tarik dan Keindahan Jembatan Gentala Arasy di Jambi

Cityawesome.com – Jembatan Gentala Arasy. Berlibur ke Jambi bisa menjadi opsi terbaik untuk kamu yang masih bingung. Di Jambi, terdapat salah satu jembatan yang cukup populer dan selalu ramai pengunjung. Apa lagi kalau bukan Gentala Arasy yang sekaligus menjadi ikon baru dari kota Jambi.

Bangunannya sendiri sangat kental dengan perpaduan Arab dan Melayu. Memiliki ketinggian mencapai 80 meter, jembatan ini berada di tengah pemukiman kota dan melintang di atas Sungai Batanghari.

Keindahan dari jembatan Gentala Arasy ini patut di acungi jempol. Terlebih saat malam hari, jembatan ini akan memancarkan cahaya dengan perpaduan warna yang berbeda-beda.

Tertarik untuk datang ke jembatan Gentala Arasy? Pada artikel kali ini akan di berikan ulasannya sacara lengkap.

Lokasi, harga tiket, dan jam operasional

Tidak hanya menjadi tempat pelintasan, nyatanya Jembatan Gentala Arasy ini seringkali di jadikan sebagai objek wisata yang menarik. Oleh karena itu tidak heran jika jembatan ini selalu ramai pengunjung setiap harinya.

Jembatan Gentala Arasy berlokasi di Kasang, Kec. Jambi Timur, Kota Jambi, Jambi. Di mana untuk tarif masuk menara, maka pengunjung akan dikenakan biaya Rp 2 ribu untuk anak-anak dan Rp 5 ribu untuk dewasa. Adapun tiket tersebut belum termasuk biaya parkir kendaraan sebesar Rp 2 ribu untuk motor dan Rp 5 ribu untuk mobil.

Sedangkan untuk jam operasional jembatan ini di buka setiap hari selama 24 jam. Dengan begitu nantinya kamu bisa datang kapan saja sesuai dengan keinginan.

Daya tarik dan aktivitas Jembatan Gentala Arasy

Ada berbagai daya tarik sekaligus beberapa aktivitas yang bisa di lakukan di Jembatan Gentala Arasy. Dengan begitu nantinya pengunjung tidak akan merasa bosan jika ingin menghabiskan waktu di sana. Adapun beberapa daya tarik dari jembatan ini adalah :

1. Menara Jembatan

Salah satu daya tarik dari jembatan Gentala Arasy ini adalah menara yang menjadi pengingat waktu sholat bagi umat Islam. Diatas menara terdapat lonceng raksasa di mana akan berbunyi saat waktu sholat telah tiba.

Menariknya lagi pengunjung bisa naik keatas menara sekaligus menikmati keindahan matahari terbenam dari ketinggian 25 meter.

Adapun antara menara dan jembatan terhubung menjadi 1. Sebagai informasi tambahan, jembatan Gentala Arasy memiliki panjang mencapai 500 meter dan menjadi penghubung antara tepian Tango dan Radjo.

2. Penyewaan Perahu

Jika tidak ingin melintasi jembatan jalur darat, pengunjung bisa melintasi sungai menggunakan perahu. Memberikan pengalaman yang berbeda, nantinya kamu bisa sekaligus menikmati keindahan kota sekaligus pemandangan riuh dari para pengunjung lain.

Terlebih lagi biaya penyewaan perahu di sana masih terbilang cukup terjangkau sehingga tidak akan menguras kantong terlalu dalam.

3. Berburu oleh-oleh

Menjadi aktivitas yang tidak boleh di lewatkan begitu saja. Jika berlibur ke Jambi maka kamu wajib berburu oleh-oleh di jejeran toko souvenir terdekat. Kamu bisa memilih untuk membeli kain khas Jambi, batik, makanan khas, bahkan hingga merchandise.

4. Wisata Kuliner

Di area jembatan, ada banyak penjual makanan untuk kamu bisa sekaligus berwisata kuliner. Mulai dari jajanan tradisional hingga modern bisa di temukan dengan mudah bahkan dengan harga yang relatif terjangkau. Kamu bisa sekedar bersantai sekaligus menikmati berbagai camilan yang tersedia di sana.

5. Museum Kebudayaan

Daya tarik lainnya yang ada di Jembatan ini adalah museum kebudayaan. Di mana museum tersebut banyak menyimpan kisan sejarah dari kota Jambi di zaman dahulu. Saat memasuki area museum, nantinya kamu bisa menemukan banyak barang peninggalan tentang perkembangan islam.

Adapun beberapa barang yang ada di museum ini adalah AlQuran, surban, jubah, keris, logam kuno, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Fasilitas Jembatan Gentala Arasy

Meskipun pengelola menetapkan tarif tiket yang cukup terjangkau. Namun fasilitas yang tersedia di jembatan ini terbilang cukup lengkap. Adapun beberapa fasilitas diantaranya adalah :

  • Area parkir yang luas
  • Toilet
  • Mushola
  • Penyewaan perahu
  • Jejeran warung makan
  • Toko souvenir

Demikian ulasan tentang Jembatan Gentala Arasy yang menarik dan cukup populer. Terutama untuk kamu yang sedang berada di Jambi, pastikan untuk tidak melewatkan jembatan yang satu ini.

Baca Juga :

***