8 Rekomendasi Makanan Khas Afrika yang Lezat dan Unik

Cityawesome.com – Makanan khas Afrika. Tidak hanya terkenal akan keindahan alam, bahkan Benua Afrika juga hingga kini masih memiliki berbagai jenis spesies langka yang hidup dengan bebas di habitatnya. Oleh karena itu tidak heran jika banyak pelancong dari berbagai negara yang memilih Afrika sebagai salah satu opsi liburan.

Pengalaman menghabiskan waktu di Afrika tentu akan menjadi pengalaman yang sulit di lupakan.

Nah bicara tentang Afrika, di sana terdapat banyak sekali makanan khas yang lezat dan unik. Penasaran apa saja makanan khas Afrika? Berikut ulasannya !

1. Ayam Piri-Piri

Ayam Piri-Piri merupakan salah satu makanan tradisional Afrika. Memiliki tampilan yang cukup mewah, cara pengolahan ayamnya yakni dengan cara di bakar dan di sajikan secara tradisional. Selain itu biasanya Ayam Piri-Piri di sajikan dengan beberapa campuran bahan lain seperti daun singkong yang di olah dengan campuran saus kacang.

Adapun bumbu dari Ayam Piri-Piri ini di kombinasikan dengan parutan kelapa agar aromanya semakin kuat dengan cita rasa gurih.

2. Bobotie

Makanan khas Afrika yang satu ini memiliki citarasa manis dan pedas secara bersamaan. Memang terkesan unik, Bobotie sendiri terbuat dari roti dengan campuran daging sapi cincang dan berbagai biji-bijian panggang. Sebenarnya secara umum makanan ini hampir mirip dengan pizza. Hanya saja yang membedakan adalah Bobotie menggunakan bumbu kari sebagai pelengkap.

Adapun beberapa campuran bahan membuat Bobotie di antaranya adalah kulit lemon, bawang, jahe, kismis, pisang, dan chutney.

3. Couscous

Makanan khas Afrika lainnya yang tidak kalah lezat adalah Couscous. Meskipun keberadaannya terbilang tidak terlalu banyak, namun Couscous selalu menarik minat wisatawan yang ingin mencicipinya. Couscous sendiri terbuat dari olahan nasi yang bentuknya serupa dengan serbuk.

Selain itu biasanya couscous akan di sajikan bersamaan dengan lauk pauk sebagai pelengkap. Memiliki citarasa yang gurih, sangat sayang jika kamu tidak mencicipinya saat di Afrika.

4. Fufu

Merupakan salah satu rekomendasi makanan khas Afrika yang cukup populer. Fufu terbuat dari bahan dasar ubi seperti singkong, kentang, bahkan hingga ubi jalar. Cara pengolahannya juga harus melalui beberapa tahapan yang di mulai dari menumbuk ubi hingga menghasilkan tekstur lembut. Biasanya Fufu di sajikan bersamaan dengan sup ataupun lauk pauk. Namun tidak jarang juga Fufu disajikan bersamaan dengan pasta.

5. Mandazi

Jika di Indonesia ada donat, maka di Afrika ada Mandazi. Serupa dengan donat, makanan ini terbilang cukup mengenyangkan. Selain itu kamu juga akan mudah menemukan Mandazi saat berlibur di Afrika.

Bahan utama dari pembuatan Mandazi ini terdiri dari tepung, ragi, gula, susu, dan air. Menariknya lagi topping yang tersedia cukup bervariasi mulai dari gula bubuk, cokelat, strawberry, dan masih banyak lagi yang lainnya.

6. Melkert

Melkert menjadi salah satu opsi makanan khas Afrika yang tidak kalah populer. Selain itu Melkert biasanya dimakan sebagai penutup. Menggunakan bahan sederhana berupa gula dan telur, secara umum makanan ini serupa dengan pie. Memiliki citarasa yang manis gurih, dan lumer dimulut. Melkert menjadi opsi makanan yang membuat siapapun ketagihan.

7. Nasi Jollof

Terbilang cukup unik, makanan yang satu ini terbuat dari bahan utama beras. Sebenarnya jika dilihat dari segi tampilan, Nasi Jollof hampir serupa dengan nasi goreng. Hanya saja yang membedakannya adalah campuran nasi Jollof yang terdiri dari beberapa bahan seperti pasta tomat, daging, aneka rempah, hingga sayuran.

Selain itu nasi Jollof sendiri memiliki citarasa yang gurih dan pedas. Jika dahulu nasi Jollof hanya di hidangkan saat ada perayaan, seiring berjalannya waktu makanan ini sering disajikan untuk konsumsi sehari-hari.

8. Tagine

Rekomendasi makanan khas Afrika lainnya adalah Tagine. Merupakan makanan yang terbuat dari olahan ayam atau ikan. Menariknya dari makanan ini adalah proses memasaknya yang masih menggunakan gerabah. Untuk rasanya sendiri tidak perlu diragukan. Hal ini dikarenakan Tagine menggunakan rempah khas sehingga rasanya terbilang cukup kuat.

Nah itulah beberapa rekomendasi makanan khas Afrika yang menarik dan sayang untuk dilewatkan. Jika berlibur ke Afrika, makanan mana yang paling membuatmu penasaran dan ingin mencobanya?

Baca Juga :

***