Cityawesome.com – Makanan khas Karo. Karo merupakan salah satu suku yang berasal dari Sumatera Utara. Di mana suku ini memiliki keberagaman kuliner yang terkenal akan kelezatannya. Nah untuk kamu yang penasaran, berikut ini beberapa rekomendasi kuliner khas Karo yang menarik dan sayang untuk dilewatkan.

1. Arsik Nurung Mas

1. Arsik Nurung Mas

Merupakan salah satu makanan khas Karo yang cukup populer. Di mana Arsik Nurung Mas sendiri membutuhkan waktu hingga berjam-jam dalam proses pembuatannya. Sesuai dengan namanya, Arsik Nurung Mas menggunakan bahan utama berupa ikan mas. Hanya saja kamu bisa mengganti dengan jenis ikan lain sesuai dengan selera. Untuk citarasa dari makanan ini terbilang bercampur aduk mulai dari asin, asam, dan juga pedas. Seringkali Arsik Nurung Mas di konsumsi dengan nasi hangat dan sayuran sebagai pelengkap.

2. Babi Panggang Karo

2. Babi Panggang Karo

Makanan satu ini bisa di temukan di berbagai restoran khas Karo yang tersebar di seluruh Indonesia. Babi Panggang Karo biasanya di sajikan dengan makanan pelengkap seperti sup daging babi, daun ubi tumbuk, darah babi, dan nasi hangat.

Lebih dari itu, Babi Panggang Karo di jadikan sebagai ikon dari khas Sumatera Utara. Oleh karena itu jika kamu mengunjungi Karo, pastikan untuk tidak melewatkan makanan khas yang satu ini.

3. Cimpa Unung-Unung

3. Cimpa Unung-Unung

Kamu bisa menemukan makanan khas Karo berupa Cimpa Unung-Unung di setiap perjamuan dan pesta yang di adakan oleh Suku Karo. Terkesan cukup unik, Cimpa Unung-Unung merupakan peninggalan turun-temurun yang masih di lestarikan hingga sekarang.

Terbuat dari bahan adonan beras ketan, kemudian di isi dengan campuran antara kelapa parut dan gula aren atau gula merah. Kemudian di bentuk kecil-kecil dan di bungkus denngan menggunakan daun pisang.

Baca Juga:  6 Rekomendasi Street Food bandung yang Lezat dan Populer

4. Gule Kuta-Kuta

makanan khas karo Gule Kuta-Kuta

Merupakan gulai ayam kampung di mana dari segi tampilan dan bumbu tidak berbeda dengan gulai pada umumnya. Namun yang membuat kuliner khas Karo satu ini cukup berbeda adalah bahan tambahan berupa asam cekala dan kecombrang.

Selain itu di dalamnya juga terdapat potongan kentang dan seringkali di temukan saat upacara adat.

5. Manuk Getah

makanan khas karo Manuk Getah

Rekomendasi makanan khas Karo lainnya yang cukup menarik perhatian adalah Manuk Getah. Terbuat dari ayam kampung, makanan ini memiliki tekstur berkuah dan menggunakan bumbu khas Karo. Hanya saja yang membuatnya unik adalah kuah Manuk Getah terbuat dari dasar darah ayam. Oleh karena itu tidak jarang masyarakat yang menyebut makanan ini sebagai makanan ekstrim.

6. Terites

makanan khas karo Terites

Terbilang cukup unik, Terites merupakan makanan khas Karo yang terkenal. Terbuat dari rumput yang berasal dari usus sapi, kerbau, dan kambing. Selain itu kamu juga tidak perlu khawatir karena rumput yang berasal bukan dari usus besar sapi melainkan dari kantung penyimpanan.

Menariknya lagi meskipun terkesan menjijikan, namun citarasa dari kuliner satu ini sangat lezat dan berkhasiat untuk mengobati sakit perut.

7. Kidu-Kidu

makanan khas karo Kidu-Kidu

Termasuk dalam salah satu kuliner ekstrim, Kidu-Kidu merupakan kuliner khas Karo yang terbuat dari ulat sagu. Untuk cara memasak Kidu-Kidu dengan cara membersihkan ulat sagu untuk kemudian menggorengnya. Kemudian setelah matang dan garing, maka ulat sagu akan di campurkan dengan kuah yang mengandung rempah khas.

Nah itulah beberapa rekomendasi makanan khas Karo yang populer dan memiliki citarasa lezat dan sulit untuk dilupakan. Pastikan agar tidak melewatkan kuliner khas satu ini saat berkunjung ke Karo, Sumatera Utara.

Baca Juga :

Baca Juga:  8 Dessert Khas Spanyol Yang Enak Selain Churros

***