Info Lokasi, Harga Tiket, dan Keindahan Tebing Citatah 48

Tebing Citatah 48 merupakan destinasi wisata yang cukup terkenal di Bandung. Di mana terdapat area panjat tebing dengan beberapa spot di dalamnya. Selain itu sesuai dengan namanya, Tebing Citatah 48 memiliki ketinggian sekitar 48 meter. Adapun pembentukan Tebing ini berasal dari batuan karst atau yang biasa di sebut dengan batu kapur.

Penasaran untuk mengunjunginya? Nah pada artikel kali ini akan di berikan beberapa ulasan mengenai Tebing Citatah 48 untuk bisa menjadi referensi sebelum berkunjung.

Lokasi, harga tiket, dan jam operasional

Tebing Citatah 48 berlokasi di Citatah, Cipatat, Bandung Barat, Jawa Barat , Indonesia, 40554. Tepatnya berjarak sekitar 30 KM dari pusat kota Bandung dan membutuhkan waktu sekitar 1 jam untuk bisa sampai kesana.

Menarik untuk untuk masuk ke area tebing, maka pengunjung tidak akan di kenakan biaya sepeserpun alias gratis. Hanya saja jika kamu ingin melakukan pendakian, maka harus meminta izin terlebih dahulu ke Pusat Pendidikan Latihan Khusus Batujajar. Hal ini di karenakan Tebing Citatah 48 berada di bawah naungan Tentara Kopasus.

Sedangkan untuk jam operasional Tebing Citatah 48 di buka setiap hari selama 24 jam. Dengan begitu nantinya kamu bisa datang kapan saja sesuai dengan keinginan.

Daya tarik dan aktivitas wisata Tebing Citatah 48

Merupakan tebing yang berasal dari batu kapur dan sering di manfaatkan untuk olahraga panjat tebing. Rupanya tidak hanya itu saja karena ada beberapa daya tarik dan aktivitas lainnya yang bisa di lakukan di sana. Lalu apa saja? Berikut beberapa di antaranya :

1. Panjat Tebing

Melakukan aktivitas panjat tebing di sana terbilang cukup aman dan ideal. Hal ini di karenakan beberapa bagian tebing kapur akan tampak berongga dan cukup untuk menjadi pegangan dan pijakan. Namun nantinya pengunjung di haruskan untuk membawa peralatan climbing sendiri seperti tali karmantel, harness, helm, dan lainnya.

Selain itu jika ingin melakukan panjat tebing, maka kamu harus mendapatkan izin terlebih dahulu yang harus di sampaikan ke Pusdipassus setidaknya 1 bulan sebelum kegiatan.

Kemudian pada area bawah tebing adalah tanah lapang yang bisa di manfaatkan untuk melakukan beberapa kegiatan olahraga lain seperti pemanasan, senam, bersepeda, dan masih banyak lagi yang lainnya.

2. Berkemah

Aktivitas lainnya yang bisa di lakukan di Tebing Citatah adalah berkemah. Di mana terkadang anggota mapala atau bahkan pelajar memanfaatkan lokasi tebing untuk melakukan beberapa kegiatan alam. Namun jika ingin berkemah di sana, pastikan kamu membawa perlengkapan kemah sendiri. Karena di sana kamu tidak akan menemukan peralatan kemah yang di sediakan oleh pengelola.

3. Keindahan puncak tebing

Di puncak Tebing Citatah, kamu akan menemukan monumen belati raksasa dengan ketinggian sekitar 3 meter yang tertancap di atas tebing. Adapun monumen tersebut di bangun pertama kali pada tahun 2004 oleh Zeni Pusdikpassus. Selain itu pembangunan monumen belati raksasa bertujuan sebagai penanda area climbing para anggota TNI.

4. Spot foto kekinian

Sangat sayang sekali jika kamu datang ke Tebing Citatah 48 namun tidak mengambil gambar apapun. Terlebih jika sudah mencapai puncak, wisata ini menyuguhkan pemandangan hijau sebagai background yang eksotis. Selain itu pengunjung juga nantinya bisa membawa bendera untuk di kibarkan diatas puncak.

Fasilitas wisata Tebing Citatah 48

Berbicara mengenai fasilitas wisata, Tebing Citatah tidak begitu dilengkapi dengan fasilitas. Hanya ada toilet saja untuk pengunjung yang datang. Selain itu tarif parkir kendaraan juga gratis. Namun kamu akan sulit menemukan tong sampah di sekitar tebing. Oleh karenanya disarankan agar kamu bisa lebih menjaga kebersihan dan pastikan untuk membawa pulang semua sampah yang sudah dibawa.

Nah itulah beberapa ulasan dan informasi mengenai Tebing Citatah 48. Terutama untuk kamu yang menyukai aktivitas panjat tebing, pastikan agar tidak kelewatkan mengunjungi wisata menarik yang satu ini.

Baca Juga :

***