Spot Terbaik Wisata Alam Gunung Telomoyo di Magelang

Wisata Alam Gunung Telomoyo memungkinkan kamu mendaki gunung bahkan tanpa harus merasakan lelah. Oleh karena itu tidak heran jika Gunung Telomoyo selalu ramai pengunjung setiap harinya dan menjadi salah satu tujuan wisata populer.

Lokasinya berada di antara kabupaten Magelang dan Semarang. Gunung tersebut bisa di daki menggunakan kendaraan bahkan dengan jalur beraspal sehingga cukup nyaman di daki hingga ke puncak.

Penasaran untuk berkunjung ke Wisata Gunung Telomoyo? Simak ulasan di bawah ini agar bisa di jadikan bahan referensi.

Lokasi, harga tiket, dan jam operasional

Wisata Gunung Telomoyo berlokasi di Karangbawang, Nogosaren, Getasan, Semarang, Jawa Tengah, Indonesia. Di mana untuk tarif tiket masuknya cenderung lebih terjangkau yakni sekitar Rp 15 ribu perorang. Namun jika tidak membawa kendaraan pribadi, maka kamu bisa menggunakan jasa ojek, penyewaan motor, atau menggunakan jeep.

Adapun jam operasional Wisata Gunung Telomoyo di buka setiap hari selama 24 jam. Dengan begitu nantinya pengunjung akan bebas datang kapan saja sesuai keinginan.

Daya tarik dan spot Wisata Gunung Telomoyo

Salah satu alasan banyaknya wisatawan yang tertarik datang ke Wisata Alam Gunung Telomoyo adalah proses pendakian yang bisa di lakukan menggunakan kendaraan. Selain itu kawasan Gunung Telemoyo juga menjadi salah satu gunung berapi yang ada di Jawa Tengah. Hanya saja menurut catatan, gunung ini belum pernah meletus sehingga kondisinya masih cenderung aman dan ramah untuk didaki.

Gunung Telomoyo memiliki ketinggian sekitar 1.864 meter Mdpl yang membentang di antara 2 kabupaten yakni Semarang dan Magelang.

Adapun lokasinya di kelilingi oleh beberapa gunung terkenal seperti Gunung Sumbing dan Ungaran. Oleh karena itu keindahan wisata memukau bisa di saksikan saat mengunjungi Gunung Telomoyo ini.

Jalur Pendakian

Gunung Telomoyo memiliki 2 jalur pendakian sebagai titik awal. Di mana pada jalur pertama berada di Dalangan, Desa Pandean, Magelang. Sedangkan jalur lainnya berada di Desa Sepakung, Semarang.

Terbilang cukup viral dan populer, gunung ini cenderung ramai pengunjung karena sangat mudah untuk didaki. Terlebih secara infrastruktur jalur pendakiannya sudah beraspal sehingga lebih aman dan nyaman.

Keindahan dan spot terbaik

Selama melakukan pendakian, pengunjung akan menyusuri jalanan berkelok hingga menuju puncak. Jika pendakian di mulai dari desa Dalangan, maka jarak tempuh yang di lalui sekitar 6,5 KM. Sedangkan jika di lalui melalui jalur Sepakung, maka jarak yang di lalui adalah 8 KM. Namun dari kedua jalur tersebut, Jalur Sepakung yang paling di sukai karena kondisi jalannya cenderung lebih mulus.

Menariknya jalur menuju pendakian melewati air terjun alami sehingga pengunjung bisa berhenti sejenak untuk menikmati kesegaran airnya.

Selain itu Wisata Alam Gunung Telomoyo sendiri menjadi spot yang populer untuk olahraga paralayang. Berbagai kejuaran paralayang sering di adakan di sana. Hal ini di karenakan landasannya menjadi salah satu yang tertinggi di Indonesia.

Fasilitas Wisata Alam Gunung Telemoyo

Berbicara mengenai fasilitas, Wisata Gunung Telomoyo masih cenderung terbatas terutama untuk sarana dan prasarana. Bahkan kamu juga tidak akan menemukan warung dan toilet disekitar jalanan. Oleh karena itu disarankan agar kamu menyiapkan perbekalan sendiri saat ingin menuju kesana.

Meskipun begitu, namun untuk jalur jalanan masih cenderung bagus lengkap dengan pos keamanan sekaligus penyewaan mobil jeep.

Nah itulah beberapa ulasan mengenai Wisata Gunung Telomoyo yang menarik untuk dikunjungi. Dapatkan pengalaman dengan berkunjung kesana bersama teman dan keluarga.

Baca Juga :

***